4 Museum Wayang Kulit di Indonesia, Miliki Ribuan Koleksi dari Berbagai Penjuru Dunia

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 17 November 2021 13:40
4 Museum Wayang Kulit di Indonesia, Miliki Ribuan Koleksi dari Berbagai Penjuru Dunia
Wayang Kulit merupakan peninggalan budaya Indonesia yang sudah lama keberadaannya

Kasus Adidas yang salah menyebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia cukup mendapatkan kecaman dari warganet Indonesia. Netizen Indonesia langsung menyerbu akun Instagram Adidas. Semua ini berkaitan dengan peluncuran sepatu Adidas yang terbaru. Mereka menggunakan desain Wayang Kulit dan beberapa konsep lainnya yang berasal dari Asia Tenggara. 

Kasus seperti ini memang sering terjadi, budaya Indonesia memang cukup banyak dan tak pernah ada habisnya untuk diperbincangkan. Wayang kulit juga telah menjadi salah satu budaya di Indonesia yang sudah cukup lama keberadaanya. Maka, nggak salah kalau Wayang Kulit memiliki banyak museum yang menyimpan berbagai macam jenis Wayang Kulit. 

Ini beberapa museum Wayang Kulit yang bisa kamu kunjungi untuk lebih mengenal lagi sejarah di Indonesia, ya!

 

1 dari 4 halaman

Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma, Bali

Museum Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma merupakan museum Wayang Kulit yang ada di Bali. Museum ini memiliki karakteristik rumah joglo yang memiliki berbagai bentuk ornamen khas Bali. Dengan adanya itu, maka membuat museum ini kental dengan unsur budayanya. 

Di sisi lain, museum Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma memiliki 1.300 topeng dan 5.700 wayang. Museum ini juga sudah berdiri sejak tahun 1998. Banyak koleksi wayang yang hanya tidak berasal dari Indonesia saja, ada juga yang berasal dari Malaysia, Jepang, India, dan masih banyak lagi. Letak museum ini berada di Jalan Tegal Bingin, Gianyar, Bali.

2 dari 4 halaman

Museum Wayang Indonesia, Wonogiri

Museum Wayang Indonesia yang lainnya ada di Wonogiri, Jawa Tengah. Museum ini telah resmi beroperasi sejak tahun 2004. Museum Wayang Kulit di Wonogiri ini telah menyimpan sekitar 400 wayang dan mungkin sudah bertambah saat ini. Koleksi wayang di museum ini terdiri dari Wayang Kulit Purwa, Wayang Beber, Wayang Golek, Wayang Bali, Wayang Klithik, Wayang Suket, Wayang Kumpeni, Wayang Topeng, dan Wayang Wahyu.

3 dari 4 halaman

Museum Gubug Wayang, Mojokerto

Di Mojokerto, Jawa Timur ada Museum Gubug Wayang yang sudah berdiri sejak 2015. Di sana ada berbagai jenis wayang yang bisa kamu temukan di sini seperti wayang kulit, wayang golek, atau wayang potehi. 

Uniknya, di Museum Gubug Wayang kamu bisa menemukan karakter wayang yang dibuat dalam bentuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Lady Diana, Mahatma Gandhi sampai dengan Joko Widodo. Kalau tertarik kamu bisa datang ke museum ini yang letaknya di Jalan R.A Kartini no 23, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

4 dari 4 halaman

Museum Wayang, Jakarta

Museum Wayang yang berada di Jakarta sudah berdiri sejak tahun 1975. Museum ini memiliki koleksi yang cukup lengkap dari jenis hingga daerahnya. Koleksi wayang di museum ini terdapat 5000 buah yang terdiri dari Wayang Kulit, Wayang Golek, topeng, wayang kaca, wayang seng, lukisan dan boneka-boneka dari mancanegara seperti seperti India, Cina, Belanda Malaysia, Thailand, Suriname, Vietnam, dan Kamboja.

Beri Komentar