15 Ide Isi Hampers Lebaran Sembako, Murah dan Bermanfaat

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 Maret 2024 20:54
15 Ide Isi Hampers Lebaran Sembako, Murah dan Bermanfaat
Hampers lebaran sii sembako bakalan berguna buat penerimanya juga memiliki rentang harga yang bisa kamu sesuaikan dengan budget. Selain itu juga kamu bisa kamu bikin sendiri di rumah!

Perayaan Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para umat muslim. Orang-orang akan saling memberikan hampers lebaran dengan beraneka macam ragam isi, salah satunya hampers lebaran berisi sembako.

Jangan salah, ternyata sembako juga bisa menjadi isi hampers lebaran, lho! Sembako yang terdiri dari bahan-bahan pokok tentunya akan bermanfaat banget bagi yang menerimanya dan pasti terpakai! Dengan menambahkan packaging dan hiasan menarik, tentu akan membuat hampers satu ini jadi kelihatan unik.

Kira-kira, apa saja sih isi hampers lebaran sembako? Diadona akan bantu kamu merangkum contoh bahan-bahan sembako yang cocok kamu pilih buat isi hampers berikut ini.

 

1 dari 6 halaman

Isi Hampers Lebaran - Beras © Diadona©shutterstock.com/CGN089

1. Beras

Orang Indonesia yang terbiasa makan nasi bikin beras jadi salah satu isi hampers sembako yang wajib ada. Karena pilihan ukuran dan beratnya cukup banyak, kamu bisa menentukan sendiri beras yang akan kamu jadikan isi sembako agar nggak memberatkan kamu dalam membeli atau ketika akan membawanya kemana-mana. 

Kisaran harga beras saat ini berkisar antara Rp18.000 - Rp25.000 untuk 1 kilogram.

Isi Hampers Lebaran Sembako - Gula © Diadona©Warungku

2. Gula Pasir

Gula pasir ini bisa jadi pilihan kamu yang ingin memberikan hampers sembako, karena siapa sih yang nggak beli gula untuk keperluan di rumah? Selian buat memasak, gula juga bisa dimanfaatkan untuk bahan membaut kue lebaran atau bikin takjil yang segar.

Harga gula pasir juga masih cukup terjangkau, yaitu Rp16.000 - Rp18.000 untuk 1 kilogram.

2 dari 6 halaman

Isi Hampers Lebaran Sembako - Buah-buahan © Diadona©shutterstock.com/Kelvin Photowork

3. Buah

Buah sangat diperlukan sebagai zat gizi dan sumber vitamin, mineral, dan serat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Nah, kamu bisa coba memberikan hampers sembako dengan isi buah seperti pir, apel, pisang, anggur, dan masih banyak lagi. Untuk rentang harganya cukup bervariasi, yaitu mulai dari Rp15.000 - Rp.35.000, sesuaikan jenisnya dengan kebutuhanmu ya!

Misalnya untuk hampers yang membutuhkan waktu lama mengemas dan mengirimkannya, pilih buah yang tidak mudah busuk misalnya nanas, avokad, salak dan lainnya.

Isi Hampers Lebaran Sembako - Sayuran © Diadona©shutterstock.com/creativeriver

4. Sayur

Pilihan isi hampers lebaran sembako selanjutnya adalah sayur. Sayur yang penuh manfaat dan menyehatkan tubuh ini cukup beragam, dan pas banget harus kamu konsumsi selama ramadan. Buat sayur hampers isi sembako, pilih sayuran yang awet dan tidak segera layu, misalnya terong, wortel, kentang, atau pilih sayur dalam kemasan vakum untuk mempertahankan kualitas.

Kamu bisa mendapatkan sayur dalam rentang harga Rp2.000 - Rp25.000. 

3 dari 6 halaman

Isi Hampers Lebaran Sembako - Daging © Diadona©mashed.com

5. Daging

Kalau kamu ingin memberikan hampers sembako untuk yang hobi memasak, daging bisa jadi salah satu pilihan isi hamper sembako. Rentang harga daging untuk 1 kilogram berkisar antara Rp40.000 - Rp120.000 tergantung dari jenisnya. 

Pertimbangkan memilih bagian daging yang mudah diolah untuk menentukan jenis daging yang akan kamu beli. Selain itu, usahakan untuk menyimpannya ke dalam pendingin ruangan dan dikemas dalam kemasan vakum lalu memberikannya sesegera mungkin untuk menjaga kualitasnya.

Isi Hampers Lebaran Sembako - Minyak Goreng © Diadona©Liputan6.com

6. Minyak Goreng

Siapa sih yang nggak senang dapat hampers sembako berupa minyak goreng? Selain itu, harga minyak yang sedang melambung juga akan membuat minyak ini berharga bagi penerimanya. 

Minyak goreng berada dalam range harga Rp15.000 - Rp20.000 untuk 1 liter.

4 dari 6 halaman

Isi Hampers Lebaran Sembako - Susu Kemasan © Diadona©ProjectManhattan/Wikimedia Commons

7. Susu Kemasan

Walaupun kamu nggak suka mengonsumsinya, namun hampers susu bisa kamu olah untuk beragam masakan mulai dari minuman untuk takjil, puding, atau tambahan bahan memasak.  Harga susu segar kemasan dibanderol murah meriah mulai dari Rp15.000 per liter.

