29 Cara Alami Memutihkan Wajah secara Permanen dan Cepat dalam waktu 1 Minggu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 13 Januari 2020 15:49
29 Cara Alami Memutihkan Wajah secara Permanen dan Cepat dalam waktu 1 Minggu
Sebagai wanita dengan mayoritas kulit berwarna, kulit kinclong putih bersinar sering jadi dambaan. Meski tak seinstan bahan kimia, cara alami masih diburu karena aman dan tak bikin ketergantungan.

Semua wanita nggak peduli berapapun usianya, pasti menginginkan klulit wajah yang bersih dan putih merata. Tantangan pertama biasanya hadir dari munculnya bekas jerawat akibat hiperpigmentasi. Selanjutnya, kamu biasanya fokus pada kulit yang kusam akibat kurangnya nutrisi, atau pembersihan yang kurang sempurna.

Ada banyak produk yang hadir dengan untuk memberikan efek cerah pada wajah, namun nggak sedikit yang mengandung bahan-bahan ilegal dengan efek samping merugikan. Makanya, cara alami untuk memutihkan wajah banyak diburu sekarang meski hasilnya tentu tak seinstan penggunaan bahan kimia.

Berikut Diadona rangkumkan 29 cara alami memutihkan wajah kamu yang bisa kamu coba dengan bahan-bahan di rumah. Selain aman, prosedurnya juga murah dan memberikan hasil baik kok. Yuk, disimak!

1 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah secara Alami dan Permanen

Ilustrasi Wajah Cantik © Diadona

Hampir seluruh produk kecantikan yang ada di Indonesia hadir dengan klaim dapat mecerahkan. Nggak salah sih memang, sebagai wanita kulit berwarna, wajah putih kinclong sudah pasti jadi impian. Banyak bahan pilihan dari alam yang bisa jadi alternatif kamu dalam membuat wajah cerah alami. Apa saja?

Air Beras

Jangan buang air bekas cucian beras kamu, karena bahan tersebut bisa jadi cara alami memutihkan wajah. Khasiatnya sudah teruji sejak dulu dan digunakan sebagai praktek perawatan oleh wanita-wanita Asia seperti Korea, Cina, juga Jepang. Air beras kaya akan kandungan vitamin B1, C, E, mineral dan asal ferulat untuk kulit wajah sehat bercahaya. Selain itu, air beras juga melembabkan kulit dan bsia melindunginya dari kuman.

Tomat

Selain vitamin C dengan sifat antioksidannya, tomat punya kandungan vitamin A untuk menyamarkan flek hitam, sementara kandungan vitamin B nya dapat mengurangi hadirnya garis kerutan. Dalam cara alami memutihkan wajah, tomat diaplikasikan dengan mengoleskannya ke wajah atau dikonsumsi sebagai minuman segar.

Madu

Nggak cuman punya manmfaat untuk kesehatan, kandungan madu cukup ampuh sebagai cara alami memutihkan wajah. Ini karena Dalam madu terkandung asam alfa hidroksi dan senyawa biaktif lainnya yang dapat menurunkan tingkat pigmentasi berlebihan pada kulit sekaligus mencegah munculnya bintik hitam.

Yougurt

Yougurt kaya akan kandungan senyawa bioaktif yang dapat digunakan sebagai penghilang pigmentasi berlebihan. Ditambah, yougurt juga punya asam laktat dan asam alfa hidroksi untuk membersihkan sel kulit mati di wajah kamu

Kunyit

Sebuah penelitian terbaru membuktikan, keberadaan minyak atsiri pada kunyit bisa membuat wajah cerah bersinar dalam waktu tiga minggu, dengan hasil permanen. Senyawa ini efektif dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti noda dan bintik-bintik sekaligus mencerahkan wajah kamu.

Lho, apa nggak bikin wajah jadi berwarna kekuningan? Tidak, karena pemakaiannya dicampur dengan bahan lain.

Untuk menggunakan kunyiot sebagai cara alami memutihkan wajah, kamu memerlukan satu sendok bubuk kunyit, madu dan yougurt segar. Campur bahan-bahan tersebut, oleskan pada wajah lalu bilas menyeluruh dengan air hangat.

