7 Topik Pembicaraan saat Buka Bersama yang Menyenangkan, Biar Nggak Melulu Ngomongin Pencapaian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 30 Maret 2024 20:36
7 Topik Pembicaraan saat Buka Bersama yang Menyenangkan, Biar Nggak Melulu Ngomongin Pencapaian
Sata buka bersama, hindari topik pembicaraan yang membuat tidak nyaman. Sebaliknya, kamu bisa menceritakan tentang pengalaman seru, rekomendasi takjil, dan lainnya.

Saat ramadan tiba, dan jadwal undangan buka bersama sudah bermunculan. Pasti terkadang maju mundur mau hadir karena sibuk atau karena takut terjebak topik pembicaraan yang tidak diinginkan? 

Jangan hanya membahas topik pembicaraan buka bersama seputar pekerjaan aja. Meskipun yaa biasanya sih bukber tuh acara kumpul yang jadi ajang pamer, namun kamu bisa ngobrolin hal lain yang menyenangkan buat semua orang. Jangan sampai topik obrolan yang tidak mengenakkan bikin mereka menolak ajak buka bersama tahun depan.

Apa aja kira-kira topik pembicaraan saat buka bersama selain ngomongin pekerjaan dan pencapaian?

 

1 dari 7 halaman

Topik Pembicaraan Buka Bersama © Diadona© 2024 shutterstock.com/dotshock

Bahas Kenangan Lama Kalian

Ini bisa menjadi topik yang aman dan nostalgia banget. Karena kita mengingat-ngingat kembali kenangan masa lalu kita bersama mereka, entah teman, saudara, ataupun keluarga.

Kenangan yang manis ataupun pahit pastinya membawa kembali suasana hangat saat dibicarakan, seakan-akan kita berjalan kembali di kenangan itu. Apalagi kalau membahas kenangan-kenangan yang lucu, pastinya suasana buka bersama akan menjadi menyenangkan dan nyaman.

Tawa yang terdengar akan membangkitkan kembali semangat dan tentunya mempererat tali silaturahmi diantara kalian! Eits, hindari topik-topik kenangan yang sensitif dan menyinggung yaa!

Trend Terkini

Cari topik yang update dan trend terkini bisa menjadi topik pembicaraan buka bersama yang tidak akan ada habisnya. Misalnya nih tentang lucunya trend tikTok yang saat ini sedang terjadi, trend baju lebaran, dan lainnya. Hindari juga membahas tentang pemilu ya mengingat hal tersebut mungkin kurang nyaman buat semua orang.

Tak jarang juga trend terkini mengundang tawa dan diskusi diantara kalian. Perluas topik obrolan jangan hanya trend terkini yang ada di sosial media saja, tapi juga pada berita-berita terkini, serta topik seputar fashion, film, ataupun musik yang sedang ramai diperbincangkan. 

2 dari 7 halaman

Topik Pembicaraan Buka Bersama © Diadona© 2024 shutterstock.com/Gatot Adri

Rekomendasi Tempat Berburu Takjil

Nah tentunya ini akan menjadi topik obrolan saat buka bersama yang sangat diminati dan disukai. Kalian bisa bertukar informasi seputar tempat rekomendasi untuk berburu takjil.

Kalian bisa rekomendasikan tempat-tempat viral yang pernah kalian temui dan kunjungi, tempat-tempat yang memiliki takjil yang murah nan lezat, atau bahkan tempat berburu takjil gratis. Topik pembicaraan saat bukber tidak melulu harus hal yang serius kok!

3 dari 7 halaman

Topik Pembicaraan Buka Bersama © Diadona© 2024 shutterstock.com

Tanyakan Kabar dan Life Update

Meskipun sebenarnya nanya kabar itu basa basi yang udah basi banget. Atau terkesan sekedar formalitas aja, tapi topik ini bisa kamu pakai untuk mengawali pembicaraan kalian saat buka bersama.

Namun pastikan untuk menanyakan hal-hal yang menyenangkan ya, misalnya kabar terbaru mereka dan lainnya. Hindari pertanyaan yang membuat kurang nyaman seperti kapan mereka akan menikah, kok nggak segera punya anak, gimana progres skripsi mereka dan lainnya.

4 dari 7 halaman

Topik Pembicaraan Buka Bersama © Diadona© 2024 shutterstock.com/dotshock

Pengalaman Ramadan Tahun Ini

Kamu bisa memulai pembicaraan dengan membagikan pengalaman di ramadhan tahun ini. Misal kegiatan apa yang kamu lakukan selama bulan ramadan ini, lalu lika liku apa yang kamu hadapi.

Bagikan pengalaman menarikmu seperti momen lucu saat berburu takjil, saat sahur, tarawih bersama atau tips berolahraga saat sedang berpuasa.

Jangan lupa tanyakan pengalaman orang lain juga bagaimana pengalaman mereka selama ramadan tahun ini. Salinglah berbagi saran agar puasa dan segala kegiatan kalian di bulan ramadan ini bisa berjalan dengan mudah dan penuh keberkahan!

Rencana Perjalanan Mudik 

Diskusikan dan ceritakan tentang rencana mudik kamu, seperti tujuan mudik, tradisi mudik yang ada di keluarga, atau persiapan apa yang harus dan akan kamu lakukan. Kalau bisa, bagikan juga tips mudik kepada teman-temanmu.

5 dari 7 halaman

Topik Pembicaraan Buka Bersama © Diadona© 2024 shutterstock.com/Queenmoonlite Studio

Event-Event yang Akan Mendatang

Event-event yang akan mendatang bisa menjadi topik pembicaraan yang menarik saat nanti kamu kumpul bersama untuk buka bersama. Misalnya kalian membahas tentang festival musik yang akan diadakan dan siapa saja guest star yang hadir. 

Atau untuk kalian yang suka fashion item stuff, kalian bisa membicarakan event beauty festival yang akan digelar beberapa waktu mendatang. Topik ini bisa kamu sesuaikan dengan hobi dan minat kalian. 

6 dari 7 halaman

Topik Pembicaraan Buka Bersama © Diadona© 2024 shutterstock.com

Walaupun kamu mencetuskan topik pembicaraan saat buka bersama, pastikan semua orang ikut serta dalam obrolan. Jangan sampai kamu mendominasi obrolan.

Ingat, topik pembicaraan buka bersama yang Diadona share barusan merupakan ide untuk menghindari topik-topik yang menyenangkan, bukan biar kamu menjadi dominan.

berikan kesempatan semua orang untuk berbicara dan berbagi ceritanya yaa, dan tunjukkan antusiasmemu saat mendengarkan cerita orang lain! Mari kita saling menghargai satu sama lain!

Penulis : Fuzta Azma Ummi Izzah

7 dari 7 halaman

Beri Komentar