Ngebet Nikah Muda Padahal Belum Sepenuhnya Siap, 5 Hal Ini yang Akan Terjadi dalam Hubungan!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 2 November 2020 18:15
Ngebet Nikah Muda Padahal Belum Sepenuhnya Siap, 5 Hal Ini yang Akan Terjadi dalam Hubungan!
Yakin nggak bakal menyesal di tengah jalan?

Menikah muda memang bukan hal yang baru sekali terjadi di sekitar kita. Sejak zaman dulu menikah muda memang sudah banyak dilakukan oleh para orang tua zaman dulu.

Namun belakangan, konsep nikah muda memang kembali digembar-gemborkan. Banyak yang menyebut bahwa nikah muda adalah jalan pintas yang baik dan bisa membuat hidup jadi lebih berbahagia.

Lantas, benarkah demikian? Jika kondisi pribadi belum sepenuhnya siap tapi sudah memutuskan untuk menikah muda, kira-kira apa yang akan terjadi?

1 dari 3 halaman

1. Kaget dengan sulitnya kehidupan pernikahan

Ilustrasi Pasangan Merenung © Diadona

Hal pertama yang pasti terjadi yakni kamu dan pasangan akan kaget dengan 'atmosfer' kehidupan pernikahan yang sebenarnya. Meski kelihatannya banyak senang-senangnya, nyatanya nikah muda nggak seindah yang dibayangkan loh..

2. Timbul permasalahan yang semakin rumit

Apalagi jika kamu dan pasangan belum benar-benar dewasa saat menyikapi suatu masalah. Saat masalah-masalah berat mulai bermunculan dan nggak bisa diselesaikan secara matang, bisa-bisa kondisinya makin rumit nih.

2 dari 3 halaman

3. Muncul penyesalan bahkan ingin menyerah

Ilustrasi Pasangan Menyesal © Diadona

Kalau memang masalah-masalah yang timbul nggak bisa segera teratasi, tentunya kehidupan rumah tangga pun akan semakin kacau dong. Kalau kondisi psikis kamu dan pasangan nggak cukup dewasa, bisa-bisa malah menyesal menikah dan pengen berhenti di tengah jalan loh!

4. Merepotkan keluarga dan kerabat dekat

Tanpa disadari, nikah muda yang tidak disertai kesiapan mental juga bisa menimbulkan kerepotan bagi keluarga dan orang terdekat loh. Walau mungkin kamu dan pasangan nggak berbicara secara langsung soal masalah kalian, namanya orang tua pasti tetap kepikiran kan?

3 dari 3 halaman

5. Emosi tidak terkontrol

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Selain berimbas pada hubungan dan juga orang terdekat, ketidaksiapan dalam menikah muda tentunya memberi dampak buruk pada diri sendiri. Tekanan-tekanan yang timbul bisa membuat emosi jadi tidak terkontrol, parahnya hal tersebut bisa mengarah pada gangguan mental nih!


Tuh kan, dampak-dampak negatif pun akan terjadi kalau kamu dan pasangan belum benar-benar siap dalam membina rumah tangga. Kesiapan pernikahan bukan cuma soal finasial ya, tapi juga soal mental.. Jadi pikir-pikir lagi deh kalo pengen nikah muda, daripada nanti nyesel loh!

Beri Komentar