Jangan Asal Setuju Kalo Diajak Nikah, Ini 5 Tanda Jika Kamu Belum Siap Berkomitmen Jangka Panjang

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 27 Oktober 2020 18:15
Jangan Asal Setuju Kalo Diajak Nikah, Ini 5 Tanda Jika Kamu Belum Siap Berkomitmen Jangka Panjang
Jangan asal mau, padahal nyatanya belum siap..

Setiap hubungan yang dijalani pasti diharapkan akan berakhir bahagia. Apalagi jika hubungan percintaan itu sudah dijalani cukup lama, keinginan untuk mengubah status pun pasti ada.

Tapi sayangnya, nggak semua orang siap untuk menjalani komitmen jangka panjang dengan pasangannya. Ada yang masih ragu, atau ada pula yang sebenarnya masih memprioritaskan hal lain dibandingkan hubungan asmaranya.

Akan lebih baik, jika tanda-tandanya dikenali sejak awal supaya nggak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 5 tanda jika seseorang belum siap menjalani komitmen jangka panjang. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Belum bisa mencintai diri sendiri

Ilustrasi Perempuan MerenungIlustrasi Perempuan Merenung © shutterstock.com/chungyam

Hal pertama sebelum meyakinkan diri untuk naik level dengan pasangan adalah.. sudahkah kamu mencintai diri sendiri? Kamu harus bisa menerima, menghargai bahkan mencintai segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, sebelum siap berkomitmen untuk mencintai orang lain.

 

2 dari 6 halaman

2. Terbayang-bayang hubungan sebelumnya

Jika kamu sudah punya pasangan tapi masih terbayang-bayang dengan hubunganmu yang sebelumnya, bisa jadi kamu sebenarnya belum move on sih. Seandainya kamu sudah siap untuk menjalani komitmen jangka panjang, pastinya kamu sudah melepaskan segala kenangan masa lalu dong..

3 dari 6 halaman

3. Masih membandingkan pasangan dengan orang lain

Ilustrasi Pasangan MerenungIlustrasi Pasangan Merenung © shutterstock.com/g/4PMproduction

Membandingkan pasangan dengan orang lain juga jadi salah satu tanda jika kamu sebenarnya belum bisa berkomitmen untuk menjalani sehidup semati dengan pasanganmu. Bukan hanya membandingkan dengan mantan, tapi membandingkan dengan teman atau mungkin orang lain justru bisa mengancam hubungan percintaan kalian.

4 dari 6 halaman

4. Belum menjadi diri sendiri

Jika memang kamu sudah siap menjalin hubungan yang lebih serius dengan pasangan, pasti nggak akan ada lagi kepura-puraan atau hal-hal yang ditutupi di antara kalian. Jadi kalau kamu masih memakai topeng yang menyembunyikan kepribadianmu yang asli, sebaiknya jangan gegabah untuk segera menikah deh..

5 dari 6 halaman

5. Masih sibuk dengan urusan lain

Ilustrasi Perempuan BekerjaIlustrasi Perempuan Bekerja © freepik.com/pressfoto

Menentukan prioritas dalam hidup itu penting, apalagi jika menyangkut soal hubungan asmara. Sebab, ada tipe orang yang memang ingin mengejar karier dulu atau mungkin hal lain yang memang nggak melibatkan pasangan. Kalau memang prioritasmu masih keluarga dan pekerjaan, lebih baik nggak usah terburu-buru untuk menaikkan status hubungan kalian ya.

6 dari 6 halaman

Naik level dari pacaran ke tunangan atau bahkan menikah memang jadi impian banyak orang. Tapi hal tersebut harus benar-benar dipersiapkan dengan matang.

Jangan sampai naik level hanya karena desakan umur atau bahkan orang lain, karena hubungan itu kalian yang jalani. Jika memang belum siap untuk komitmen jangka panjang, ya udah jalani aja hubungan itu sambil sama-sama mempersiapkan diri. Betul kan?

Beri Komentar