Peneliti Ungkap Alasan Seseorang Swipe Kanan atau Kiri pada Aplikasi Dating Online

Reporter : Yoyok
Selasa, 18 Mei 2021 20:50
Peneliti Ungkap Alasan Seseorang Swipe Kanan atau Kiri pada Aplikasi Dating Online
Kira-kira apa ya alasannya? Selera nih?

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, mencari pasangan atau jodoh udah praktis banget. Kamu tinggal menggunakan aplikasi dating online lewat smartphone.

Kamu tinggal swipe ke kanan jika tertarik dengan seseorang, dan swipe kiri jika sebaliknya. Ternyata, ada alasan penting yang menyebabkan seseorang swipe kanan atau kiri lho.

Alasan tersebut diungkap dalam sebuah penelitian lho.

1 dari 5 halaman

Alasan Basic

Dikutip dari Limone, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University dan University of Maryland dilakukan untuk mencari tahu alasan sebenarnya yang membuat seseorang swipe kanan dan kiri saat main aplikasi dating online. Tidak hanya itu, penelitian ini juga mencari tahu apakah ada proses sebelum memutskan swipe pilihan.

Dalam penelitian ini, seseorang melakukan swipe kanan atau kiri dengan alasan yang simpel banget lho, yaitu karena fisik.

Ilustrasi Kencan OnlineIlustrasi Kencan Online © id.yougov.com

2 dari 5 halaman

Wajah Rupawan

Dalam studi tersebut, para partisipan diberikan pilihan profil sesuai dengan preferensi mereka. hasilnya menunjukkan bahwa wajah yang rupawan menjadi poin penting seseorang swipe kanan.

Para partisipan laki-laki rata-rata swipe kanan lebih sering daripada perempuan. Selain itu, mereka yang menganggap diri sendiri lebih menarik, cenderung sering swipe kiri. Hal ini menunjukkan bahwa golongan satu ini lebih picky atau pemilih dalam mencari pasangan.

3 dari 5 halaman

Kurang dari Satu Detik

Dan menariknya adalah, hanya butuh waktu kurang dari satu detik bagi seseorang untuk swipe kanan atau kiri.

" Ini sesuatu yang sangat mengejutkan bahwa orang-orang mau mengambil keputusan apakah tertarik dengan orang lain , kurang dari satu detik dan mayoritas hanya berdasarkan penampilan fisik," ucap William Chopik, penulis utama dalam penelitian tersebut.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fisik serta ras merupakan dua alasan yang penting. Kepribadian, minat, atau ingin menjalin komitmen yang serius merupakan faktor yang tidak terlalu penting.

4 dari 5 halaman

Di-Swipe Duluan

Kini, Chopik sedang meneliti bagaimana respons mereka yang bermain dating online terhadap orang yang swipe kanan terlebih dahulu kepada mereka. Walaupun masih belum final, hasilnya memperlihatkan bahwa kemungkinan besar orang tersebut akan swipe kanan juga orang yang tertarik dengan mereka terlebih dahulu, walaupun orang tersebut kurang atraktif sekalipun.

" Kita suka dengan orang yang menyukai kita. Jadi masuk akal jika kita ingin menjalin hubungan dengan mereka yang memperlihatkan rasa ketertarikan, bahkan jika mereka awalnya bukan pilihan utama," sambuh Chopik.

Ilustrasi Aplikasi Kencan OnlineIlustrasi Aplikasi Kencan Online © shutterstock.com/Tero Vesalainen

Beri Komentar