Tips Bikin Tubuh Tetap Wangi Meski Nggak Pakai Parfum

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 27 November 2021 11:15
Tips Bikin Tubuh Tetap Wangi Meski Nggak Pakai Parfum
Dijamin bikin tampil percaya diri.

Aktivitas yang padat dan pakaian yang nggak tepat seringkali bisa bikin tubuh mengeluarkan bau nggak sedap. Apalagi kalau udah bertemu dengan keringat, polusi, hingga debu, tubuh akan terasa lengket dan bau.

Kadang hal semacam ini bikin jadi kita nggak nyaman dan kehilangan rasa percaya diri. Untuk mengatasi hal ini, biasanya orang-orang akan langsung menyemprotkan parfum.

Tapi tau nggak sih, bau badan dan rasa nggak nyaman ini sebenarnya bisa dihindari kok. Bahkan tanpa menggunakan parfum, tubuh bisa tetap segar dan terhindar dari rasa lengket dan bau.

Penasaran gimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

1. Mandi secara teratur

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi © shutterstock.com/id/g/Jay Zynism

Mandi secara teratur itu penting banget loh, meski kamu hanya di rumah saja atau hanya berdiam di ruangan ber-AC. Pasalnya, mandi secara teratur bisa menghilangkan bakteri dan kotoran pemicu bau nggak sedap di kulit.

Biasanya, bakteri dan kotoran akan menumpuk di kulit, bercampur dengan keringat, hingga lebih cepat menyebar dan berkembang biak. Itu sebabnya kamu harus rajin membersihkan tubuh terutama di area yang lipatan yang juga mudah berkeringat.

2 dari 6 halaman

2. Jaga kebersihan ketiak

Biasanya, sumber bau badan berasal dari ketiak. Hal ini lantaran ketiak memproduksi keringat dan kemudian bercampur dengan bakteri, sehingga menimbulkan bau yang nggak sedap.

Penting banget menjaga kebersihan ketiak, salah satunya dengan rutin mencukur jika rambut ketiak sudah cukup panjang dan mengganggu. Perlu diketahui, rambut ketiak bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri, selain itu bisa juga membuat area ketiak jadi lebih lembap.

3 dari 6 halaman

3. Pakai antiperspiran atau deodoran

Ilustrasi Memakai DeodoranIlustrasi Memakai Deodoran © shutterstock.com/g/alliance

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan antiperspiran atau deodoran. Dua produk ini terlihat sama, tapi sebenarnya punya fungsi yang berbeda.

Antiperspiran bekerja dengan cara menyumbat dan menutup pori-pori agar ketiak nggak mengeluarkan keringat. Sedangkan deodoran membantu menutupi dan mengurangi bau yang disebabkan oleh bakteri.

4 dari 6 halaman

4. Gunakan baju dengan bahan yang nyaman

Pemilihan bahan dari baju yang kamu pakai ternyata juga memengaruhi bau badan loh. Pasalnya, saat suhu di sekitar tubuh mengalami peningkatan, kulit akan memproduksi minyak dan biasanya akan menempel pada baju. Nggak hanya meninggalkan jejak basah, tapi kadang juga noda pakaian.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pilih pakaian dengan bahan ringan yang bisa menyerap keringat atau minyak. Bisa berupa bahan katun, linen, atau wol ringan yang bisa menyerap lembap dan membuat sirkulasi udara jadi lebih lancar.

5 dari 6 halaman

5. Hati-hati konsumsi makanan

Ilustrasi Makan SaladIlustrasi Makan Salad © shutterstock.com/id/g/Asia Images Group

Selain debu dan keringat, makanan yang kita konsumsi ternyata juga memengaruhi aroma tubuh kita loh! Hindari makanan yang bisa menimbulkan bau, seperti kembang kol, kubis, serta brokoli.

Pilihlah makanan yang kaya serat, seperti sayur-sayuran yang bisa menjadi detoks alami. Makanan ini akan membantu membersihkan bagian dalam tubuh, sehingga nggak mengeluarkan bau tidak sedap.

Beri Komentar