5 Cara Cek Kualitas Hubungan dengan Pasangan, Yakin Sudah Benar-Benar Sehat?

Reporter : Arifina
Senin, 1 April 2024 20:00
5 Cara Cek Kualitas Hubungan dengan Pasangan, Yakin Sudah Benar-Benar Sehat?
Salah satu kriterianya sih saling percaya. Kamu dan pasanganmu sudah belum?

Memiliki hubungan yang sehat dan berkualitas adalah dambaan setiap orang. Membangun hubungan yang sehat dan berkualitas juga membutuhkan berbagai usaha.

Kualitas hubungan percintaan yang sehat tidak hanya berlaku di awal pertemuan saja. Namun, perlu dijaga dengan baik agar selalu konsisten.

Hubungan percintaan yang sehat tentu saja semakin membuat langgeng. Tetapi, banyak pula seiring berjalannya waktu rasa cinta dan komitmen bisa pudar, dan kualitas hubungan pun bisa menurun.

Karena itu perlu untuk masing-masing diri merefleksikan tingkat kualitas dalam hubungan yang dijalani. Dikutip dari Verywellmind, berikut cara cek seberapa berkualitas hubunganmu dan pasangan!

1 dari 5 halaman

Saling Menerapkan Kepercayaan

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Sudah sering dengar bukan jika kepercayaan adalah salah satu kunci menjalin hubungan yang langgeng. Namun, tak hanya langgeng, memiliki sifat saling percaya terhadap pasangan juga menjadi salah satu ciri hubungan percintaan berkualitas.

Kepercayaan tersebut akan terbentuk dengan sendirinya berdasarkan seberapa seing kamu memberikan waktu pertemuan dengan pasangan. Jika sudah saling percaya, ketika harus dihadapkan menjalani LDR maka kamu dan pasangan tidak perlu mengkhawatirkan apapun.

Kamu dan pasangan juga akan saling memberi support satu sama lain akan aktivitas yang tengah dijalani. Jika sudah saling percaya, maka sudah tidak perlu lagi laporan intens yang justru membuat satu sama lain tidak nyaman.

 

2 dari 5 halaman

Memiliki Batasan yang Sehat

Menjalin hubungan romansa ke arah yang serius bukan berarti tidak menerapkan batasan kepada satu sama lain ya. Sebab, hubungaan yang berkualitas juga harus mau memberikan peluang kepada pasangannya untuk melakukan me time.

Beri juga batasan satu sama lain, sesederhana tidak saling melihat isi chat dari gadget masung-masing. Tidak membuka galery pasangan ataupun memaksa ikut kemanapun pasangan sedang beraktivitas.

Kualitas hubungan romansa akan berkualitas dengan memiliki batasan dan membebaskan pasangan tanpa tekanan dan kekangan satu sama lain.

 

3 dari 5 halaman

Saling Memberi dan Menerima

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Hubungan romansa akan berjalan langgeng jika dijalani bersama oleh kedua belah pihak. Nah, salah satu jalinan hubungan berkualitas apabila saling memberi dan menerima.

Ini bukan semata-mata perihal materi, ataupun hadiah. Tapi sekedar saling memberi support kepada satu sama lain.

Misalnya, kamu sedang ingin membangun bisnis, maka nggak ada salahnya kamu meminta pendapat dari pasangan. Begitu pun pasanganmu, siap memberikan support dengan baik.

Hindari memberikan judging atas apa yang tengah menjadi rencana masa depan pasangan. Namun, selalu beri saran-saran mendukung akan lebih baik, atau sekedar jadilah pendengarnya.

 

4 dari 5 halaman

Saling Menghargai

Apakah kalian dalam menjalin hubungan asmara sudah saling menghargai satu sama lain? Nah, ini juga bisa menjadi salah satu ciri hubungan berkualitas lho!

Bentuk menghargai antar pasangan ini juga menandakan kualitas hubungan ke arah seirus. Menghargai pasangan tanpa embel-embel memaksakan pendapatmu ya.

Karena apa yang menurutmu baik, bagi pasanganmu belum tentu lho! Sebaiknya, selalu hargai terkait rencana, keputusan ataupun pendapat yang akan diambil pasanganmu.

Kamu tetap bisa memberikan opini untuk membuka perspektif pasangan tanpa harus memaksanya ya. Jika hal demikian sudah bisa dijalankan, itu tandanya kalian berada dalam kualitas hubungan yang sehat.

 

5 dari 5 halaman

Komunikasikan Perasaan Saat Ini

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Apakah Anda merasa nyaman untuk terbuka dan jujur dengan pasangan tentang apa pun? Apakah pasangan Anda juga melakukan hal yang sama?

Ini adalah bagian dari komunikasi antar perasaan satu sama lain. Penting sekali menjaga komunikasi dengan pasangan untuk kualitas hubungan yang lebih sehat.

Ungkapkan semua hal termasuk rasa mengganjal hal kecil akan pasangan yang ingin kamu ketahui. Misal, kamu merasa pasanganmu terlalu sibuk dengan pekerjaannya, hingga tak punya waktu untuk quality time.

Maka, kamu bisa untuk langsung mengungkapkan hal itu kepada pasanganmu. Kamu berhak mengeluh dan meminta pendapat pasanganmu terkait quality time bersama lho! Dengan begitu, konflik-konflik akan bisa terhindari. Hal ini juga menandai kedewasaan dalam hubungan lho!

Itulah cara cek kualitas hubungan dengan pasangan. Kamu sudah berada di hubungan yang sehat belum nih?

Beri Komentar