Tips Membangun Personal Boundaries agar Hidup Nyaman Tanpa Campur Tangan Orang Lain

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 7 Juni 2022 14:15
Tips Membangun Personal Boundaries agar Hidup Nyaman Tanpa Campur Tangan Orang Lain
Punya personal boundaries itu penting banget loh!

Disadari atau tidak, di zaman modern ini banyak orang yang melupakan soal batasan personal atau personal boundaries. Hal ini terlihat dari sikap yang suka ikut campur urusan orang lain, bahkan sampai masuk ke ranah pribadi.

Hidup fleksibel dan nggak kaku memang perlu kok, tapi memiliki personal boundaries juga nggak kalah penting. Hal ini bukan berarti menjadi anti-sosial dan menolak saran atau bantuan dari orang lain, tapi justru membuat garis batas yang jelas tentang kapan seseorang harus berhenti untuk ikut campur.

Lantas, sepenting apa personal boundaries ini dan bagaimana cara membangunnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Hidup NyamanIlustrasi Hidup Nyaman © shutterstock.com/g/SunnyVMD

Melansir dari Womantalk, personal boundaries merupakan istrilah yang digunakan untuk menggambarkan batasan diri kita pada orang lain. Hal ini termasuk batasan sejauh mana kita bisa menerima perkataan dan perbuatan orang lain, serta seberapa jauh kita bisa mentoleransi perilaku tersebut.

Ada beberapa alasan yang menjelaskan mengapa personal boundaries itu sebenarnya penting. Secara umum, personal boundaries akan menjaga privasi kita dan melindungi diri dari campur tangan orang lain.

2 dari 5 halaman

Dengan menerapkan personal boundaries, orang lain juga bisa tahu sejauh mana mereka bisa berkomentar terhadap diri kira. Hal ini sekaligus betujuan untuk menjaga hubungan kita dengan orang lain agar tetap berjalan baik.

Personal boundaries yang dipraktikkan dengan tepat sebenarnya juga menjadi cara untuk membangun identitas kita sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap diri sendiri. Dengan demikian, emosi kita juga lebih terjaga dan terhindar dari stres yang mungkn timbul dari faktor eksternal.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Hidup NyamanIlustrasi Hidup Nyaman © shutterstock.com/g/Freebird7977

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membangun personal boundaries. Yang pertama, kita harus belajar bersikap tegas jika ada seseorang yang memaksa masuk ke lingkup pribadi kita. Sesekali memberi teguran juga nggak masalah, jika memang mereka sudah keterlaluan.

Bersamaan dengan hal itu, tentu kita harus mengenali value yang kita punya dan menghargainya. Tujuan tentu supaya kita nggak mudah goyah dengan komentar orang lain.

4 dari 5 halaman

Jangan biarkan orang lain menilai atau memengaruhi kamu dengan mudah. Perlu dipahami jika kamu lebih mengenali dirimu sendiri dengan baik, sehingga ucapan orang lain tentang dirimu nggak selalu benar.

Jika memang campur tangan mereka sudah keterlaluan, nggak ada salahnya untuk melepaskan mereka dari hidupmu kok. Namun, sebelum kamu melepaskan mereka, berikan penjelasan jika memang dia sudah melewati batas pribadi.

Beri Komentar