Sering Dianggap Sepele, 4 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Bibirmu Menghitam lho!

Reporter : Mila
Rabu, 1 Maret 2023 15:25
Sering Dianggap Sepele, 4 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Bibirmu Menghitam lho!
Jangan sering dilakukan ya!

Siapa, sih, yang tidak mau punya bibir merah merona alami? Sayangnya, banyak juga yang tidak sadar, bahwa kebiasaan sepele sekali pun, bisa membuat warna merah alami pada bibir menghilang. Akibatnya, bibir jadi lebih hitam dan terlihat tidak sehat.

Apa saja kebiasaan buruk tersebut? Simak selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

Merokok

Merokok adalah kebiasaan pertama yang sering membuat bibirmu menghitam. Melansir doctor.ndtv.com, menurut dokter kulit dr. Jaishree Sharad, rokok memiliki kandungan yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada bibirmu. Alhasil, tampilan bibirmu lebih gelap atau menghitam.

Ilustrasi Merokok © Diadona

2 dari 5 halaman

Jarang Minum Air Putih

Jarang minum air putih akan membuat kita dehidrasi atau kekurangan cairan. Kebiasaan buruk ini, ternyata juga menjadi penyebab bibir yang menghitam.

Menurut Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Kedokteran Nasional AS yang dikutip dari mayoclinic.org, asupan cairan harian antara perempuan dan laki-laki berbeda.

Perempuan dianjurkan minum 2,7 liter air putih atau 11,5 gelas per hari. Sedangkan, laki-laki harus minum air putih sebanyak 3,7 liter atau 15,5 gelas per hari.

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

3 dari 5 halaman

Terlalu Banyak Kafein

Melansir healthline.com, mengkonsumsi kafein terlalu banyak bisa menjadi penyebab bibir hitam. Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi teh, kopi atau makanan lain yang mengandung kafein.

Agar tidak berlebihan, kamu bisa membatasinya dengan mengkonsumsi 1-2 cangkir teh atau kopi setiap harinya.

Ilustrasi Kopi © Diadona

4 dari 5 halaman

Jangan Menjilat Bibir

Ternyata, kebiasaan sepele ini juga menjadi penyebab bibir lebih terlihat gelap. Menurut dr. Jaishree Sharad, alih-alih menjadi lembab, bibir yang sering dijilat akan mudah menghitam.

Daripada terus melembabkan bibir dengan lidahmu sendiri, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan pelembab seperti lip balm.

Ilustrasi Lip Care © Diadona

Beri Komentar