Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia Ternyata ada di Korea Utara!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 14 September 2020 17:20
Maskapai Penerbangan Terburuk di Dunia Ternyata ada di Korea Utara!
Berani menaikinya?

Korea Utara memang terkenal sebagtai negara komunis yang sangat tertutup dengan negara lain. Meskipun begitu, Korea Utara tetap menjadi tujuan wisata.

Nah, untuk bisa ke negara ini, ternyata hanya bisa dijangkau dengan satu maskapai penerbangan saja, yakni Air Koryo. Air Koryo adalah maskapai asal Korea Utara yang hanya membuka rute penerbangan internasional ke Beijing dan Vladivostok (Rusia).

Yang membuatnya jadi sorotan adalah predikatnya yang menjadi maskapai penerbangan terburuk di dunia. Emangnya seperti apa sih Maskapai penerbangan ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 2 halaman

Air Koryo

Air Koryo © Diadona

Air Koryo ini setiap harinya hanya melayani kurang dari 10 penerbangan reguler. Baik itu penerbangan domestik maupun Internasional. Melansir dari laman Business Insider, Air Koryo merupakan perusahaan milik negara yang didirikan di era Kepemimpinan Kim Jong Il, ayah dari Kim Jong Un.

Didirikan tahun 1955, dulunya Air Koryo merupakan maskapai Korea Utara yang cukup terpandang oleh dunia. Sayangnya, kondisi itu jauh berbeda saat ini.

Bahkan saat ini, Air Koryo menjadi maskapai terburuk di dunia yang dinobatkan oleh situs penerbangan Skytrax selama lima tahun terakhir berturut-turut. Air Koryo adalah satu-satunya maskapai di dunia yang mendapat rating bintang 1.

Parameter yang membuat Air Koryo jadi maskapai terburuk adalah fasilitas yang diberikan kepada penumpang selama penerbangan.

2 dari 2 halaman

Fasilitas

Air Koryo © Diadona

Ketika kamu naik ke maskapai ini, kamu akan disuguhkan dengna surat kabar yang penuh berita propaganda ikhas Korea Utara dan musik kenegaraan yang diputar secara berulang-ulang. Selain itu, Air Koryo juga hanya menampilkan video klip 'girlband' favorite Kim Jong Un, yaitu Moranbong.

Untuk makanannya, ternyata juga nggak begitu spesial. Bahkan, ada yang menilai kalau makanan yang disediakan oleh Air Koryo tidak bisa dimakan. Kelas ekonomi akan disediakan The Mystery Burger. Burger ini terkenal karena rasanya yang nggak jelas dan kurang layak dimakan. Padahal, aspek makanan salah satu yang terpenting dalam maskapai penerbangan.

Pesawat yang digunakan oleh Air Koryo adalah jenis Ilyushin II-62 P-885, versi dari II-62 yang aslinya dibuat pada tahun 1960-an. Pesawat lawas ini punya suara bising, fasilitas yang kurang baik dan peralatan yang belum modern. Karena kondisi inilah yang membuat Air Koryo menjadi maskapai terburuk di dunia.

Meskipun punya banyak kekurangan, ternyata 15 Armada komersil buatan Rusia yang ada di Air Koryo jarang mengalami kecelakaan sejak 2006 dan tak pernah mengalami kecalakaan fatal sejak 1983.

Beri Komentar