 

2 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Saat kamu menggunakan produk kecantikan dari bahan kimia, hasilnya bisa saja instan dan memuaskan. Namun, nggak jarang ada efek samping yang mengikuti. Mulai dari ketergantungan produk, hingga ruam-ruam untuk kamu yang berkulit sensitif.

Rajin Scrub Wajah

Wajah yang kusam bisa datang karena efek penumpukan sel-sel kulit mati. Untuk itu, penting untuk melakukan pembersihan berkala secara mendalam dengan scrubing. Scrub wajah bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori dan bikin wajah kamu kusam. Dengan rutin melakukan scrub, artinya kamu menampilkan sel kulit wajah yang terus baru.

Cuka Apel

Bahan ini lagi hits banget beberapa waktu terakhir karena manfaatnya yang berlimpah. Selain untuk menghilangkan jerawat, cuka apel ini mampu mengeksfoliasi wajah yang paling sensitif sekalipun tanpa perlu menggosok-goroknya dengan kasar ke permukan kulit kamu. Dari pakar kecantikan wajah, Joanna Varfas menjelaskan kalau cuka apel sempurna untuk semua jenis kulit, khususnya mereka yang sedang mengalami break out.

" Cuka apel bisa mengelupas lapisan terluar kulit, menyeimbangkan kulit, juga menenangkan jerawat dan menyembuhkannya dengan cepat," ujarnya.

Karena sifatnya yang asam banget, kamu nggak boleh mengoleskannya dengan sembarangan. cukup oleskan sedikit cuka apel yang sudah dicampur air ke seluruh wajah. Gunakan persis seperti kamu menggunakan toner. Wajah kamu akan terlihat jauh lebih baik di pagi harinya.

Minyak Essensial

Kelebihan minyak di wajah memang rentan membuat jerawat, namun ada beberapa minyak yang bagus sebagai cara alami memutihkan wajah. Dr. Lily Talakoub dari McLean Dermatology and Skincare Center menyebut, keberadaan minyak akan melindungi lapisan terluar kulit dan mensuplai aktioksidan. Talakoub juga menyarankan untuk menggunakan minyak ini di malam hari dan lihat glowingnya kulitmu di pagi harinya.

Vitamin C

Nah, kamu mungkin sering melihat kandungan vitamin ini pada berbagai produk pemutih wajah. Manfaat vitamin C untuk kulit diperoleh dari sifat antioksidan dan sifat asamnya. Antioksidan bakal membantu proses regerasi alami sel kulit kamu sementara sifat asam dari vitamin C membantu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit.

Kalau kamu terlalu mager untuk mengambil vitamin C dari bahan alami, nggak ada salhnya kok menggunakannya dalam bentuk produk jadi. Kristina Goldenberg danri Goldenberg Dermatology menyebut penggunaan vitamin C yang paling baik adalah dalam bentuk serum. Kalau bisa, campurkan satu atau dua tetes vitamin E untuk perbaikan kulit yang lebih optimal.

 

 

3 dari 6 halaman

Cara Alami Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Nggak cuman dari produk kecantikan yang iklannya sering ada di televisi, wajah putih dalam waktu satu minggu juga bisa kamu dapatkan dengan bahan-bahan alami.

Sheet Mask

Boomingnya perawatan kecantikan ala korea beberapa waktu yang lalu juga membaca hype penggunaan sheet mask. Bedanya dengan masker biasa, sheet mask mengandung serum atau hydrogel yang punya banyak manfaat untuk kulit kamu, dan termasuk cara alami memutihkan wajah.

Air Rendaman Beras

Air beras mengandung asam ferulic yang berfungsi sebagai agen pencerah kulit dan allantoin untuk anti-inflamasi. Untuk cara alami memutihkan wajah dengan air cucian beras, kamu cukup memisahkan air bekas cucian dengan berasnya, lalu diamkan selama beberap saat sampai ada endapan di bagian bawah wadah. Gunakan sebagai masker sampai terasa kering, dan bilas dengan air beras tersebut,

Bengkoang

Umbi yang satu ini pasti sudah banyak diketahui khasiatnya untuk kecantikan wajah dan tubuh. Dalam cara alami memutihkan wajah, bengkoang berperan untuk penghambat tironase, senyawa yang bertanhggung jawab dalam proses pembentukan melanin.

