Profil Adele James, Pemeran Queen Cleopatra Film Dokumenter di Netflix yang Tuai Kontroversi

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 18 April 2023 11:13
Profil Adele James, Pemeran Queen Cleopatra Film Dokumenter di Netflix yang Tuai Kontroversi
Banyak yang tak setuju dengan film ini.

Eksekutif dokumenter empat bagian yang diproduksi oleh aktris AS Jada Pinkett Smith untuk Netflix mendapat kecaman di media sosial. Kontroversi mencuat gara-gara penggambaran Cleopatra di dokumenter Queen Cleopatra diperankan oleh seorang aktris kulit hitam bernama Adele James.

1 dari 6 halaman

Profil Adele James

Adele James

Lantas, siapa Adele James? Dikutip dari laman Wealthy Spy, Adele James adalah seorang aktris Inggris yang memainkan peran utama Cleopatra dalam serial kontroversial Netflix Queen Cleopatra. Ia telah bergabung dalam beberapa peran kecil dalam film dan serial televisi.

Ia juga pernah tampil di drama panggung dan setelah bertahun-tahun bekerja sebagai aktris, dia mulai menulis skenario. Aktris multitalenta ini juga melatih aktor baru dan mempersiapkan mereka untuk audisi.

2 dari 6 halaman

Adele James lahir pada 31 Oktober 1986, di London Barat Daya. Ia dibesarkan di London dengan empat adiknya. Ibunya selalu mendukung pilihan kariernya. Ia bersekolah di sekolah menengah setempat. Adele berada di klub drama di sekolahnya dan begitulah cara dia mengembangkan minatnya dalam berakting.

Adele lulus dari University of Bristol dan menerima gelar sarjana di bidang Drama. Ia mengikuti pelatihan di Lee Strasberg Theatre and Film Institute di New York City. Adele James pertama kali mengembangkan minatnya dalam seni peran di sekolah menengah. Pertunjukan panggung pertamanya adalah di sekolah saat berperan sebagai pengganti Ny. Casper.

3 dari 6 halaman

Picu Kontroversi

Dikutip dari Arab News, Senin (17/4/2023), tak sedikit warganet yang mencela di TikTok dan Twitter mengecam film dokumenter Netflix Queen Cleopatra yang akan tayang perdana pada 10 Mei 2023 tersebut. Mereka protes karena dokumenter tersebut menampilkan aktris Adele James sebagai ratu Mesir.

Dalam trailer film dokumenter tersebut, seorang warganet berkata, " Saya tidak peduli apa yang mereka katakan kepada Anda di sekolah. Cleopatra berkulit hitam."

4 dari 6 halaman

Cleopatra VII Philopathor adalah penguasa Mesir sebelum pemerintahan Romawi. Menurut sejarawan, ia adalah keturunan dari Ptolemeus I Soter, seorang jenderal Yunani Makedonia, yang memerintah Mesir ketika menjadi bagian dari kerajaan Alexander Agung.

Latar belakang Makedonia Yunani Cleopatra membentuk inti dari argumen yang banyak mengalir di media sosial selama akhir pekan. Sejumlah kritikus Mesir, Afrika-Amerika, dan internasional mengecam keputusan untuk menggambarkan penguasa sebagai orang kulit hitam.

 

5 dari 6 halaman

Warganet lain mengecam film dokumenter Netflix itu bermasalah karena peran orang Makedonia sebagai penjajah Mesir. Banyak di jagat maya yang menawarkan tokoh sejarah lain yang bisa saja diperankan oleh aktris tersebut karena sejarawan secara luas menyetujui warna kulit mereka, termasuk Ahhotep, Hatshepsut, dan Nefertiti.

Beri Komentar