Nggak Cuman Melindungi Layar, Ini 6 Manfaat Tempered Glass Buat Layar HP Kamu

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 1 Februari 2024 12:37
Nggak Cuman Melindungi Layar, Ini 6 Manfaat Tempered Glass Buat Layar HP Kamu
Wah, tempered glass ternyata banyak banget manfaatnya!

Saat membeli HP, kamu pasti akan disarankan untuk pasang tempered glass guna melindungi layar HP. Tempered glass memang menjadi salah satu aksesoris wajib bagi pengguna smartphone.

Tempered glass dinilai memiliki banyak manfaat bagi handphone, karena membuat lebih aman dari benturan. Ini akan sangat menolong jika handphone kamu terjatuh, terlempar, atau terbentur. Jadi, kamu nggak perlu khawatir layar LCD akan retak.

Saat ini, banyak sekali toko atau penjual yang menjual produk tempered glass dengan berbagai merk. Hanya saja, nggak sedikit juga yang menjual tempered glass palsu. Jadi kamu perlu untuk berhati-hati yang Diazens!

Sebagai aksesori yang umum digunakan, sebenarnya apa itu tempered glass dan apa saja fungsinya? Berikut Diadona telah mengulas lengkap terkait hal tersebut beserta gimana cara bedain tempered glass yang palsu.

1 dari 5 halaman

Apa Itu Tempered Glass?

Tempered Glass Buat HP © Diadona

Dilansir dari Swift Glass, tempered glass dikenal dengan kaca yang dikeraskan, yaitu jenis kaca pelindung yang diproses perlakuan termal atau kimia yang secara khusus. Tempered glass dibuat untuk membuatnya lebih kuat dari kaca pada biasanya.

Tempered glass ini emang sengaja dibuat dengan proses ekstrim yang menjadikannya empat kali lebih kuat dari kaca anil atau kaca biasa. Kalau pecah, tempered glass akan menjadi potongan-potongan kecil yang relatif tidak berbahaya dibanding pecahan kaca biasa.

Tempered glass dibuat khusus untuk mendukung keselamatan dan perlindungan. Kaca ini biasa digunakan di rumah, atau kamu lebih familiar sebagai screen protector (antigores) handphone kamu.

Antigores tempered glass adalah lapisan kaca temper tambahan yang ditempel di atas layar handphone untuk melindungi layar LCD. Bentuknya berbeda-beda menyesuaikan bentuk layar merk HP masing-masing.

2 dari 5 halaman

Mengapa Tempered Glass Penting Bagi Smartphone?

Tempered Glass Buat HP © Diadona

Tempered glass memiliki segudang manfaat bagi handphone kamu. Manfaat paling utama ya untuk melindungi layar kamu biar nggak rusak Diazens.

Tapi, ada berbagai manfaat penting lain yang membuat kamu harus menggunakan tempered glass di handphone kamu. Bahkan, beberapa diantaranya jarang diketahui orang. Berikut ulasannya.

1. Melindungi Layar HP dari Benturan

Tempered glass akan melindungi HP kamu dari benturan akibat jatuh atau tertimpa sesuatu. Saat menggunakan HP, kita kadang nggak sadar sering membenturkannya secara nggak sengaja. Nah, tempered glass akan mencegah layar LCD kamu retak, sehingga kamu nggak perlu khawatir menggantinya.

Kalau HP kamu terbentur, bisa saja yang pecah adalah tempered glass buka layar LCD. Sehingga, jika retak tempered glass sudah agak parah, kamu mungkin bisa menggantinya.

2. Meminimalisir Noda Jari dan Debu

Menggunakan HP secara terus-menerus bisa saja meninggalkan noda minyak alami tangan di layar. Nah, menggunakan tempered glass akan melindungi munculnya noda-noda tanda jari pada layar LCD kamu.

Selain itu, tempered glass juga akan melindungi layar HP kamu dari noda debu atau air yang menumpuk. Sehingga, layar HP kamu akan terkesan selalu bersih.