 

 

4 dari 6 halaman

ilustrasi masker wajah © Diadona

Jahe

Nggak cuman berperan dalam pengobatan atau bumbu masakan tradisional, jahe telah dikenal sebagai bahan anti-penuaan dalam pengobatan Cina selama ribuan tahun. Antioksidan yang terkandung dalam jahe meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan kulit, peradangan dan hiperpigmentasi. Untuk cara alami memutihkan wajah dengan jahe, ahli facial Medina Tshibemba dari  Bare Alchemy merekomendasikan pengolesan sepotong kecil jahe segar pada bekas luka sekitar dua hingga tiga kali sehari. " Untuk hasil yang optimal, ulangi proses ini setidaknya selama enam minggu," ujarnya.

Kopi

Sejak dulu kopi dipercaya sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan sebagai cara alami memutihkan wajah. Selain aromanya yang menenangkan dan segar, kopi juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Lemon

Vitamin C memang baik untuk cara alami memutihkan wajah, dan kandungan terbaiknya serta terbanyaknya ada dalam buah lemon. Nggak cuman vitamin C, lemon mengandungan vitamin E yang bisa menjadi antioksidan untuk kulit kamu. Kalau kamu ingin menggunakan lemon sebagai cara alami memutihkan wajah, peras 1-2 lemon lalu campurkan dengan sedikit garam, atau madu. Oleskan di wajah namun hindari area yang luka.

Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi untuk wajah sehat dan berseri. Diantaranya, kalium yang berfungsi untuk melembabkan, vitamin B untuk melindungi radikal bebas, vitamin A hingga asam amino untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit.

Oatmeal

Penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat kulit kamu jadi terlihat kusam dan nggak putih. Nah, untuk cara alami memutihkan wajah dengan mengikis sel kulit mati bisa kamu lakukan dengan bantual butiran oatmeal yang lembut. . Saat scrubbing, sel-sel kulit mati kamu akan terkelupas sehingga kulit yang sehat akan muncul di permukaan. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah dan sehat.

 

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Wajah Cantik © Diadona

Bekatul

Nggak cuman buat makanan diet, bekatul bisa kamu gunakan sebagai cara alami memutihkan wajah. Praktek ini sudah dilakukan oleh para wanita Jepang. Ini karena Bekatul atau komenuka mengandung enzim dan antioksidan yang secara bersamaan menenangkan dan melembutkan kulit. Bekatul memiliki sifat-sifat tertentu yang melekat seperti PABA (para aminobenzonic acid) serta asam Ferulic dan allantoin, yang bertindak sebagai agen tabir surya / antiinflamasi. 

Tyrosinase menghambat produksi melanin di kulit, dan Vitamin B meningkatkan produksi sel baru dan memperlambat proses penuaan. Terakhir tetapi nggak kalah penting,, tepung beras bisa mencerahkan dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas  pada kulit kamu.Susu

Susu

Warna kulit gelap dan hiperpigmentasi buisa diatasi dengan penggunaan susu untuk masker. Susu mengandung tinggi asam laktat yang nggak cuman memiliki sifat mencerahkan kulit tetapi juga akan membantu menghilangkan sel-sel mati pada permukaan kulit.

Daun Jambu Biji

Dilasir dari steemit.com, daun jambu biji mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam cara alami memutihkan wajah. Selain berfungsi sebagai pembunuh bakteri, antioksidannya bisa membuat kulit lebih cerah, sehat, dan halus.

Cara alami memutihkan wajah dnegan daun jambu biji bisa kamu lakukan dengan mengoleskan tumbukan daun, campur dengan kunyit dan gunakan sebagai masker.

Asam Kojic

Asam kojic merupakan senyawa berupa bubuk kristal putih yang berasal dari jamur, yang kerap digunakan di Jepang sebagai alternative alami penggunaan hidroquinon. Asam kojic disebut efektif untuk mengurangi eprubahan warna kulit sekaligus mengurangi hiperpigmentasi dengan cara menghambat fungsi tironase, yakni protein yang bertanggung jawab untuk proses produksi melanin.

