Rahasia Kecantikan Orang Tiongkok, Inilah Manfaat Gua Sha untuk Wajah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 28 Maret 2024 12:28
Rahasia Kecantikan Orang Tiongkok, Inilah Manfaat Gua Sha untuk Wajah
Kenali lebih lanjut mengenai manfaat Gua Sha untuk wajah, salah satunya bantu untuk awet muda.

Orang Tiongkok dikenal memiliki budaya rahasia kecantikan yang diwariskan turun-temurun. Salah satu praktik yang populer adalah penggunaan Gua Sha untuk merawat wajah. 

Gua Sha merupakan teknik perawatan tradisional Tiongkok yang terkenal karena manfaatnya yang luar biasa dalam meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Alat ini berbentuk pisau pipih bertepi yang digesekkan lembut di atas permukaan kulit dan dapat memberikan tekanan pada titik pijat. 

Selain itu, Gua Sha dapat digunakan untuk pijat refleksi yang membantu melancarkan sirkulasi darah, merilekskan otot kaku, dan mengurangi ketegangan saraf. Gua Sha juga dapat dijadikan alat kecantikan wajah untuk memijat area pipi, dahi, rahang, dan leher. Maka dari itu, ada banyak manfaat Gua Sha untuk wajah.

1 dari 4 halaman

Manfaat Gua Sha untuk Wajah

Sebagai rahasia perawatan kulit yang diwariskan dari generasi ke generasi, gua sha tentu menyimpan beragam manfaat. Nggak cuma untuk mempercantik penampilan, namun gua sha juga menyimpan manfaat untuk kesehatan di bagian dalam.

Seperti apa beragam manfaat gua sha untuk wajah? Simak ulasan berikut ini yaa~

1. Bantu Penyerapan Skincare dengan Maksimal

Manfaat Gua Sha untuk Wajah © Diadona© shutterstock.com

Salah satu manfaat Gua Sha untuk wajah adalah membantu penyerapan skincare dengan maksimal. Kamu bisa pakai Gua Sha setelah menggunakan skincare lalu kamu dapat gesekkan pada kulit wajah.

Gerakan ini dapat membuka pori-pori dan merangsang aliran darah ke permukaan kulit yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi skincare. Hal ini sekaligus membuat produk skincare dapat bekerja lebih efektif.

2. Menghilangkan Kantung Mata

Manfaat Gua Sha untuk wajah selanjutnya adalah mampu mengurangi kemunculan kantung mata. Dengan menggunakan Gua Sha secara teratur di sekitar area mata dengan gerakan yang lembut, aliran darah di daerah tersebut akan meningkat yang bantu mengurangi pembekakan di bawah mata. 

2 dari 4 halaman

3. Membantu Kulit Terlihat Lebih Sehat dan Segar

Manfaat Gua Sha untuk Wajah © Diadona© shutterstock.com

Salah satu manfaat Gua Sha untuk wajah adalah memberikan efek kulit tampak lebih sehat dan segar. Gerakan lembutnya di atas kulit mampu meningkatkan peredaran darah.

Dengan peredaran darah yang tinggi, gerakan di atas kulit wajah mampu memberikan nutrisi dan oksigen pada sel-sel kulit. Wajah akan tampak lebih bercahaya tanpa kusam.

4. Merelaksasi Otot Wajah

Manfaat lain dari penggunaan Gua Sha untuk wajah adalah dapat merelaksasi otot wajah yang tegang. Tekanan yang diberikan Gua Sha membantu mengurangi ketegangan yang terjadi di otot-otot wajah. Hal ini membantu mengurangi rasa tegang dan stres yang sering menimbulkan garis-garis halus.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat Gua Sha untuk wajah ada pada peningkatan sirkulasi darah. Tekanan yang halus pada wajah mmapu merangsang aliran darah ke permukaan kulit.

Hal tersebut memungkinkan oksigen dan nutrisi penting dapat terserap lebih efisien dan efektif oleh sel-sel kulit. Meningkatkan sirkulasi darah membantu menghilangkan racun kulit sehingga, kulit tampak lebih cerah.

3 dari 4 halaman

6. Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat Gua Sha untuk Wajah © Diadona© shutterstock.com

Kolagen merupakan protein yang penting untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan merangsang produksi kolagen, manfaat Gua Sha untuk wajah dapat membantu menjaga kekuatan struktur kulit dan mengurangi tanda penuaan.

7. Membuat Wajah Tampak Awet Muda

Manfaat Gua Sha untuk wajah adalah memiliki kemampuan untuk membantu menjaga penampilan awet muda. Melalui kombinasi gerakan lembut dan tekanan yang diberikan di atas kulit, Gua Sha merangsang elastin yang membantu menjaga elastisitas kulit wajah. Hal ini dapat mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

8. Membuat Wajah Lebih Tirus

Manfaat Gua Sha untuk wajah adalah memiliki kemampuan membantu membuat wajah terlihat lebih tirus. Dengan penggunaan yang teratur dan gerakan yang tepat di sepanjang kontur wajah, tekanan yang diberikan dapat membantu merangsang aliran limfatik yang membantu mengurangi pembengkakan sehingga, memberikan efek yang lebih tirus pada wajah. 

4 dari 4 halaman

Penggunaan gua sha yang berupa penekanan pada wajah, memiliki efek samping seperti timbulnya rasa nyeri. Gua Sha juga dapat menyebabkan memar dan perdarahan ringan jika dilakukan dengan tekanan yang hebat.

Maka dari itu, kamu harus melakukan dengan teknik yang tepat jika ingin merasakan manfaat Gua Sha untuk wajah. Itulah pengenalan mengenai Gua Sha dan beberapa manfaat Gua Sha untuk wajah yang dapat kalian ketahui.

Tertarik untuk mencoba?

 

Penulis: Dianra Anggarani

Beri Komentar