14 Basic Skincare untuk Remaja Pemula dengan Kulit Berjerawat

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 10 Maret 2023 12:30
14 Basic Skincare untuk Remaja Pemula dengan Kulit Berjerawat
Kulit remaja membutuhkan perawatan ekstra untuk merawat kulitnya

Basic skincare untuk remaja memiliki banyak manfaat  untuk melindungi kulit mereka. Kulit remaja akan mengalami perubahan saat masa pubertas. Berbagai hormon dan kondisi tubuh akan mempengaruhi perubahan karakteristik kulit seorang remaja. Seperti yang dulunya saat masih anak-anak kulit mereka masih mulus dan belum mengalami banyak permasalahan kulit. Saat remaja kulit mereka akan mengalami perubahan seperti munculnya jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan banyak lagi permasalahan lainnya. 

Mengenalkan produk skincare pada anak remaja akan mempermudahkan mereka mendapatkan akses untuk merawat kulit mereka. Remaja ini akan mendapatkan banyak manfaat untuk menjaga kulit mereka dari pelbagai permasalahan kulit. Namun, sebelum memberikan rekomendasi basic skincare untuk remaja, ada baiknya untuk mengetahui jenis kulitnya terlebih dahulu serta urutan untuk menggunakan basic skincare secara baik dan benar.

1 dari 4 halaman

Urutan Basic Skincare untuk Remaja Berjerawat

Basic skincare untuk remaja nggak bisa sembarangan. Pasalnya, berapa permasalahan kulit bisa saja muncul karena basic skincare yang salah atau kurang. Nah, ini beberapa urutan basic skincare untuk remaja yang benar!

Micellar Water

Basic Skincare untuk Remaja - Micellar Water © Diadona

Micellar water adalah basic skincare yang bermanfaat untuk membersikan residu debu dan makeup. Micellar water ini adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang umumnya terkandung gliserin dan molekul (SLS).

Face Wash

Basic Skincare untuk Remaja - Face Wash © Diadona

Urutan basic skincare yang kedua adalah face wash.  Setelah membersihkan kulit wajah dari residu kotoran dan makeup, kamu memerlukan untuk mencuci wajah kamu dengan face wash.  Teknik ini dinamakan double cleansing. Gunanya untuk membuat wajah lebih bersih sebelum ditimpa dengan produk selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Toner

Basic Skincare untuk Remaja - Toner © Diadona

Toner ini bisa dianggap sebagai langkah skincare tambahan yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Toner sendiri memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan pH kulit setelah melakukan double cleansing. Sehingga produk selanjutnya bisa menyerap ke kulit lebih efektif.

Sunscreen

Basic Skincare untuk Remaja - Sunscreen © Diadona

Sunscreen sangat diperlukan untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari. Kulit yang nggak terlindung dari sinar matahari akan terpapar sinar UVA/UVB. Itu akan membuat kulit menjadi kering dan tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, kulit kamu akan mengalami iritasi dan muncul jerawat.

Pelembap

Basic Skincare untuk Remaja - Pelembab © Diadona

Urutan basic skincare remaja paling akhir adalah pelembab. Pelembab berfungsi untuk mengunci segala rangkaian skincare yang sudah kamu gunakan. Selain itu, fungsinya juga untuk menjaga kadar kelembapan kulit kita agar tidak terlalu kering atau terlalu berminyak. Pasalnya, jika kekurangan kadar kelembapan yang seimbang akan muncul permasalahan-permasalahan kulit yang tentunya nggak mau kamu alami kan, ya.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Basic Skincare untuk Remaja

Dalam mencari basic skincare untuk kulit remaja ada baiknya memilih kandungan yang non-comedogenic, cruelty free, paraben free, dan alcohol free. Kandungan-kandungan tersebut memiliki kecenderungan untuk bisa membuat kulit remaja rentan mengalami iritasi. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi basic skincare untuk remaja!

The Originote Cicamide Facial Cleanser

Basic Skincare untuk Remaja - The Originote Cicamide Facial Cleanser © Diadona

Brand satu ini lagi naik daun karena produk-produknya memiliki kandungan yang sangat bagus, lho. Selain itu, brand ini memiliki harga yang dibandrol sangat murah. 

The Originote Cicamide Facial Cleanser contohnya, adalah salah satu dari sekian produk yang memiliki kandungan bagus untuk kulit. Pembersih wajah ini bertekstur gel lembut yang cocok untuk semua jenis kulit. Kamu juga nggak perlu khawatir karena pembersih wajah ini mampu menjaga dan memperbaiki skin barrier serta mencerahkan kulit. 

