18 Cara Memutihkan Badan secara Alami dan Tradisional dengan Jahe

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 10 Januari 2020 16:32
18 Cara Memutihkan Badan secara Alami dan Tradisional dengan Jahe
Dari Michael Jackson, Beyonce, hingga Kim Kardahian diduga juga memutihkan kulit mereka agar sesuai dengan standar kecantikan Hollywood.

Kulit memang bukan ukuran kecantikan, tapi nggak salah kan kalau ingin punya kulit putih dan terliaht segar? Dengan kulit yang cerah, kamu cocok untuk semua warna outfit, atau bahkan dengan warna cat rambut kamu. Saat kamu mencintai kulit cerah kamu, secara otomatis kamu akan lebih percaya diri.

Biasanya, hidrokuinon dan merkuri digunakan sebagai bahan utama yang digunakan dalam produk pemutih kulit. Keduanya bekerja dengan menghambat produksi melanin, bahan kimia yang mengubah kulit menjadi lebih gelap dalam jangka pendek. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa dalam pemakaian jangka panjang punya efek racun untuk tubuh.

Faktanya, bahan-bahan ini justru dapat membuat kulit menjadi gelap dan menyebabkan penuaan dini jika digunakan untuk waktu yang lama.Untungnya, berbagai bahan alam ditemukan punya efek memu tihkan untuk kulit. Semuanya juga punya fungsi memutihkan dengan prinsip :

  1. Menyerap sinar UV yang berbahaya
  2. Menghambat produksi melanin di kulit yang menyebabkan kulit jadi gelap

1 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Badan secara Alami

Ilustrasi Tubuh Wanita © Diadona

Untuk kamu yang takut dengan kandungan berbahaya produk tersebut sekaligus punya kulit yang sensitive terhadap penggunaan bahan kimia, yuk disimak ulasan Diadona tentang 18 cara memutihkan badan berikut:

Jeruk

Kulit jeruk mengandung banyak vitamin C, dan berperan penting dalam memproduksi serat kolagen. Serat ini membantu menjaga kulit agar tetap kencang. Dalam cara memutihkan kulit, Vitamin C terbukti memperlambat melanosit hiperaktif. Apakah melanosit hiperaktif?  Ini adalah sel-sel yang menghasilkan melanin di lapisan basal kulit sebagai penyebab kulit menjadi gelap. 

Asam Kojic

Asam kojic berupa bubuk kristal putih yang berasal dari jamur di Asia. Senyawa ini telkah umum digunakan di Jepang sebagai alternative alami pengganti hidrokuinon dan sangat efektif mengurangi perubahan warna kulit.

Menurut American Academy of Dermatologists, asam kojic telah terbukti secara klinis mengurangi hiper-pigmentasi. Ia bekerja dengan menghambat fungsi tirosinase, protein yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin. Ini juga bertindak sebagai antioksidan dan cocok untuk kulit yang rusak akibat sinar matahari atau sensitif.

Yougurt

Yougurt kaya akan kandungan senyawa bioaktif yang dapat digunakan sebagai penghilang pigmentasi berlebihan. Cara memutihkan kulit dengan yougurt juga berasal dari kandungan asam laktatnya. Jenis yogurt yang direkomendasikan adalah yogurt polos atau yang tanpa rasa dan gula.

Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan cucurbitacin D dan 23, 24-dihydro cucurbitacin D. Senyawa ini dapat mengurangi produksi melanin dan mungkin membalikkan efek pigmentasi. Cara memutihkan badan dengan mentimun bisa kamu lakjukan dengan cara berikut :

  • Iris mentimun dan blender.
  • Siapkan pasta halus dengan menambahkan beberapa gel lidah buaya ke dalamnya.
  • Oleskan pasta ini ke wajah dan leher Anda.
  • Biarkan paket selama 15-20 menit dan cuci dengan air biasa

Pepaya

Pepaya telah lama digunakans ebagai cara memutihkan badan. Ekstrak papaya telah dikenal untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit kamu. Lebih lanjut, penggunaan papaya di kulit dapat meningkatkan kecerahan dan mengurangi tampilan bekas luka. Cara memutihkan badan dengan papaya

  • Haluskan papayatambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalamnya.
  • Diamkan selama sekitar 10-15 menit.
  • Cuci bersih

 

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Kulit Badan

Ilustrasi Kentang © Diadona

Iseng-iseng, coba deh kamu hitung kira-kira berapa banyak persentasi produk kulit yang masuk dipasaran Indonesia dengan klaim bisa memutihkan kulit? Sangat banyak. Untuk wanita kulit berwarna seperti sebgaian masyarakat kita, punya kulit cerah bisa jadi dambaan. Pasar melihatnya sebagai sebuah peluang untuk mewarkan berbagai produk kecantikan.

