Gak Cuma Imut, Punya Hewan Peliharaan Ternyata Punya Mnafaat Baik untuk Jaga Kesehatan Mental

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 25 Desember 2022 12:40
Gak Cuma Imut, Punya Hewan Peliharaan Ternyata Punya Mnafaat Baik untuk Jaga Kesehatan Mental
Katanya mengurangi stress juga loh!

Berinteraksi dengan binatang yang lucu dan menggemaskan bisa terasa menyenangkan. Namun, manfaat lebih pada kesehatan mental bisa kamu rasakan ketika merawatnya. Binatang peliharaan, bisa anjing, kucing, ikan, maupun hewan populer lainnya, bisa jadi sumber kenyamanan dan motivasi bagi pemiliknya untuk memiliki kehidupan lebih sehat secara mental. Apa saja manfaatnya? simak informasi lebih lengkapnya berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

  • Mengurangi Stres

Mengelus hewan peliharaan dapat meredakan stres, bahkan juga mampu menurunkan tekanan darah. Bagi beberapa orang, melihat ikan berenang di akuarium juga bisa membantu mengurangi stres dan membuat rileks.

Ilustrasi Wanita dan Kucing © Diadona

  • Mendapatkan “ Persahabatan”

Hewan peliharaan bisa menjadi penyayang, menerima, setia, jujur, dan konsisten. Jika kamu merasa kesepian dan butuh dukungan, hewan peliharaan dapat membantu.

2 dari 5 halaman

Memenuhi Kebutuhan Manusia untuk Disentuh

Ilustrasi Wanita dan Kucing © Diadona

Kebanyakan orang merasa lebih baik ketika melakukan kontak fisik dengan orang lain. Jika sedang tidak memungkinkan untuk berkontak fisik dengan orang terdekat, kamu bisa mengelus hewan peliharaan kamu, dan mendapatkan sensasi serupa.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Motivasi Hidup

Ilustrasi Wanita dan Kucing © Diadona

Sebagian besar hewan peliharaan memerlukan rutinitas makan, pembersihan, dan olahraga. Ini dapat memberimu tujuan dan motivasi lebih dalam hidup, yang dapat membantu harga diri, kesejahteraan, dan kesehatan mental.

Jika kamu sedang mengalami stres atau depresi, seekor hewan peliharaan dapat membuat kamu merasa tidak sendirian dan kamu jadi merasa memiliki tanggung jawab untuk merawatnya.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Interaksi Sosial

Ilustrasi Wanita dan Kucing © Diadona

Hewan peliharaan menciptakan peluang untuk interaksi sosial yang lebih baik, terutama jika kamu bergabung dengan klub hewan atau menghadiri pertunjukan hewan peliharaan. Pergi ke acara perkumpulan pemilik hewan peliharaan, pantai atau taman juga membantu meningkatkan jaringan sosial.

Kamu juga bisa mendapatkan teman baru hanya dengan mengajak anjing berjalan-jalan atau menunggu di dokter hewan, misalnya. Sebab, minat yang sama pada hewan peliharaan membantu kamu terhubung dengan orang lain.

Beri Komentar