Misteri Kota Hantu Kuldhara yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 28 Agustus 2020 18:20
Misteri Kota Hantu Kuldhara yang Bikin Bulu Kuduk Merinding
Berani ke Kota ini?

Jika berbicara kota hantu, yang ada di bayangan kita adalah kota kosong yang menyimpan banyak misteri di dalamnya. Membayangkannya saja kita seperti enggan untuk ke tempat itu.

Namun, Kota Hantu kini justru menjadi tren baru karena membuat penasaran para traveler yang memang suka dengan hal-hal gaib dan menantang.

Jika di China ada Fengdu yang dijuluki Kota Hantu, di India ada juga lho, Kota Hantu yang menyimpan banyak misteri di dalamnya. Namanya adalah Kota Kuldhara. Seperti apa kota hantu ini? Apakah semengerikan julukannya? Yuk kita telusuri!

1 dari 2 halaman

Kota Kuldhara

Kuldhara © Diadona

Melansir dari unstumbled.com, Kota Kuldhara ini berada 17 km dari Distrik Jaisalmer, lebih tepatnya berada di daerah Rajasthan. Yang menjadikannya kota hantu adalah legenda yang menghiasinya.

Sekitar 200 tahun lalu, Kuldhara adalah rumah dari komunitas Brahmana Paliwal. Kota ini diisi oleh para keluarga dari status sosial yang tinggi. Kuldhara bahkan dijuluki sebagai kotanya orang-orang yang berada.

Nah, mengerikannya, pada suatu hari, semua warga di kota ini dikabarkan menghilang begitu saja. Sekitar ada 1.500 penduduk hilang dalam satu malam. Banyak versi yang menghiasi hilangnya penduduk kota ini. Ada yang bilang warga diungsikan karena akan terjadi perang di daerah tersebut. Namun, versi paling populernya adalah terperangkapnya jiwa orang-orang di Kuldhara.

2 dari 2 halaman

Kuldhara © Diadona

Adapun versi yang mengisahkan tentang menteri negara Jaisalmer, Salim Singh yang suka menindas. Suatu hari sang menteri yang terkena dzalim ini jatuh cinta pada seorang gadis dari Kuldhara. Melihat hal ini, seisi desa menjadi geram. Mereka hendak menolak pernikahan tersebut. Namun Singh mengancam penduduk, jika menolak lamarannya, kota ini akan dibuat tersiksa.

Warga desa memutuskan untuk meninggalkan rumah. Tungku perapian dibiarkan menyala, sehingga keadaan kota seakan baik-baik saja. Padahal seluruh warganya telah meninggalkan kota. Sebelum meninggalkan Kuldhara, warga kota telah meninggalkan kutukan untuk sang penguasa, sehingga tanah di desa ini menjadi tandus dan kering.

beberapa versi ini masih menjadi simpang siur. Hal ini menyebabkan bangunan-bangunan di Kuldhara tak lagi utuh. Seperti yang kita lihar, banyak reruntuhan yang menghiasi kota ini sekarang.

Cerita inilah yang membuat wisatawan merinding ketika menjejakkan kaki di kota Kuldhara. Kabarnya, wisatawan sering melihat bayangan, mendengar suara menakutkan, dan ada bekas tangan anak kecil.

Berani berwisata ke kota hantu ini?

Beri Komentar