Unik, Pulau Kecil di Papua Barat Ini Hanya Dihuni Oleh Kelelawar

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 2 Desember 2021 14:12
Unik, Pulau Kecil di Papua Barat Ini Hanya Dihuni Oleh Kelelawar
Bahkan, kelelawar di pulau ini sering terlihat terbang saat siang hari.

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan. Terdiri dari sekitar 17 ribu pulau, Indonesia memang memiliki berbagai wisata alam yang tak dimiliki negara lain.

Adapun beberapa pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi jujukan wisata. Salah satunya adalah pulau Um. Bukan dihuni oleh manusia, Pulau Um ini justru dihuni oleh ribuan kelelawar. Seperti apa keunikan pulau ini? Yuk kita intip!

1 dari 4 halaman

Pulau Um

Pulau UmPulau Um © instagram.com/visitkabsor

Pulau Um masuk dalam kawasan Sorong, Papua Barat. Dalam bahasa Sorong, Um berarti kelelawar. Ya, sesuai dengan namanya, pulau ini memang pulau yang dihuni oleh ribuan kelelawar.

Melansir dari Pedoman Wisata, Pulau Um bukan hanya menjadi habitat bagi burung kelelawar saja, melainkan juga menjadi habitat bagi burung camar. Uniknya, melansir dari berbagai sumber, kelelawar di pulau ini mencari makanan di siang hari, sementara burung camar terbang keluar pada malam hari, justru kebalikan dari apa yang kita kenal pada umumnya.

2 dari 4 halaman

Aktivitas di Pulau Um

Pulau UmPulau Um © instagram.com/andriees

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pulau ini. Mulai dari atas hingga bawah laut, pulau Um memiliki keindahan yang bisa bikin wisatawan takjub dibuatnya.

Jika sedang beruntung saat kamu menyelam di bawah laut, kamu akan bertemu dengan seekor dugong yang ikut berenang di sana. Tak hanya biota laut, kamu juga bisa menemukan beberapa sisa-sisa rongsokan Perang Dunia II.

Pulau ini terbilang sangat kecil. Hanya butuh sekitar 15 menit untuk berjalan di sepanjang pantai yang mengelilingi Pulau Um.

3 dari 4 halaman

Penginapan di Sekitar Pulau Um

Pulau UmPulau Um © instagram.com/the_potret_malamoi

Meskipun pulau Um menjadi pulau yang tak berpenghuni, namun kamu tetap bisa mendapat penginapan di sekitar Kota Sorong. Beberapa penginapan yang ada di sekitar Pulau Um adalah:

Swiss-Belhotel Sorong
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Malawei, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat.

Royal Mamberamo Hotel
Alamat: Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 35, Kp. Baru, Kecamatan sorong, Kota Sorong.

Belagri Hotel
Alamt: Jl. Gunung Merapi Sorong Papua Barat.

Waigo Hotel
Alamat: JL. Yos Sudarso, Pantai Lido, Kp. Baru, Kecamatan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat.

Je Meriden Hotel
Alamat: Jl. Jendral Basuki Rachmad Km. 7.5, Malaingkedi, Kecamatan Sorong, Kota Sorong.

4 dari 4 halaman

Rute Menuju Pulau Um

Pulau UmPulau Um © instagram.com/cerita_papua

Kota yang paling dekat untuk bisa mencapai Pulau Um adalah Kota Sorong. Kamu bisa naik angkutan umum atau bemo untuk bisa mencapai Desa Malaumkarta di Makbon. Jaraknya cukup jauh, sekitar 40 km dengan menempuh 2-3 jam perjalanan.

Yang perlu diperhatikan, pastikan kamu memesan angkot untuk perjalanan pulang ke Sorong jika tak berencana menginap.

Dari Makbon, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu panjang dengan harga sekitar Rp300 ribuan untuk menyeberang ke pulau Um. Dari perahu, kamu bisa menyaksikan pemandangan Pulau Um yang ditutupi pepohonan indah. Waktu yang ditempuh hanya sekitar 15 menit saja.

Gimana? tertarik untuk berkunjung ke tempat ini?

Beri Komentar