Manfaat Senam Wajah yang Bantu Jadi Awet Muda, Gimana sih Cara Ngelakuinnya?

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 1 Maret 2024 10:31
Manfaat Senam Wajah yang Bantu Jadi Awet Muda, Gimana sih Cara Ngelakuinnya?
Senam wajah merupakan salah satu perawatan alami untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Apa aja manfaatnya dan gimana cara melakukannya?

Tidak hanya tubuh yang memerlukan olahraga, wajah juga perlu, lho. Senam wajah adalah salah satu latihan yang bisa dilakukan untuk membuat wajah tampak lebih sehat.

Gerakan yang dilakukan biasanya gerakan berulang dan ekspresi yang berlebihan untuk memberikan pergerakan pada otot wajah. Manfaat senam wajah akan didapatkan dengan maksimal jika dilakukan dengan gerakan yang tepat.

1 dari 5 halaman

Manfaat Senam Wajah 

Diazens, inilah beberapa manfaat senam wajah yang bisa kamu dapatkan:

Wajah Tampak Lebih Glowing

Manfaat Senam Wajah - Tampak Lebih Glowing © Diadona© herworld.co.id

Wajah tampak semakin glowing merupakan salah satu manfaat senam wajah. Senam wajah membuat pergerakan otot akan dirangsang untuk bergerak dengan baik, membuat peredaran darah di wajah semakin lancar, sehingga, wajah dapat terlihat semakin glowing

Manfaat senam wajah akan terlihat lebih maksimal jika disertai dengan kualitas tidur, serta mengonsumsi makanan, dan minuman yang baik. Jadi, pastikan Diazens juga menerapkan gaya hidup yang sehat untuk mendukung kesehatan kulit wajah ya!

Jadi Awet Muda dan Kencang

Manfaat Senam Wajah - Jadi Awet Muda dan Kencang © Diadona© derma-express.com

Pergerakan senam wajah bisa merangsang dan membangun otot di wajah yang dapat mempertahankan kontur yang dapat terlihat lebih muda. Berdasarkan penelitian dari Northwestern University di Illinois, senam wajah yang dilakukan 30 menit sehari mampu melatih otot-otot di wajah dengan baik. Dengan begitu, manfaat senam wajah dapat mengencangkan kulit.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, “ Latihan wajah dapat membantu meningkatkan tonus otot di wajah dan secara teoritis dapat membantu menghilangkan lemak terkait redistribusi di wajah” kata Dr. Olbricht. Membangun otot wajah berpotensi membantu lemak yang mungkin turun ke bawah, sehingga, manfaat senam wajah membuat pipi lebih terangkat dan tampak lebih awet muda. 

Mengurangi Munculnya Bekas Luka Tebal

Manfaat Senam Wajah - Mengurangi Munculnya Bekas Luka Tebal © Diadona© pinterest.com

Dilansir dari Harvard Health Publishing, manfaat senam wajah lainnya adalah mengurangi munculnya bekas luka yang tebal. Peregangan pada proses senam wajah mampu melonggarkan dan mengurangi munculnya bekas luka yang tebal. Menurut Dr. Olbricht, latihan yang meregangkan kulit yang terkena jaringan parut bisa membuat bekal luka tebal menjadi tipis dan lebih lentur.

2 dari 5 halaman

Cara Melakukan Senam Wajah

Manfaat Senam Wajah © Diadona© suppliersalon.com

Diazens, untuk mendapatkan manfaat senam wajah yang maksimal, kamu perlu melakukan pergerakan senam dengan tepat. Gerakan senam wajah sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Inilah beberapa gerakan sederhana yang dapat kamu lakukan di rumah saja, yaitu:

  1. Eye Exercise

Gerakan ini dilakukan dengan tekan sudut mata bagian dalam menggunakan jari telunjuk selama 30 detik. Lalu lakukan gerakan melingkar selama 30 detik dan ulangi kembali ke arah berlawanan. Manfaat senam wajah ini membuat mata menjadi rileks. 

  1. Eyebrow lifter

Letakkan jari telunjuk, tengah, dan manis di bawah alis. Lalu dorong alis ke atas dengan pandangan mata ke depan. Kemudian, sambil tersenyum gerakkan alis ke arah bawah, tahan pada posisi ini. Setelah itu, pejamkan mata dan gerakkan bola mata ke atas, tahan selama 20 detik. Kamu dapat ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali. Dengan begitu, aliran darah akan lancar sebagai manfaat senam wajah. 

3 dari 5 halaman

  1. Brow smoother

Untuk melakukan senam wajah ini, lakukan dengan menggunakan kedua jari telunjuk lalu tekan dengan lembut bagian tengah dahi. Kemudian, gerakkan jari ke arah pelipis secara berulang. Lakukan gerakan ini selama 30 menit dan rasakan manfaat senam wajah untuk merilekskan otot dahi kamu. 

  1. Jaw unlocker

Senam wajah ini memberikan manfaat pada otot rahang. Kepalkan tangan kanan dan letakkan di bawah rahang. Kemudian, miringkan kepala dan tekan kepalan pada rahang selama beberapa detik. Lakukan bergantian di sisi lainnya. 

  1. Neck massage 

Gerakan ini dapat meredakan leher yang tegang dan memperbaiki kulit kendur di daerah rahang dan leher. Cara melakukannya adalah dengan mendongakkan kepala dan letakkan jari di bawah dagu lalu tekan dengan lembut sambil gerakkan ke arah tulang selangka. Kamu dapat mengulangi gerakan ini selama 30 detik dan rasakan manfaatnya. 

4 dari 5 halaman

  1. Lion’s breath 

Gerakan lion’s breath dilakukan dalam posisi duduk, perhatikan posisi yang tepat yaitu condongkan badan ke depan dan tarik napas secara perlahan dan dalam. Kemudian, julurkan lidah mengarah ke dagu dan keluarkan napas dengan kuat melalui mulut sambil mengeluarkan suara “ ha”. Kamu dapat lakukan berulang gerakan ini sebanyak 7 kali. Manfaat senam wajah ini adalah untuk mengurangi stress. 

  1. Face Expression

Selain gerakan di atas, kamu dapat melakukan senam wajah dengan face expression saja. Ada beberapa ekspresi yang dapat kamu lakukan, yaitu tersenyum, menggembungkan pipi, mengerutkan pipi dengan membentuk huruf O, dan mengangkat dahi. Ekspresi tersebut dapat dilakukan berulang sebanyak 10-15 kali. 

  1. Face tapping 

Face tapping dapat dilakukan dengan meletakkan jari di atas dahi lalu ketuk-ketukan kulit wajah hingga ke arah rahang menurun sampai leher dan ke arah belakang leher. Gosok kedua telapak tangan hingga hangat kemudian tutupi wajah dengan telapak tangan dan tarik nafas dalam selama beberapa kali. Manfaat senam wajah ini mampu meningkatkan relaksasi dan sirkulasi darah. 

5 dari 5 halaman

Nah, itulah beberapa manfaat senam wajah dan cara melakukannya. Tentunya, selain melakukan senam wajah, kamu perlu memperhatikan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Ingat, wajah yang sehat memerlukan perawatan luar dan dalam. Selamat mencoba!

 

Editor: Dianra Anggarani

Beri Komentar