2 Tahun Menjadi Masa Pacaran yang Ideal sebelum Menikah, Emang Iya?

Reporter : Yoyok
Jumat, 3 Juni 2022 06:50
2 Tahun Menjadi Masa Pacaran yang Ideal sebelum Menikah, Emang Iya?
1-2 tahun menjadi masa pacaran yang ideal sebelum lanjut ke pelaminan menurut sebuah penelitian.

Banyak yang bilang, masa pacaran merupakan momen awal dari sebuah hubungan percintaan yang serius. Masa pacaran pun menjadi saat di mana kamu mengetahui seluk beluk pasangan dan bagaimana menjalaninya.

Tidak sedikit yang butuh waktu cepat di masa pacaran untuk sampai ke jenjang yang lebih serius. Namun, banyak juga yang butuh waktu lebih untuk bisa naik ke pelaminan.

Lalu, butuh berapa lama sih idealnya kita pacaran sebelum menuju ke jenjang yang lebih serius?

1 dari 5 halaman

Menurut penelitian, ternyata butuh waktu lebih dari setahun dalam pacaran sebelum menuju ke jenjang yang lebih serius alias menikah. Studi yang dilakukan oleh Penn State University menganalisis hubungan 168 pasangan pengantin baru untuk jangka waktu 14 tahun.

Dari penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa pasangan yang sudah pacaran rata-rata 25 bulan sebelum menikah yang paling bahagia dalam pernikahan.

Ilustrasi Pasangan KekasihIlustrasi Pasangan Kekasih © shutterstock.com/g/Dragon Images

2 dari 5 halaman

Studi tersebut juga bicara tentang pasangan yang tergesa-gesa dalam mengambil langkah serius alias terlalu cepat menikah. Bahkan, jangka pacaran yang singkat banyak yang berujung pereraian.

Mereka yang " cuma" pacaran selama 18 bulan dan bertunangan setengah dari ini pernikahannya hanya bertahan 7 tahun, bahkan banyak yang berpisah setelah itu.

3 dari 5 halaman

Penelitian lain yang dilakukan oleh Emory University juga mengungkapkan fakta akan berapa lama idealnya waktu pacaran. Studi mereka mengungkapkan mereka yang pacaran selama 1-2 tahun akan memiliki hubungan pernikahan yang awet.

Mereka juga mengungkap bahwa pasangan yang pacaran kurang dari setahun pernikahannya tidak selanggeng yang lebih dari itu.

4 dari 5 halaman

Selain itu, studi tersebut juga mengungkapkan mereka yang pacaran lebih dari 3 tahun memiliki peluang perceraian yang hanya 50 persen.

Penyebabnya pun karena mereka lebih mengenal pasangannya dengan lebih baik sebelum mereka memutuskan untuk menikah.

Beri Komentar