3. Meningkatkan Privasi

Salah satu manfaat tempered glass yang jarang diketahui orang adalah peningkatan privasi. Beberapa jenis atau merk tempered glass menggunakan sistem anti-spy yang membuat layar HP kamu terlihat lebih gelap atau bahkan gelap jika dilihat dari samping. Hal ini membuat orang lain di samping kamu tidak bisa membaca atau melihat apa yang sedang kamu buka di HP kamu.

3 dari 5 halaman

Tempered Glass Buat HP © Diadona

4. Mencegah Goresan Layar

Selain menghindari retak, tempered glass juga akan mencegah goresan pada layar HP kamu. Beberapa smartphone memang memiliki teknologi layar tahan goresan. Namun, bukan berarti nggak bisa kegores.

Memasang tempered glass akan menambahkan pencegahan tambahan dari goresan bagi HP kamu. Layar kamu akan aman dari segala gesekan, misalnya saat ditaruh di tas, kantong, dan sebagainya.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Walaupun cuma kaca, tapi tempered glass dapat menjaga kesehatan mata kamu loh Diazens. Beberapa jenis tempered glass memiliki teknologi anti blue light yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata kamu.

Tempered glass dengan teknologi ini akan mengurangi dampak blue light dari layar HP bagi mata kamu. Ini juga akan mengurangi kelelahan mata saat memainkan HP.

6. Mengurangi Silau

Beberapa tempered glass didesain deangan finishing matt dan sedikit gelap. Hal ini bisa kamu gunakan kalau kamu merasa layar HP kamu terlalu terang. Hal ini juga bisa mengurangi ketegangan mata karena cahaya terang serta membuat mata kamu lebih nyaman saat memainkan HP.

4 dari 5 halaman

Cara Membedakan Tempered Glass Asli & Palsu

Tempered Glass Buat HP © Diadona

Produk tempered glass bisa dengan mudah kamu temukan di toko baik online maupun offline. Tempered glass juga tersedia dalam banyak jenis dan tipe. Hanya saja, nggak jarang juga ada oknum yang menjual tempered glass yang palsu.

Berikut berbagai cara membedakan tempered glass asli dan palsu, biar kamu nggak ditipu.

1. Harga

Tempered glass palsu sangat murah. Kalau kamu ditawarkan tempered glass dengan harga yang sangat murah, misalnya Rp15.000, kemungkinan besar itu palsu.

Walaupun memang murah, tapi tempered glass nggak bakal semurah itu. Kisaran harga tempered glass asli adalah sekitar Rp50.000 hingga Rp250.000.

2. Tempered glass palsu nggak pas layar

Ciri ini sangat mudah terlihat, karena tempered glass harusnya didesain khusus sesuai jenis HP tertentu. Kalau tempered glass yang kamu pasang tidak menutupi secara maksimal atau bahak menutupi hal yang nggak perlu, bisa saja itu palsu.

3. Tempered glass palsu nggak awet menempel.

Tempered glass asli harusnya terus menempel di layar HP, bahkan setelah terbentur. Kalau tempered glass kamu copot dalam waktu yang singkat, kamu mungkin memasang yang palsu.

4. Tempered glass palsu lebih tebal.

Ketebalan juga bisa jadi pembeda, tempered glass asli memiliki didesain tipis untuk mendukung sensitivitas dan responsibilitas layar yang maksimal. Kalau tempered glass terlalu tebal dan layar kamu jadi kurang sensitif, bisa jadi itu palsu.

5 dari 5 halaman

Demikian ulasan lengkap terkait tempered glass, mulai dari apa itu tempered glass, manfaat menggunakan tempered glass, hingga cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

Tempered glass masih menjadi opsi terbaik untuk menambah perlindungan di layar HP kamu. Apalagi, tempered glass cenderung lebih murah dibanding harus mengganti layar LCD jika retak atau rusak.

Penulis: Starky

Beri Komentar