Bye-Bye Belang! Ini 13 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat dan Permanen

Reporter : Arifina
Senin, 5 Juni 2023 20:07
Bye-Bye Belang! Ini 13 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat dan Permanen
Punya kulit bersih dan putih permanen secara alami begini caranya!

Bagi sebagian besar perempuan, memiliki kulit yang cerah dan putih adalah kesenangan tersendiri. Kulit putih seakan menambah rasa percaya diri.

Alhasil, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit yang putih. Seperti menggunakan produk-produk pemutih instan yang besar kemungkinan mengandung bahan berbahaya bagi kulit.

1 dari 14 halaman

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat dan Permanen © Diadona

Padahal, untuk mendapatkan kulit putih bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami lho! Selain aman untuk kulit, penggunaan bahan alami juga bisa membuat kulitmu putih permanen.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen. Simak yuk!

2 dari 14 halaman

1. Kunyit

Bahan alami yang dapat dengan mudah memutihkan kulit adalah kunyit. Dilansir dari healtline, kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Kedua kandungan itu dapat menghidupkan kembali kulit mati dan membuat kulitmu lebih cerah. Nah, kamu cukup mencampurkan parutan kunyit dengan madu lalu aplikasikan ke kulit.

Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air. Gunakan rutin agar mendapat hasil yang optimal ya!

3 dari 14 halaman

2. Cuka Apel

Asam asetat yang tinggi pada cuka apel membuat bahan yang satu ini ampuh menjadikan kulit putih secara alami. Caranya, larutkan cuka apel dengan air, lalu oleskan ke kulit.

Diamkan beberapa menit, dan bilas hingga bersih. Lakukan rutin dalam 1-2 hari sekali ya! Namun, harus dilakukan tes dulu apakah kamu alergi kulit atau tidak sebelum melanjutkan.

4 dari 14 halaman

3. Teh Hijau

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

Teh hijau mengandung senyawa polifenol utama bersifat terapeutik, yaitu EGCG(Epigallo-catechin-3-gallate). Kandungan ini bersifat antioksidan yang dapat mencerahkan kulit dan mencegah kanker kulit.

Untuk pengaplikasiannya, buatlah masker dari teh hijau. Campurkan bubuk teh hijau, madu dan gula pasir. Kemudian, oleskan ke kulit dna diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

5 dari 14 halaman

4. Kedelai

Kedelai mengandung Isoflavon yang memiliki efek pencerah, antioksidan, dan antipenuaan dini. Selain itu terdapat kandungan vitamin E yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Penggunaan kedelai untuk memutihkan kulit cukup menumbuknya atau di blender hingga halus dan campurkan dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Oleskan pasta kedelai pada kulit, lalu diamkan beberapa menit, dan bilas hingga bersih.

6 dari 14 halaman

5. Lemon

Sumber vitamin C pada lemon memiliki efek antioksidan dan antipigmentasi yang ampuh mengurangi kerusakan kulit, mampu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini lho! Kamu cukup rutin mengoleskan air perasan lemon ke kulit.

Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air. Namun, perlu hati-hati saat menggunakan lemon pada kulit karena bisa memicu rasa perih.

7 dari 14 halaman

6. Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Kandungan senyawa aloin yang dimiliki lidah buaya rupanya juga ampuh untuk menjadikan kulit putih secara alami. Bahkan, penggunaan lidah buaya juga dapat menghamdat pembentukan melanin, dan efek antiinflamasi didalamnya ampuh mengatasi jerawat.

Oleskan gel lidah buaya murni sebelum tidur untuk mendapati hasil kulit putih secara alami. Bilas dengan air hangat keesokan paginya ya!

8 dari 14 halaman

7. Yogurt

Selain rasanya yang nikmat, yogurt merupakan salah satu yang kerap digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional hingga mampu untuk mencerahkan kulit kusam. Dalam sebuah penelitian menyebutkan, yogurt mengandung senyawa L-sistein.

Caranya mudah, cukup campur yogurt dengan madu. Kemudian oleskan ke kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

9 dari 14 halaman

8. Nanas

Rasa segar yang ada pada nanas rupanya juga ampuh untuk memutihkan kulit secara alami. Nanas mengandung senyata sulfur yang dapat mengurangi pigmentasi dan menghambat aktivitas tironase.

Haluskan nanas terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan tepung hingga membentuk pasta. Oleskan ke kulit, tunggu beberapa menit dan bilas dengan air.

10 dari 14 halaman

9. Madu

Mengandung fruktosa, glukosa, dan asam alfahidroksi, madu rupanya dapat membantu mengurangi pigmentasi berlebihan. Madu dinilai sebagai eksfoliator alami yang ampuh mengurangi kulit kering dan kusam.

Rutin menggunakan madu dapat menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan kenyal. Caranya, cukup oleskan campuran madu dan air lemon ke kulit dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas secara menyeluruh dengan air.

11 dari 14 halaman

10. Tepung Beras

Ilustrasi Tepung Beras © Diadona

Tak hanya mencerahkan kulit, tepung beras memiliki kandungan asam ferutat yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Kedua efek ini dapat mencegah penuaan kulit, mengurangi kerusakan akibat terpapar sinar ultraviolet hingga mencerahkan kulit.

Kamu hanya perlu mencampurkan tepung beras dengan minyak zaitun atau air mawar hingga membentuk pasta. Oleskan ke kulit selama 10-15 menit, dan bilas sampai bersih.

12 dari 14 halaman

11. Lobak Putih

Lobak putih juga ampuh untuk mencerahkan kulit lho! Kamu cukup haluskan saja, kemudian gunakan ampasnya sebagai lulur.

Gunakan dengan rutin 2-3 kali dalam seminggu. Sehingga, perlahan kamu akan mendapatkan kulit yang putih dan cerah alami!

13 dari 14 halaman

12. Bengkoang

Bengkoang sudah banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C dan B didalam bengkoang sangat baik untuk kulit.

Haluskan bengkoang dan peras hingga airnya keluar. Oleskan air perasan bengkoang ke seluruh kulit, diamkan sejenak dan bilas dengan air ya!

14 dari 14 halaman

13. Susu

Ilustrasi susu © Diadona

Merendam tubuh dengan susu menjadi salah satu treatment yang banyak difavoritkan di salon-salon kecantikan. Kamu tentu saja bisa melakukannya sendiri di rumah nih!

Biar tidak boros kamu bisa mengoleskan susu ke kulit tubuh hingga mengering. Lalu, bilas dengan air ya!

Itulah sederet cara untuk memutihkan kulit secara alami dan permanen. Lakukan dengan rutin agar mendapati hasil yang optimal ya! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar