Sejuk dan Segarnya 7 Wisata Hutan Pinus di Indonesia Ini

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 15 November 2021 18:00
Sejuk dan Segarnya 7 Wisata Hutan Pinus di Indonesia Ini
Hutan Pinus bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang asyik untuk dikunjungi ~

Kalau kamu sering pergi ke daerah yang letaknya di dataran tinggi pasti kalian sering nemuin pohon pinus. Pohon pinus sering kali ditemukan di daerah pegunungan, pohonnya yang lurus menjulang tinggi dengan daun yang runcing sangat mudah untuk dikenali oleh banyak orang. Selain itu bunganya yang unik sering dijadikan bahan untuk dekorasi. 

Di Indonesia, hutan pinus cukup banyak. Bahkan hutan pinus pun juga sering dijadikan spot foto sambil menikmati sejuk dan segarnya udara di sekitar. Penasaran tidak ada di mana saja hutan pinus di Indonesia ini? Mari kita simak artikel ini, ya.

1 dari 7 halaman

Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor

Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor © Diadona

Wisata hutan pinus pertama bisa kamu temui di Gunung Pancar, Bogor. Letaknya ini berada di 800 mdpl yang dilengkapi dengan pemandangan deretan pohon cantik. Lokasi ini sangat cocok untuk digunakan untuk berfoto. Hutan pinus di Bogor ini juga sering digunakan untuk outbound seperti paintball dan flying fox.

2 dari 7 halaman

Orchid Forest Cikole, Lembang

Orchid Forest Cikole, Lembang © Diadona

Dekat dengan Tangkuban Perahu, hutan pinus satu ini merupakan tempat wisata yang ternyata ramah untuk anak-anak maupun orang tua. Hal ini dikarenakan jalan setapaknya sudah berupa paving block dan bukan jalan tanah bebatuan. Hutan pinus di Lembang ini juga memiliki wahana flying fox. Kamu perlu menaiki jembatan gantung setinggi 20 meter untuk meraihnya. Selain itu, kamu nggak perlu merogoh kocek yang mahal, karena dengan harga Rp 15.000 kamu sudah bisa menikmatinya. 

3 dari 7 halaman

Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta © Diadona

Kalau kalian ke Yogyakarta pasti tahu lah hutan pinus Mangunan satu ini. Hutan ini menawarkan barisan hutan pinus dengan kursi yang terbuat dari kayu pohon pinus. Selain itu di sini juga ada fasilitas hammock yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil tiduran. 

4 dari 7 halaman

Hutan Pinus Malino, Gowa

Hutan Pinus Malino, Gowa © Diadona

Hutan Pinus lainnya terletak di Kabupaten Gowa memiliki banyak spot foto yang salah satunya adalah payung warna-warni yang digantung di antara pohon-pohon. Untuk masuk ke area ini sendiri kamu perlu menyiapkan dana Rp 10.000 saja. Di sini juga tidak lepas dengan wahana seperti flying fox. Ditambah kamu juga bisa berkuda di kawasan wisata hutan pinus di Indonesia.

5 dari 7 halaman

Hutan Pinus Kayon, Semarang

Hutan pinus Kayon di Semarang bisa memberikan kesejukan yang tidak bisa diberikan di tempat lain. Hutan Pinus Kayon sendiri berada di sebelah utara Gunung Merbabu dan menjadi salah satu tempat untuk berburu foto. Spot unik yang paling sering dikunjungi adalah batang pinus melingkar yang terlihat mirip seperti tempat duduk.

6 dari 7 halaman

Hutan Pinus Kragilan, Magelang

Hutan Pinus Kragilan, Magelang © Diadona

Hutan Pinus Kragilan juga menjadi tempat wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi. Letaknya sekitar 25 km dari kota. Tidak akan kehabisan spot foto karena hutan pinus Kragilan punya spot-spot foto yang unik yang batangnya berlekuk menyerupai tempat duduk dan rumah pohon. Selain itu pemandangan Gunung Merapi akan menghiasi pandanganmu dan juga wahana sepeda gantung.

7 dari 7 halaman

Hutan Pinus Nongko Ijo, Madiun

Hutan pinus Nongko Ijo letaknya di Madiun, Jawa Timur. Tepatnya berada di Lereng Gunung Wilis. Kawasan hutan pinus ini dahulu adalah tempat yang terkenal dengan ‘Nongko Ijo’ karena terdapat pohon nangka hijau yang sangat besar tumbuh di sekitar sini. Di sini kamu juga bisa memetik tumbuhan bernama ‘kakao’.

Itulah beberapa Hutan Pinus di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Selain sejuk dan segar, kamu juga bisa menikmati wisata alam sambil rehat sejenak dari hiruk-pikuk padatnya perkotaan. 

Beri Komentar