Dampak Pandemi, Resor Ini Ubah Kolam Renang Jadi Tambak Ikan!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 7 September 2020 19:20
Dampak Pandemi, Resor Ini Ubah Kolam Renang Jadi Tambak Ikan!
Ini dilakukan pihak Aveda Resort and Spa untuk bisa menutup biaya perawatan Resort.

Pandemi virus corona memang banyak memberikan dampak ke berbagai sektor. Salah satunya adalah di sektor pariwisata.

Dengan terpengaruhnya sektor pariwisata ini membuat beberapa tempat wisata harus menutup wisatanya karena tidak ada pengunjung. Salah satu yang juga terdampak adalah hotel. Dengan sepinya pariwisata, hotel juga terdampak karena tidak adanya wisatawan yang berwisata dan menginap di tempatnya.

Nah, salah satu hal yang cukup unik dilakukan oleh resor di India. Agar tetap menghasilkan di tengah pandemi, pihak resor mengubah kolam renang menjadi tambak ikan.

1 dari 2 halaman

Ubah Kolam Renang Jadi Tambak Ikan

Aveda Resort and Spa © Diadona

Aveda Resort and Spa di Kumarakom, India, adalah salah satu tempat yang terdampak virus Corona. Mereka terpaksa menghentikan operasi resor mewah sejak bulan Maret lalu. Hal ini merupakan dampak dari pembatasan wilayah yang terjadi di di sebagian negara.

Untuk tetap bisa bertahan dan bisa membiayai listrik, air, dan karyawannya, Aveda Resort and Spa terpaksa menyulap kolam renang mereka menjadi sebuah tambak untuk budidaya ikan.

Melansir dari The National, Kolam renang ini mampu menampung 7,5 juta liter air dan telah dipenuhi oleh ikan-ikan.

Mereka memilih ikan bintik mutiara untuk dibudidayakan. Ada sekitar 16 ribu ikan bintik mutiara yang dilepaskan di sini.

Jyotish Surendran, selaku manajer umum Aveda ini berencana akan memanen ikan-ikan tersebut pada November nanti.

" Kami berencana memanen ikan-ikan tersebut pada bulan November mendatang dan akan mengekspornya ke Timur Tengah," ungkap Surendran.

Surendran sudah memperkirakan jika Aveda Resort and Spa akan bisa memanen sekitar 4 juta ton ikan bintik mutiara. Nantinya ikan-ikan ini akan dijual seharga 40 USD atau sekitar Rp 560 juta.

Mulai budidaya sejak 1 Juni lalu, harga tersebut ternyata masih belum cukup untuk menutupi kerugian akibat pandemi. Namun setidaknya akan bisa membantu membayar tagihan pemeliharaan resor.

2 dari 2 halaman

Ikan Bintik Mutiara ini menjadi pilihan yang cocok karena salah satu ikan endemik di kawasan Kumarakom. Pihak hotel kini telah fokus untuk melakukan budidaya ikan ini.

Staf hotel bahkan belum ada niatan untuk melepaskan pekerjaan ini meskipun nanti pariwisata akan kembali normal. Bahkan, pihak manajemen Avada Resort and Spa bakal melanjutkan budidaya ikan ke beberapa lokasi lain di dekatnya.

Beri Komentar