Kota di Indonesia Ini Jadi Destinasi Wisata Ramah Disabilitas, Mana Saja?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 3 Desember 2021 11:20
Kota di Indonesia Ini Jadi Destinasi Wisata Ramah Disabilitas, Mana Saja?
Beberapa kota ini jadi destinasi wisata yang ramah untuk para wisatawan difabel.

Wisata menjadi salah satu aset negara yang perlu dipertahankan. Bahkan industri pariwisata juga jadi salah satu penunjang perekonomian suatu daerah.

Bagi para pekerja, tempat wisata juga menjadi hal yang penting sebagai pelepas penat setelah bekerja selama beberapa hari. Oleh karena itu, fasilitas tempat wisata juga perlu diperhatikan untuk kenyamanan para wisatawan.

Bahkan, tempat wisata kini juga harus memperhatikan para wisatawan penyandang disabilitas. Sejatinya, penyandang disabilitas juga memiliki hak untuk berwisata sama halnya seperti orang lain.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama Kementerian terkait menggagas destinasi wisata ramah disabilitas.

Ini merujuk pada destinasi wisata yang mempertimbangkan kebutuhan difabel dalam desain dan pembangunan fasilitasnya. Pembangunan fasilitas untuk para difabel ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan di destinasi wisata secara universal.

Hingga saat ini, sudah banyak destinasi wisata yang berhasil mewujudkan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan difabel. Destinasi wisata ini bahkan sudah tersebar di berbagai kota di tanah air. Ada banyak fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan teman difabel di tempat-tempat ini.

Melansir dari akun resmi Kemenparekraf, berikut adalah kota-kota di Indonesia yang jadi destinasi wisata ramah Difabel.

1 dari 5 halaman

1. Jakarta

Monas © Diadona

Konsep dari Jakarta Smart City ini turut mengubah wajah ibu kota jadi salah satu kota ramah difabel. Tak hanya transportasi umumnya, Jakarta juga punya ragam destinasi wisata ramah difabel.

Salah satu destinasi wisata yang ramah difabel di Jakarta adalah Monumen Nasional (Monas). Fasilitas difabel di tempat ini bisa kita lihat di dekat pintu masuk utama yang terdapat kursi roda dalam keadaan baik yang bisa digunakan teman difabel.

Monas juga menyiapkan ramp untuk menuju toilet khusus difabel. Selain itu, ada juga lift khusus bagi pengguna kursi roda untuk menjangkau lantai paling atas. Ada petugas yang siap membantu para pengguna kursi roda di beberapa titik.

Destinasi wisata ramah difabel lainnya adalah Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal menjadi salah satu tujuan wisata religi yang ada di Jakarta. Masjid ini bahkan makin berbenah ke arah ramah difabel. Salah satunya adalah dengan menyediakan lift khusus untuk memudahkan perpindahan para difabel.

2 dari 5 halaman

2. Bandung

Fairy Garden Bandung © Diadona

Bandung baru saja meluncurkan bus ramah difabel pada 2019 lalu. Hal ini tentu memberikan sinyal jika Bandung siap berbenah untuk menjadi kota ramah difabel. Tak hanya fasilitas publik, Bandung juga memiliki ragam destinasi wisata yang juga ramah untuk penyandang disabilitas.

Beberapa destinasi tersebut antara lain Taman Inklusi, Babakan Siliwangi, dan Fairy Garden. Melansir dari kemenparekraf.go.id, daya tarik wisata ini telah memenuhi syarat untuk disebut sebagai destinasi wisata ramah difabel.

Salah satunya Fairy Garden. Taman edukasi yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini menyediakan berbagai fasilitas ramah difabel seperti toilet khusus, ramp, hingga gerbang masuk khusus para difabel.

3 dari 5 halaman

3. Yogyakarta

Pantai Sili © Diadona

Yogyakarta juga disebut sebagai kota paling inklusif di Indonesia. Salah satunya karena berhasil jadi kota ramah difabel, terutama dalam penyediaan fasilitas di tempat-tempat umum dan juga destinasi wisata.

Destinasi wisata ramah difabel yang ada di Yogyakarta ini antara lain Benteng Vredeburg, Malioboro, Gembira Loka, Keraton, Pantai Sili Gunung Kidul, Taman Pelangi Monjali, dan juga Taman Pintar.

Benten Vredeburg disebut sebagai destinasi wisata ramah difabel karena penyediaan fasilitas yang komplit. Tak hanya kursi roda dan jalur khusus kursi roda, area ini juga punya guilding block untuk memandu teman tunanetra.

Selain itu, Taman Pintar juga terdapat ramp dan toilet ramah difabel sebagai wujud dukungan terhadap teman difabel. Bahkan, Taman Pintar juga menggratiskan tiket masuk bagi pelajar difabel, loh.

4 dari 5 halaman

4. Malang

Batu Secret Zoo © Diadona

Malang jadi salah satu kota dengan fasilitas pelayanan publiknya yang ramah difabel. Selain beberapa pelayanan publiknya yang ramah difabel, beberapa lokasi wisata juga ramah untuk teman disabilitas, loh.

Beberapa tempat yang ramah disabilitas antara lain Taman Wisata Pinus Bendosari, Batu Secret Zoo Jatim Park 2, Batu Night Spectacular, serta Museum Angkut.

Beberapa jalan di Museum Angkut didesain mudah dilalui pengguna kursi roda. Tak hanya itu, Museum Angkut juga punya lift dan toilet khusus difabel.

Jatim Park 2 juga berupaya menyediakan fasilitas ramah difabel dengan menyediakan kursi roda yang bisa dipinjam gratis oleh pengunjung yang membutuhkan.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar