Uniknya Monumen 'Avengers' di Papua, Kapsul Waktu yang Pernah Diresmikan sama Presiden Jokowi

Reporter : Nasa
Jumat, 18 September 2020 09:35
Uniknya Monumen 'Avengers' di Papua, Kapsul Waktu yang Pernah Diresmikan sama Presiden Jokowi
Apa itu kapsul waktu?

Papua ternyata miliki sebuah monumen unik dengan bentuk mirip seperti markas 'Avengers' dalam film yang diproduksi oleh Studio Marvel. Monumen unik tersebut terletak di Bandara Mopah Merauke, Papua, ini sempat viral pada akhir 2018.

Menurut info dari laman BBC, monuman dengan bentuk mirip markas Avengers tersebut menempati 2,5 hektar lahan. Kemudian dilengkapi dengan pintu yang mewakli suku asli Merauke. Yakni suku Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu dengan simbol sebagai penjaga tugu.

1 dari 2 halaman

Monumen Kapsul Waktu

Monumen Avengers Papua © Diadona

Meski bentuknya mirip sama markas Avengers, monumen tersebut diberi nama Monumen Kapsul Waktu. Bukan sembarang nama, maksud dari nama tersebut adalah sesuai fungsi dan peruntukannya. Kabarnya, monumen tersebut menyimpan impian-impian anak-anak dari seluruh Indonesia.

Sejak 22 September 2015, telah diselenggarakan Ekspedisi Kapsul Waktu. Sejak saat itu, dikumpulkan setidaknya 7 mimpi dari setiap anak yang berpartisipasi. Mereka semua berasal dari 34 kota dari 34 provinsi di Indonesia.

Impian-impian yang dituliskan adalah bagaimana Indonesia dalam 70 tahun ke depan. Mimpi-mimpi yang sudah dikumpulkan tersebut lalu disimpan dalam ruang kapsul waktu, dan akan dibuka sekira pada tahun 2085 oleh para generasi penerus bangsa.

2 dari 2 halaman

Terinspirasi dari Menara Perang Suku Dani

Monumen Avengers Papua © Diadona

Monumen Kapsul Waktu ini sempat menimbulkan kontroversi pada saat diresmikan oleh Presiden Jokowi pada akhir 2018. Alasannya, bentuknya terlalu mirip dengan markas Avengers sungguhan. Tapi kemudian ada yang menjelaskan, kalau monumen itu terinspirasi dari menara perang suku Dani.

Desain monuman Kapsul Waktu di Papua tersebut terinspirasi dari menara perang suku Dani yang miliki lima akses masuk bangunan. Nah ternyata inspirasinya bukan dari markas Avengers loh ya. Semoga impian anak-anak Indonesia di tahun 2085 bisa terwujud semua ya.

Beri Komentar