Kentang

Siapa sih yang menyangka kalau umbi satu ini bisa menajdi cara memutihkan wajah? Kentang kaya akan fitokimia, seperti potasium, belerang, dan klorida yang dapat membantu meringankan bekas luka dan noda jerawat. Secara lebih lanjut, warna kulit kamu bakalan lenbih jernih dan lebih merata.

Untuk menggunakan kentang sebagai cara memutihkan badan, kamu  memerlukan 2- 3 sendok kentang yang baru dihaluskan dan jus lemon/ oleskan ke wajah dan tubuh dengan menggunakan kapas, lalu diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Kunyit

Kurkumin sebagai komponen utama pada kunyit punya segudang manfaat untuk kesehatan. Tapi kurkumin juga bisa sebagai cara memutihkan badan, lho. Senyawa ini efektif dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti noda dan bintik-bintik sekaligus mencerahkan wajah kamu.

Untuk menggunakan kunyit sebagai cara memutihkan badan, kamu memerlukan satu sendok bubuk kunyit, madu dan yougurt.

Lidah Buaya

Dalam cara memutihkan badan, lidah buaya berperan menghambat pembentukan sel melanin pada kulit karena kandungan aloesin yang dimilikinya. Gel lidah buaya terdiri dari sejumlah besar komponen air, sehingga turut melembabkan kulit, membuat kulit kenyal dan terlihat bercahaya.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengoleskan gel lidah ke seluruh badan, lalu bilas dengan air.

Jangan Lupakan Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk kulit diperoleh dari sifat antioksidan dan sifat asamnya. Antioksidan bakal membantu proses regerasi alami sel kulit kamu sementara sifat asam dari vitamin C membantu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit.

Kristina Goldenberg danri Goldenberg Dermatology menyebut penggunaan vitamin C yang paling baik adalah dalam bentuk serum. Kalau bisa, campurkan satu atau dua tetes vitamin E untuk perbaikan kulit yang lebih optimal.

Alpha Arbutin

Kemampuan alpha arbutin untuk cara memutihkan wajah didapat dari kegunaannay dalam menghambat aktivitas produksi tyrosinase. Enzim inilah yang membantu pembentukan melanin dalam proses melanogenesis. Alpha arbutin umum ditemukan dalam produk pemutih. Meskipun sekarang ini zat tersebut nampaknya dijual bebas, kamu harus tetap hati-hati menggunakannya bila tanpa resep atau formulasi dari ahli kecantikan.

Niacinamide

Vitamin B3, atau Niacinamide, telah terbukti mengurangi produksi melanin (pigmen) dan bertindak sebagai agen pencerah kulit yang efektif ketika ditambahkan ke krim kulit. Ketika dioleskan, vitamin B membantu kulit mempertahankan kelembaban, membuatnya terasa lebih lembut dan halus dan mengurangi garis

 

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Badan dengan Jahe

Ilustrasi Jahe © Diadona

Jahe telah digunakan oleh berbagai budaya manusia selama ribuan tahun yang lalu, mulai dari memasak hingga obat-obatan. Namun trnayta, jahe juga bisa menjadi salah satu cara memutihkan badan terbaik dari alam.

Jahe telah dipuja sebagai bahan anti-penuaan dalam pengobatan Cina selama ribuan tahun. Antioksidan yang terkandung dalam jahe meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan kulit, dan peradangan."