The Originote Cicamide Facial Cleanser ini dibandrol dengan harga Rp36.000. Isi produknya pun lumayan banyak sekitar 70gr.

Emina Bright Stuff Face Wash

Basic Skincare untuk Remaja - Emina Bright Stuff Face Wash © Diadona

Kalau ngomongin skincare remaja emang kurang pas kalau nggak menyebutkan brand Emina. Brand satu ini emang ramah di kantong. Selain ramah di kantong, produk yang dikeluarkannya juga nggak kaleng-kaleh sih kandungannya. 

Pembersih wajah Emina Bright Stuff Face Wash ini salah satu contohnya. Dia memiliki tekstur cream lembut yang mampu membersihkan wajahmu dari sisa-sisa kotoran secara maksimal. Selain itu, produk ini itu tidak mengandung paraben, alcohol ataupun bahan-bahan yang membahayakan kulit. Kamu pun juga sudah bisa mendapatkan pembersih wajah ini seharga Rp18.000.

Hatomugi Skin Conditioner

Basic Skincare untuk Remaja - Hatomugi Skin Conditioner © Diadona

Setelah melakukan double cleansing, ada baiknya melengkapi rangkaian skincare dengan toner untuk membantu mengembalikan pH kulit. Toner ini cocok untuk digunakan ke kulit remaja karena kandungannya yang bagus dan juga mampu menjaga kelembapan kulit seharian secara maksimal.

Isinya yang 500ml membuat produk ini akan tahan lama untuk digunakan. Sehingga kamu nggak perlu khawatir kalau produk ini akan cepat habis. Selain itu harganya dibandrol Rp80.000-an.

4 dari 4 halaman

Pratista Hyalu Hydrating Toner

Basic Skincare untuk Remaja - Pratista Hyalu Hydrating Toner © Diadona

Hydrating toner kedua ada dari brand Pratista. Toner ini mengandung hylauronic acid yang berfungsi untuk melembabkan kulit dan mengembalikan pH kulit. Toner ini cocok untuk digunakan semua jenis kulit remaja karena kandungannya yang aman. 

Selain itu, Hyalu Hydrating Toner ini mengklaim bahwasannya mampu menghidrasi kulit, melembutkan dan menghaluskan wajah. Harga yang dibandrol juga sekitar Rp 78.000-an.

Implora Perfect Shield Sunscreen Spf40 PA++++

Basic Skincare untuk Remaja - Implora Perfect Shield Sunscreen Spf40 PA++++ © Diadona

Remaja memang identik dengan aktivitas di luar rungan sehingga mudah terpapar sinar matahari secara langsung. Agar terlindungi dari efek sinar matahari, ada baiknya untuk menggunakan suncreen setiap hari. Implora Perfect Shield Sunscreen Spf40 PA++++ mampu melindungi kulit remaja seharian.

Sunscreen dengan harga  Rp26.500 ini dirancang memiliki tekstur cream gel yang mudah menyerap ke dalam kulit. Sunscreen ini juga nggak akan menimbulkan minyak di wajah yang bikin wajah jadi kusam. 

AZARINE Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45+++

Basic Skincare untuk Remaja - AZARINE Hydrasoothe Sunscreen Gel © Diadona

Pastinya sudah nggak asing lagi sama sunscreen yang sempat viral beberapa tahun belakangan ini kan? Sunscreen dalam bentuk gel ini cepat meresap ke dalam kulit dan tidak membuat kulit jadi terlihat kusam. Cocok banget untuk remaja yang butuh proteksi lebih.

Produk ini dibandrol dengan harga Rp50.000-an. Selain murah, produk ini juga worth to buy sih!

The Originote Hyalucera Moisturizer

Basic Skincare untuk Remaja - The Originote Hyalucera Moisturizer © Diadona

Nah, di step paling akhir kamu wajib menggunakan moisturizer untuk mengunci semua rangkaian skincare yang kamu gunakan. Selain untuk menjaga kelembapan, moisturizer akan menjaga kulit kamu semalaman. 

Pemilihan moisturizer untuk kulit remaja bisa pakai The Originote Hyalucera Moisturizer. Kandungannya bagus dan bisa membuat kulit kamu lembap. Harganya juga murah dan cepat meresap lho di kulit. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp37.000 saja.

Itu dia basic skincare yang bisa kamu gunakan ya, Diazens. Mulai dari urutan menggunakan basic skincare untuk remaja yang benar hingga beberapa rekomendasi basic skincare yang murah dan ramah di kantong remaja. 

Beri Komentar