Mentimun

Selain bikin kulit segar, kandungan cucurbitacin D dan 23, 24-dihydro cucurbitacin D. pada mentimun dapat mengurangi produksi melanin dan mengembalikan efek pigmentasi. Untuk membuat masker timun sebagai cara alami memutihkan wajah, blender mentimun sampai jadi pasta, lalu tambahkan beberapa tetes gel lidah buaya di dalamnya. Selanjutnya, oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

Masker Wajah

Produk masker yang dijual di pasaran saat ini sudah mewakili berbagai manfaat dari produk alami. Harganya juga bervariasi, mudah didapatkan serta mudah diaplikasikan. Gunakan masker ini sesuai dengan petunjuk pemakaian pada kemasan.

Pepaya

Ekstrak buah pepaya dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit kamu. Hasilnya kulit bakalan terlihat kencang, sehat, putih dan bercahaya.

Kentang

Di balik fungsinya sebagai karbohidrat pengganti nasi, kentang bisa jadi cara alami memutihkan wajah, lho. Kentang kaya fitokimia, seperti potasium, belerang, dan klorida yang dapat membantu meringankan bekas luka dan noda jerawat. Secara lebih lanjut, warna kulit kamu bakalan lebih jernih dan lebih merata.

Cara alami memutihkan wajah dengan kentang:

  • Haluskan 2kentang sampai jadi 2 -3 sendok pasta kentang
  • Oleskan ke wajah atau tubuh dengan menggunakan kapas
  • Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih

Lidah Buaya

Dalam cara alami memutihkan wajah, lidah buaya berperan menghambat pembentukan sel melanin pada kulit karena kandungan aloesin yang dimilikinya. Gel lidah buaya terdiri dari sejumlah besar komponen air, sehingga turut melembabkan kulit, membuat kulit kenyal dan terlihat bercahaya.

Cara alami memutihkan wajah bisa kamu lakukan cukup dengan mengoleskan gel lidah ke seluruh badan, lalu bilas dengan air.

6 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Flek Hitam

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Flek hitam sangat mungkin muncul sebagai akibat perlakuan terhadap jerawat saat meradang. Misalnya, sedang terjadi peradangan. Jerawat memang akan hilang dan sel-sel kulit baru terbentuk. Cuman biasanya  sel baru tersebut mengandung terlalu banyak melanin, si pigmen gelap dalam kulit.

Saat melanin muncul dalam jumlah berlebih, maka kulit akn jadi lebih gelap. Inilah yang disebut hipermigmentasi pasca inflamasi. Bentuknya berupa flek-flek hitam yang ada di wajah. Flek ini biasanya hadir lebih lama dibandingkan dengan jerawat itu sendiri. Walaupun bisa ditutupi dnegan menggunakan make up, tetep aja kehadirannya mengganggu.

Kedelai

Menurut Joshusa Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di RS Mount Sinai, ekstrak kedelai terbukti ampuh sebagai cara alami memutihkan wajah. Bahan ini sudah umum ditemukan dalam banyak produk pencerah kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan bintik hitam dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit.

Jeruk Nipis

Kandungan senyawa aliami Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang ada di dalam jeruk nipis diklaim mampu menghilangkan bekas jerawat, mengikis sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus. Karena itu, AHA umum ditemukan dalam banyak produk perawatan wajah dan termasuk dalam cara alami memutihkan wajah.

Microdermabrasi

Microdermabrasi adalah versi cepat dan canggih dari peeling yang biasa kamu lakukan sendiri. Meskipun begitu, microdermabrasi masuk dalam cara alami memutihkan wajah karena menggunakan prosedur non-chemical dan non-invasif dengan menggunakan butiran kristal berukuran mikro. Hasilnya, kulit bagian dalam yang lebih sehat dan muda akan muncul di permukaan wajah. Prosedur ini juga mendorong produksi sel-sel kulit baru dengan kadar kolagen dan elastin yang lebih tinggi.

 

Beri Komentar