Jahe juga telah dikenal mengurangi penampilan hiperpigmentasi. Dalam cara memutihkan wjah menggunakan jahe, ahli facial Medina Tshibemba dari Bare Alchemy merekomendasikan pengolesan sepotong kecil jahe segar pada bekas luka sekitar dua hingga tiga kali sehari. " Untuk hasil yang optimal, ulangi proses ini setidaknya selama enam minggu," ujarnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Badan secara Alami dan Tradisional

Ilustrasi Geisha © Diadona

Produk pemutih kulit yang bagus biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan menguras kantong. Padahal, impian untuk punya kulit nggak cuman dimiliki olehmereka dengan finansial cukup. Tapi nggak perlu khawatir kok, karena bahan yang bisa juga sebagai cara memutihkan badan bisa kamu temui dari bahan-bahan tradisional.

Bekatul

Berabad lalu, beras digunakan oleh Geisha di Jepang sebagai cara memutihkan kulit mereka. Tapi kan mereka sudah putih secara genetika? Benar, tapi mereka sepertinya belum puas. Mereka sepertinya mendambakaln kulit bening yang diistilahkan sebagi kulit tembus cahaya. Dedak pagi atau bekatul digunakan untuk melembutkan sementara air bilasan beras untuk membilas tubuh.

Ini karena Bekatul atau komenuka mengandung enzim dan antioksidan yang secara bersamaan menenangkan dan melembutkan kulit. Bekatul memiliki sifat-sifat tertentu yang melekat seperti PABA (para aminobenzonic acid) serta asam Ferulic dan allantoin, yang bertindak sebagai agen tabir surya / antiinflamasi. 

Tyrosinase menghambat produksi melanin di kulit, dan Vitamin B meningkatkan produksi sel baru dan memperlambat proses penuaan. Terakhir tetapi nggak kalah penting,, tepung beras bisa mencerahkan dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas  pada kulit kamu.

Air Cucian Beras

Air cucian beras sudah dikenal sejak dulu dalam cara memutihkan kulit. Ternyata, ini karena air beras mengandung asam ferulic yang berfungsi sebagai agen pencerah kulit dan allantoin untuk anti-inflamasi. Untuk bisa mendapatkan kulit cerah dengan air cucian beras, kamu cukup memisahkan air bekas cucian dengan berasnya, lalu diamkan selama beberap saat sampai ada endapan di bagian bawah wadah. Gunakan sebagai masker sampai terasa kering, dan bilas dengan air beras tersebut,

Kopi

Sel kulit kita akan mati setiap dua minggu sekali. Bila terjadi penumpukan sel di lapisan atas kulit maka akan membuat penampakan kulit menjaid kusam. Makanya, kamu perlu scrubing kulit kamu dalam kurun beberapa waktu untuk mengikis sel kulit mati dan menampilkan sel kulit sehat yang ada di bawahnya.

Nah, ada alas an untuk mencoba scrub kopi yang popular akhir-akhir ini nih. Selain fakta kalau kopi punya aroma yang menyegarka, kopi juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Kopi telah lama dikenal sebagai exfoliator yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit kusam.

Lemon

Semua jeruk memang mengandung vitamin C, tapi buah lemon lah yang paling banyak kandungan dibanding buah yang lain. Vitamin E dan C nya juga berfungsi sebagai antioksidan pada kulit kamu. Kalau kamu ingin menggunakan lemon sebagai cara memutihkian kulit, peras 1-2 lemon lalu campur dengan sedikit gara. Oleskan di bagian tubuh, namun hindari area yang terluka.

Pisang

Nggak cuman enak dikonsumsi, pisang punya manfaat sebagai cara memutihkan kulit. Ada banyak nutrisi kuat yang terkandung dalam buah yang membuatnya menjadi tambahan yang sempurna untuk masker wajah alami kamu. Sebut saja kalian yang berfusngi untuk melembabkan, vitamin B untuk melindungi radikal bebas, vitamin A hinga asam amino untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit.

Kamu bisa mengkombinasikan p[isang dengan berbagai bahan alami yang ada d rumah, mislanya lemon, yougurt, atau madu. Lumatkan, campur, lalu aplikasikan pada wajah.

Oatmeal

Untuk kulit yang kusam karena penumpukan sel-sel kulit mati, kamu bisa bangetmenggunakan oatmeal sebagai eksfoliator. Selain kandungan saponin pada oatmeal, butirannya juga lembut sehingga nggak bikin kulit kamu iritasi. Saat scrubbing, sel-sel kulit mati kamu akan terkelupas sehingga kulit yang sehat akan mucnul di permukaan. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah dan sehat.

Beri Komentar