Profesor Ini Bilang Suruh Cari Uang Sebanyak-banyaknya, Alasannya Bikin Kagum

Reporter : Riza Umami
Selasa, 29 September 2020 08:58
Profesor Ini Bilang Suruh Cari Uang Sebanyak-banyaknya, Alasannya Bikin Kagum
Apa ya kira-kira alasannya?

Pidato seorang profesor di salah satu perguruan tinggi ini mendadak viral di media sosial. Hal ini dikarenakan isi dari pidato itu yang relate banget dengan kenyataan hidup sekarang.

Pidato ini disampaikan oleh Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd ketika wisuda angkatan ke-60 UNPAM di bulan Maret 2020 lalu. Dalam pidato itu, profesor memaparkan pemikiran yang cukup berbeda dengan banyak orang.

1 dari 2 halaman

Bila seringnya orang menasehati untuk mensyukuri segala hal yang dipunya dan tak terlalu mengejar dunia serta harta, profesor ini memiliki pemikiran yang berbeda. Dia menyarankan untuk mencari uang sebanyak-banyaknya.

Profesor Uman mengatakan, " Saya katakan kepada Anda, walaupun mungkin ada yang tidak setuju dengan kalimat saya, carilah uang sebanyak-banyaknya" .

Lalu, dia pun menjelaskan alasan kenapa harus mencari uang sebanyak-banyaknya. Hal ini disebabkan karena kenyataan hidup, segalanya butuh uang. Dia pun memberikan contoh bahwa gedung yang digunakan untuk tempat wisuda ini juga dibangun menggunakan uang, orang beribadah ke Tanah Suci juga butuh uang dan masih banyak lagi berbagai hal yang butuh uang di dunia ini.

2 dari 2 halaman

Dia juga menambahkan, memang benar uang bisa sebabkan masalah, tetapi banyak pula masalah yang bisa selesai dengan uang. Dari situ, uang ini janganlah dianggap enteng. Proses mencari uang itu harus dilakukan dengan cara yang jujur sehingga uang yang tepat ini akan berada di orang yang tepat dan menjadi keberkahan.

Wah, dalem banget ya pidato Profesor Uman tersebut dan sesuai dengan kenyataan hidup sekarang ini. Video ini pun tersebar di media sosial dan salah satu akun Instagram yang membagikan video ini adalah @indozone.id. Berikut ini videonya.

      View this post on Instagram

Pidato Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd saat wisuda angkatan ke-60 UNPAM pada bulan Maret 2020, viral di media sosial. Bukan tanpa sebab, dalam pidato tersebut Profesor Uman memaparkan konsep yang cukup berbeda kepada para wisudawan. Jika biasanya wisudawan diminta bersyukur dalam kehidupan dan tidak terlalu mementingkan uang, Profesor Uman justru menyarankan agar mencari uang sebanyak-banyaknya. ? "Saya katakan kepada Anda, walaupun mungkin ada yang tidak setuju dengan kalimat saya, carilah uang yang sebanyak-banyaknya," kata Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah IV Jabar tersebut. Alasan paling sederhana yang diutarakannya adalah bahwa gedung yang digunakan sebagai tempat wisuda itu dibangun dengan menggunakan uang. ? "SPP bisa murah karena ketua yayasan banyak uang. Semuanya terdiam kan? Karena semuanya tidak setuju, dia akan mengatakan 'Pak Uman boleh cari uang, tetapikan uang bukan segalanya'. ? Prof Uman setuju bahwa uang memang bukan segalanya. Tetapi kenyataan hidup, segalanya butuh uang. Misalnya, pergi beribadah di Tanah Suci pasti membutuhkan uang. Dia juga setuju bahwa uang tidak akan dibawa mati, tapi tidak sedikit orang terasa mati kalau tidak punya uang. Uang juga diakui bisa menyebabkan masalah, namun tak dipungkiri bahwa banyak masalah yang harus diselesaikan dengan uang. Terkait urusan percintaan juga tidak bisa dipisahkan dengan uang, karena dengan adanya uang maka kehidupan percintaan akan terasa lebih indah. Lalu, apa makna dari pernyataan Prof Uman agar mencari uang sebanyak-banyaknya? ? "Artinya, bukan menganggap enteng uang dan anggapan mencari uang sebanyak-banyaknya. Namun, proses mencari uang itu harus dengan cara yang halal, jujur, dengan tidak menyalahgunakan wewenang, maka dikatakan uang akan tepat berada di orang yang tepat. ? "Maka uang itu hakekatnya akan menjadi keberkahan bagi semua umat. Yang terakhir, tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan, dan tidak ada kesuksesan tanpa dorongan doa dari orangtua," pungkas pria kelahiran Garut, 23 Juni 1962 tersebut. ? [Baca berita dan informasi menarik lainnya hanya di www.indozone.id] ?

A post shared by INDOZONE - #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

Uang memang bukanlah segalanya, tetapi kenyataan hidup segalanya butuh uang. Siapa nih yang setuju dengan perkataan Profesor Uman dalam pidatonya tersebut?

 

Beri Komentar