Mengenal Manfaat Akupuntur Wajah, Mulai dari Atasi Jerawat sampai Tanda Penuaan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 1 Juli 2021 09:15
Mengenal Manfaat Akupuntur Wajah, Mulai dari Atasi Jerawat sampai Tanda Penuaan
Ini sederet manfaat akupuntur untuk kecantikan.

Wulan Guritno baru-baru ini membagikan rahasia kecantikannya. Selama ini ia selalu bicara soal gaya hidup sehat, namun ternyata ada hal lain yang memengaruhi kecantikannya.

Wulan menyebut bahwa skincare yang bagus dan lifestyle yang bagus memang bisa membuat kulit tampak indah dan sehat. Namun selain itu, ia juga melakukan perawatan berupa akupuntur wajah.

Melansir dari Healthline, akupuntur merupakan praktik tradisional dari Tiongkok yang mengandalkan tusukan jarum untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh. Meski tujuan awalnya untuk kesehatan, ternyata akupuntur juga bermanfaat untuk kecantikan loh! Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

1. Mencegah timbulnya jerawat

Ilustrasi Wajah BerjerawatIlustrasi Wajah Berjerawat © shutterstock.com/id/g/ageevphoto

Jerawat umumnya timbul karena produksi minyak berlebih dan tersumbatnya pori-pori di wajah. Namun, jerawat juga bisa timbul karena adanya gangguan pada organ-organ tertentu. Sebagai contoh, gangguan pencernaan bisa menyebabkan jerawat timbul di area dahi, sedangkan gangguan pada ginjak bisa menyebabkan jerawat di sekitar mata.

Nah, akupuntur yang dilakukan pada area-area tersebut bisa membantu menyembuhkan gangguan-gangguan yang terjadi masing-masing organ tersebut. Apabila gangguan bisa diatasi, maka kemunculan jerawat bisa dicegah.

2 dari 6 halaman

2. Mencerahkan kulit

Ilustrasi Kulit CerahIlustrasi Kulit Cerah © thedailydot.com

Akupuntur selama ini mengandalkan tusukan jarum. Hal tersebut menimbulkan luka pada kulit yang disebut mikrotrauma positif.

Meski berupa luka, namuan bekas tusukan ini justru memberi dampak positif pada kulit. Sirkulasi darah jadi lebih lancar dan distribusi oksigen lebih merata ke seluruh sel kulit wajah. Alhasil, wajah jadi terlihat lebih cerah deh!

3 dari 6 halaman

3. Menyamarkan kantung mata yang hitam dan tebal

Ilustrasi Mata PandaIlustrasi Mata Panda © shutterstock.com/g/Makistock

Padatnya aktivitas ditambah kurangnya waktu tidur membuat kantung mata kadang jadi menebal dan menghitam. Biasanya, kita menggunakan eye cream untuk mengatasinya.

Namun dengan bantuan akupuntur, masalah tersebut juga bisa diatasi. Tusukan jarum akupuntur bisa membantu mengencangkan otot-otot mata yang menebal. Selain itu, lingkaran gelap bisa disamarkan dan kulit di bawah mata bisa kembali cerah.

4 dari 6 halaman

4. Membuat pipi tampak lebih tirus

Ilustrasi Pipi TirusIlustrasi Pipi Tirus © shutterstock.com/id/g/jurekkrol

Pipi chubby memang menggemaskan, namun pipi tirus bisa membuat penampilan jadi lebih tegas. Itulah sebabnya banyak perempuan yang berlomba-lomba untuk meniruskan pipi, salah satunya dengan cara tanam benang.

Selain dengan cara itu, pipi tirus bisa didapat lewat akupuntur wajah loh. Dengan beberapa kali treatment, timbunan lemak bisa berkurang sehingga pipi bisa lebih tirus deh!

5 dari 6 halaman

5. Mengatasi tanda penuaan dini

Ilustrasi Kerutan di WajahIlustrasi Kerutan di Wajah © shutterstock.com/id/g/prostock_studio

Seiring bertambahnya usia, kolagen yang bertugas menjaga elastisitas kulit semakin jarang terproduksi. Alhasil tanda-tanda penuaan mulai muncul, seperti adanya garis halus, keriput, dan kerutan.

Akupuntur wajah dipercaya bisa mengatasi hal tersebut loh! Sebab, mikrotrauma positif yang terjadi akibat tusukan jarum akupuntur dipercaya bisa merangsang produksi kolagen. Dengan produksi kolagen yang terjaga, kulit kembali kencang dong..

Beri Komentar