Ketahui Cara Mengatasi Rambut Tipis agar Tumbuh Lebih Sehat dan Bervolume

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 4 Maret 2024 20:04
Ketahui Cara Mengatasi Rambut Tipis agar Tumbuh Lebih Sehat dan Bervolume
Rambut kamu tipis dan bingung cara mengatasinya? Yuk cari tahu cara mengatasi rambut tipis kamu dengan tepat.

Rambut yang tipis dapat menjadi masalah dan dapat mempengaruhi penampilan serta rasa percaya diri. Untuk membuat rambut kamu sehat kembali, kamu perlu mengetahui apa saja penyebab rambut tipis dan cara mengatasinya.

Dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup yang sehat, kamu dapat mengembalikan kesehatan rambut kamu dan mendapatkan kembali rambut yang indah dan bercahaya. 

Sebelum kamu mengatasi rambut tipis, penting untuk memahami penyebabnya. Dari sana, kita dapat menemukan solusi yang sesuai untuk mengembalikan kesehatan rambut.

Beberapa penyebab umum rambut tipis yaitu kurangnya nutrisi pada asupan makan, kerusakan akibat penggunaan bahan kimia, kerontokan rambut, stress yang berlebih, atau perawatan rambut yang kurang tepat. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengetahui beberapa tips berikut ini.

1 dari 3 halaman

Perhatikan Pola Makan

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Perhatikan Pola Makan © Diadona

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk mengatasi rambut tipis. Pastikan kamu mendapatkan asupan yang cukup dari protein, vitamin, dan mineral seperti zat besi, zinc, dan vitamin A, C, dan E.

Kamu dapat makan-makanan yang kaya akan nutrisi ini dengan kombinasi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak.

Gunakan Perawatan Rambut yang Tepat

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Gunakan Perawatan Rambut yang Tepat © Diadona

Untuk mengatasi rambut tipis, kamu dapat memilih produk perawatan rambut yang lembut dan mengandung bahan-bahan alami. Hindari produk yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak rambut. 

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan shampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut tipis. Dengan memilih produk yang tepat, kamu dapat mengatasi rambut tipis dan membuat rambut kamu lebih bervolume.

Hindari Perlakuan Kimia dan Panas Berlebihan

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Hindari Perlakuan Kimia dan Panas Berlebihan © Diadona

Penggunaan bahan kimia seperti pewarna rambut dapat membuat rambut kamu tipis. Selain itu, penggunaan pengering dan pelurus rambut yang secara berlebihan juga dapat merusak struktur rambut dan membuatnya menjadi tipis. Sebisa mungkin hindari perlakuan kimia dan panas berlebihan untuk mengatasi rambut tipis kamu.

Kamu dapat menggunakan pengering rambut dengan suhu rendah atau biarkan rambut mengering secara alami. Selain itu, jika kamu perlu melakukan alat styling yang panas, kamu dapat menggunakan heat protector dan vitamin rambut sebelum kamu men-styling-nya agar rambutmu terlindungi. 

Jaga Kelembapan Rambut

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Jaga Kelembapan Rambut © Diadona

Rambut yang kering cenderung terlihat lebih tipis. Untuk mengatasi rambut tipis, kamu dapat menggunakan kondisioner dan masker rambut secara teratur. Selain itu, hindari mencuci rambut dengan air panas karena hal ini dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan rapuh.

Kamu juga tidak perlu mencuci rambut terlalu sering karena rambut kamu menjadi tidak lembap. Kamu cukup mencuci rambut seminggu dua atau tiga kali seminggu agar rambut tetap lembab. Pastikan memilih produk yang sesuai untuk mengatasi rambut tipis.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Kesehatan Kulit Kepala

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Perhatikan Kesehatan Kulit Kepala © Diadona

Kesehatan kulit kepala juga berperan penting dalam mengatasi rambut tipis. Pastikan kamu membersihkan kulit kepala secara teratur dengan sampo yang lembut dan hindari penggunaan produk perawatan rambut yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

Kamu juga tidak boleh menggaruk kepala kamu dengan kasar agar kulit kepala kamu tidak luka. Untuk mengatasi rambut tipis, kamu dapat menggunakan essential oil atau serum untuk kulit kepala kamu sebelum dan sesudah keramas agar kulit kepala kamu ternutrisi dengan baik.

Kelola Stres dengan Baik

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Kelola Stres dengan Baik © Diadona

Selain melakukan perawatan rambut, kamu perlu mengelola stres dengan baik untuk mengatasi rambut tipis kamu. Kamu dapat melakukan olahraga seperti meditasi, yoga, atau olahraga lainnya untuk mengurangi stres dan kegelisahan yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Pastikan kamu juga tidak mengikat rambut terlalu kencang saat berolahraga karena hal tersebut akan membuat akar rambut kamu tertarik. 

Pilih Gaya Potongan Rambut yang Tepat

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Pilih Gaya Potongan Rambut yang Tepat © Diadona

Dalam mengatasi rambut tipis, potongan rambut yang tepat dapat membuat rambut kamu terlihat lebih tebal dan bervolume. Potongan rambut dengan lapisan atau potongan bob dapat memberikan ilusi rambut yang lebih penuh.

Kamu dapat mendiskusikannya dengan penata rambut tentang masalah rambut kamu dan potongan yang sesuai dengan tekstur serta bentuk wajah kamu. 

Konsultasikan dengan Ahli Kesehatan

Cara Mengatasi Rambut Tipis - Konsultasikan dengan Ahli Kesehatan © Diadona

Jika kamu merasa masalah rambut tipis kamu terkait dengan kondisi kesehatan dan semakin parah, kamu mengkonsultasikannya dengan dokter atau ahli kesehatan untuk perawatan yang tepat. Pastikan kamu memilih dokter yang tepat dan jangan ragu-ragu memberitahu apapun masalah rambut kamu.

3 dari 3 halaman

Nah, itulah beberapa cara mengatasi rambut tipis yang bisa kamu coba. Kamu perlu melakukan perawatan rambut secara teratur dan konsisten, untuk mengembalikan keindahan serta kesehatan rambut kamu.

Perlu diingat, proses perbaikan rambut tidak terjadi secara instan sehingga kamu perlu kesabaran dan perawatan yang tepat untuk hasil yang memuaskan.

 

Editor: Eunike Jeannette Siregar

 

Beri Komentar