7 Perawatan Wajah Jelang Lebaran untuk Kulit Nampak Sehat dan Glowing!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 20 April 2023 07:15
7 Perawatan Wajah Jelang Lebaran untuk Kulit Nampak Sehat dan Glowing!
Lakukan perawatan wajah sebelum lebaran dengan double cleansing, peeling, masker hingga tidur cukup dan stay hydrated!

Bulan suci Ramadhan akan segera berakhir. Menyambut momen lebaran nanti, pastikan kamu tetap melakukan serangkaian perawatan wajah agar tetap glowing.

Sayangnya puasa selama berjam-jam ditambah dengan kurangnya asupan cairan dapat berdampak buruk pada kulit. Kulit bisa jadi kering dan kusam, bikin penampilan kamu jadi tak maksimal!

Perlukah segera cuss booking perawatan kecantikan di salon jelang lebaran?

Dengan banyaknya opsi perawatan wajah, pilihlah jenis perawatan yang tidak menimbulkan iritasi dan kemerahan di wajah kamu. Jangan sampai deh di momen lebaran nanti, kamu tak bisa pakai make up karena masih iritasi.

Bila waktunya tak terkejar, maka solusinya adalah memulai perawatan rumahan dengan segera.  Untuk membantu kamu Diadona ngasih list nih daftar perawatan wajah apa aja yang perlu kamu lakukan menjelang lebaran. 

 

1 dari 3 halaman

Rajin Double Cleansing

Double Cleaning sebagai Perawatan Wajah sebelum Lebaran © Diadona

Ada satu langkah dalam rutinitas perawatan wajah  yang nggak boleh kamu lewatkan, yakni double cleansing. Teknik double cleansing bukan berarti cuci muka sebanyak dua kali,  tapi suatu teknik cleansing yang dilakukan sebelum mencuci muka dengan tujuan agar wajah bersih maksimal.

Kenapa harus double cleansing? Paparan debu, polusi, dan sinar matahari yang tidak dibersihkan dengan baik akan membuat wajah kusam dan menimbulkan jerawat.

Bagi kamu yang kesehariannya menggunakan makeup, melakukan teknik double cleansing sangat perlu dilakukan. Hal ini perlu dilakukan agar menghindari wajah dari residu kotoran tersisa yang bisa menimbulkan permasalahan kulit pada wajah.

Stay Hydrated!

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Karena berpuasa setiap hari selama Ramadhan, kulit cenderung dehidrasi dan lelah. Kekurangan air dapat membuat kulit kusam dan kendur. Solusinya nih minum air putih minimal delapan gelas setiap hari, minum saat berbuka puasa dan saat sahur.

Selama berbuka puasa, pastikan untuk makan sayuran sebab kamu butuh kandungan airnya tinggi dan sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan. Minum air yang cukup adalah salah satu tips kecantikan menjelang lebaran yang paling penting untuk kulit tampak segar dan bercahaya.

2 dari 3 halaman

Scrub Wajah

Scrub Wajah sebagai Perawatan Sebelum Lebaran © Diadona

Angkat sel-sel kulit mati di wajah dengan melakukan scrub. Sel kulit mati ini nih yang ketika menumpuk bisa jadi penyebab wajah kusam dan berjerawat. 

Setelah kulit mati terangkat, sel kulit baru akan muncul ke permukaan. Nah sel kulit ini nih yang nampak glowing dan ngasih tampilan sehat di wajah.

Lakukan scrub wajah setidaknya seminggu sekali dan pilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. 

Chemical Peeling

Chemical Peeling sebelum Lebaran © Diadona

Sebagai pengganti scrub, kamu bisa melakukan chemical peeling lho! Tujuannya yakni sama-sama mengangkat sel kulit mati dan meregenerasinya, hanya saja ini dilakukan dengan menggunakan bahan kimia.

Chemical peeling umumnya dilakukan sebanyak 2 kali seminggu dan tak boleh dibarengi dengan penggunaan skincare berbahan aktif lainnya. Gunakan chemical peeling yang sesuai dengan kondisi kulit kamu ya!

Pakai Masker Wajah

Masker untuk Wajah Glowing saat Lebaran © Diadona

Secara umum, masker wajah bisa membersihkan kulit atau memberikan nutrisi pada wajah sesuai dengan kandungan di dalamnya. 

Ada masker wajah seperti sheet mask yang bikin kulit lembab dan glowing, lalu clay mask untuk mengangkat kulit mati serta mengangkat minyak berlebih pada kulit.

3 dari 3 halaman

Pakai Pelembab

Ilustrasi menggunakan pelembab © Diadona

Jangan lupa selalu gunakan pelembab guys, baik dalam bentuk gel, cream, lotion atau face mist. Kulit yang lembab memungkinkan semua bahan perawatan wajah terserap secara optimal. Selain itu, kulit kamu akan nampak sehat dan segar.

Wajib Pakai Sunscreen

Ilustrasi memakai sunscreen © Diadona

Dari semua perawatan wajah, sunscreen adalah yang paling penting guys! Sunscreen bisa mencegah munculknya flek hitam, penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya.

Yup, sunscreen seajaib itu karena bahan ini menangkal sinar UV yang berbahaya buat kulit. 

Terlebih nih buat kamu yang selesai melakukan peeling atau pengelupasan kulit, sunscreen mencegah terjadinya iritasi di kulit kamu.

Tidur Cukup

Ilustrasi tidur dengan makeup © Diadona

Saat kamu cukup tidur, sel kulit di wajah kamu bisa mendapatkan perbaikan secara maksimal. Terlebih bila kamu menggunakan skincare di malam hari seperti retinol, AHa atau vitamin C. Bahan-bahan etrsebut lebih mudah terserap sebab aliran darah meningkat di malam hari.

Ternyata mudah aja kan perawatan kulit jelang lebaran untuk mendapatkan wajah glowing memukau? Kuncinya terletak pada ketelatenan kamu nih!

Editor : Intan Lathifah

Beri Komentar