Mau Menikah Malah Banyak Pikiran, Ini 4 Tanda Kamu sedang Mengalami Pre-Marriage Syndrome

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 18 Mei 2021 13:00
Mau Menikah Malah Banyak Pikiran, Ini 4 Tanda Kamu sedang Mengalami Pre-Marriage Syndrome
Harusnya sih bahagia, tapi kok malah kepikiran dan cemas mulu ya. Ada apa sih?

Mempersiapkan pernikahan itu bukan hanya memikirkan resepsi yang mewah, gaun yang cantik, atau makeup yang menawan. Menghadapi pernikahan perlu kesiapan mental yang matang karena jika tidak, akan banyak kecemasan bertubi yang sering muncul dan membuatmu meragukan banyak hal. Oleh karena itu, belajar persiapan mental dari sekarang adalah salah satu poin penting Diazens!

Semakiin dekat hari H pernikahan kok malah makin stress ya?

1 dari 5 halaman

Bernagai macam pikiran muncul dari kecemasan akan resepsi pernikahan, sampai keraguan yang tba-tiba melanda pasangan. Nggak usah khawatir ya Diazens, hal-hal tersebut memang wajar terjadi pada para calon mempelai baik pria maupun wanita kok.

Tapi, kamu perlu tahu juga akah kecemasan yang menghampirimu sudah termasuk dalam Pre-Marriage Syndrom ataukah tidak. Melansir dari Insightme.id pada Selasa (18/5/2021), berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu sedang mengalami Pre-Marri.age Syndrom

2 dari 5 halaman

Ketakutan akan menjalani kehidupan pernikahan

Ilustrasi Pernikahan © Diadona

Sudah hal umum dan biasa buat kamu calon pengantin yang merasa takut dan was-was untuk menjajaki kehidupan dan bahtera rumah tangga. Namun jangan keburu khawatir gitu aja ya, untuk menyikapi ketakutan ini, kamu bisa melakukan diskusi dengan pasangan mengenai kehiduoan pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan. Misalnya saja waktu yang tepat untuk memiliki momongan dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Kecemasan akan perbedaan sifat pasangan

Rasa cemas memang selalu ada. Terlebih menyatukan pemikiran dari dua belah pihak, baik kamu dan pasangan. Ingat, pernikahan adalah jalinan suci yang diharapkan berlaku seumur hidup saling mengerti dalam kebersamaan.

Oleh karena itu, untuk menyikapi rasa perbedaan, kamu bisa membicarakan tentang sifat satu sama lain. Hal ini dilakukan agar setelah menikah nanti kamu dan pasangan tidak terlalu kaget akan perbedaan sifatmu dan pasangan.

4 dari 5 halaman

Ketakutan karena akan tinggal pisah dengan orang tua

Ilustrasi Pernikahan Outdoor Seleb © Diadona

Menikah berarti kamu akan tinggal bersama dengan pasangan dan berpisah dengan orang tua. Namun, tak semua pasangan akan melakukan hal ini ya. Ada beberapa pasangan yang memutuskan untuk sementara tinggal dengan orang tua.

Nah, buat kamu yang akan berpisah dengan sosok orang tua yang mengasihimu sejak kecil, maka untuk menyikapi ketakuan ini kamu bsia meyakinkan diri sendiri jika nanti kamu akan terbiasa dengan kondisi ini. Tenang, semua akan tiba pada perpisahan dan pertemuan kembali kok.

5 dari 5 halaman

Keraguan apakah pasanganmu memang benar jodohmu

Lho, kok masih ada keraguan seperti ini ya?

Ketika hal ini terjadi, kamu bisa mengingatkan dirimu sendiri kenapa kamu ingin menikah. Kamu juga bisa kok membicarakan ini dengan orang terdekat agar tidak terus membebani pikiran. Jangan selalu menumpuk masalah seputar hal-hal yang dicemaskan saat akan menikah ya.

Segala tekanan yang sering kali muncul saat menjelang pernikahan memang membuat para calon mempelai mengalami cemas dan takut berlebihan. Namun, tetap dengan satu kunci yaitu komunikasi yang baik dengan pasangan, kamu bisa mengatasi semua hal yang mengganjal dalam hati dengan baik.

Semoga kamu senantiasa dilancarkan sampai hari H pernikahan ya. Semangat!

Beri Komentar