Isi Hampers Lebaran Sembako - Telur © Diadona©shutterstock.com/Sea Wave

8. Telur Ayam

Telur sebagai bahan yang mudah diolah jadi apa saja juga bisa jadi pilihan isi dari hampers lebaran sembako yang akan kamu berikan. Kamu bisa memberikan telur ayam sebagai isi hampers, baik masih mentah atau sudah diolah menjadi telur asin. Untuk rentang harga telur masih di antara Rp20.000 - Rp35.000. Karena mudah pecah, hati-hati ketika membawanya, ya!

5 dari 6 halaman

 Isi Hampers Lebaran Sembako- Bumbu Masak © Diadona©Lazada

9. Bumbu Masak

Untuk memasak sehari-hari, bumbu masak jadi bahan yang cukup penting. Bumbu masak juga bisa kamu jadikan isi hampers lebaran sembako juga, lho! Kamu bisa memilih berbagai bumbu masak yang umumnya digunakan, mulai dari garam, kecap, saos, penyedap rasa dan lainnya agar lebih praktis. 

Harga bumbu masak pun cukup terjangkau, mulai dari Rp2.000 - Rp16.000 untuk satu buah.

Isi Hampers Lebaran Sembako - Bumbu Masakan Instan © Diadona© instagram.com/munikseasonings

10. Bumbu Instan

Selain bumbu memasak, bumbu instan dalam kemasan juga pas banget sebagai isian hampers sembako. Bumbu instan ini bisa kamu dapatkan dengan membelinya di swalayan atau UMKM terpercaya kamu, terdiri dari beragam jenis masakan yang dikemas secara menarik dan aman untuk disimpan lama.

Bumbu instan punya banyak variasi harga, mulai dari Rp2.000 - 25.00

Isi Hampers Lebaran Sembako - Makanan Instan © Diadona©Bukalapak

11. Makanan Instan

Terkadang ada saatnya kita nggak punya banyak waktu atau sudah terlalu lelah ketika akan memasak. Nah, kamu bisa memberikan makanan instan yang perlu dimasak dalam waktu singkat sebagai isi hampersmu. 

Makanan instan ini bisa berupa mie atau ikan sarden kalengan yang cukup mudah ditemukan dimana-mana. Rentang harga makanan instan tersebut mulai dari Rp1.500 - Rp12.000.

6 dari 6 halaman

Isi Hampers Lebaran Sembako - Snack Kaleng © Diadona©shutterstock.com/bagussatria

12. Kue Kaleng

Kalau mendengar istilah lebaran, salah satu hal penting yang akan teringat adalah kue dan snack. Kue kaleng yang dijual dengan merk ternama udah pasti terjamin rasa dan kualitasnya. Kemasannya yang cantik, bikin package hampers kamu makin menarik. Jangan lupa manfaatkan promo agar bisa mendapatkannya dengan harga murah meriah!

Kue kaleng ini bisa kamu dapatkan dalam rentang harga Rp25.000 - Rp70.000.

Isi Hampers Lebaran Sembako  - Sirup © Diadona©shutterstock.com/ANECEPTIUS BAMBANG SUTOPO

13. Minuman Instan

Bahan selanjutnya yang bisa kamu jadikan isi hampers lebaran sembako adalah minuman instan. Minuman instan bisa cukup bermanfaat bagi penerimanya, karena nggak perlu banyak hal yang diperlukan dalam membuatnya. 

Kamu bisa memberikan minuman instan seperti teh, kopi, minuman herbal atau sirup. Minuman instan ini bisa kamu dapatkan dalam range harga Rp3.000 - Rp20.000 untuk satu buah.

Isi Hampers Lebaran Sembako- Kerupuk Mentah © Diadona©Lazada

14. Kerupuk Mentah

Kepikiran nggak buat ngasih kerupuk mentah sebagai isian hampers sembako? Karena tahan lama, sang penerima tak perlu buru-buru mengolahnya, harganya murah dan tersedia banyak pilihan.

Per kemasan, kerupuk mentah dijual dengan harga Rp6.000 - Rp20.000/100 gram.

Isi Hampers Lebaran sembako  - Sambal Kemasan © Diadona©istimewa

15. Sambal Kemasan

Sambal kemasan cocok banget jadi isian hampers lebaran karena rasanya yang pasti disukai dan bermanfaat banget untuk teman bersantap sahur. Kini tersedia beragam variasi rasa sambal kemasan dalam berbagai ukuran. Harganya juga bervariasi tergantung isian yang dihadirkan.

Sambal kemasan bisa mengisi hampers lebaranmu dengan harga mulai dari Rp18.000 - Rp37.000

Ada banyak sekali isi hampers lebaran sembako yang bisa kamu berikan agar lebaran semakin bermakna. Meskipun kelihatannya sederhana, sembako yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan menciptakan kesan sendiri buat penerimanya. Selain itu, harga bahan-bahan sembako juga masih cukup terjangkau.

Nah, sudah menentukan manakah bahan-bahan sembako yang akan kamu jadikan isi hampers lebaran?

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar