Menjejakkan Kaki di Hashima Island, Pulau Berhantu yang Ada di Jepang!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 14 Agustus 2020 18:20
Menjejakkan Kaki di Hashima Island, Pulau Berhantu yang Ada di Jepang!
Berani mengunjunginya?

Jika berbicara tentang pulau berhantu, yang ada di pikiran kita adalah sebuah pulau menyeramkan yang bikin bulu kuduk berdiri.

Nah, salah satu pulau berhantu yang menjadi destinasi wisata adalah Pulau Hashima. Pulau ini adalah pulau yang sudah terbengkalai tanpa penghuni sama sekali. Seperti apa sih pulau Hashima ini?

1 dari 3 halaman

Pulau Hashima

Puau Hashima © Diadona

Hashima memiliki arti Pulau Kapal Perang. Merupakan salah satu dari 505 pulau yang tak berpenghuni di Prefektur Nagasaki. Tempat ini berada sekitar 15 kilometer dari kota Nagasaki.

Ternyata, pulau ini sempat berpenghuni antara tahun 1887 hingga 1974. Namun, pulau ini bukanlah pulau untuk tempat tinggal masyarakat. Melainkan sebuah pulau untuk tempat penambangan batu bara. Jumlah penduduk mulai membengkak pada tahun 1959 mencapai 835 orang per hektare.

Puau Hashima © Diadona

 

2 dari 3 halaman

Puau Hashima © Diadona

Sayangnya, ketika minyak bumi mulai menggantikan batu bara pada tahun 1960, tambang batu bara mulai ditutup. Tempat inipun resmi ditutup pada 1974. Kemudian penduduk mulai meninggalkan Pulau Hashima sampai pulau ini benar-benar kosong tak berpenghuni.

Tak lama setelah pulau ini kosong, tepatnya satu tahun kemudian, badai besar menerjang pulau ini dan merusak sebagian bangunan. Bangunanpun dibiarkan begitu saja sampai runtuh. Sehingga tempat ini menjadi penuh misteri.

 

3 dari 3 halaman

Pulau Hashima © Diadona

Akhirnya pada April 2009, pemerintah prefektur Nagasaki membangun dermaga kecil di sisi selatan pulau. Hal ini untuk memberi akses kepada wisatawan yang penasaran untuk melihat pulau bekas penambangan ini.

Di sini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan menyeramkan dari bangunan-bangunan tua yang telah runtuh bak kota mati. Tertarik untuk mengunjungi pulau tak berpenghuni ini?

Beri Komentar