Cara Mendapatkan dan Menggunakan Cloud Storage

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 1 Februari 2024 15:30
Cara Mendapatkan dan Menggunakan Cloud Storage
Sebelum memutuskan untuk menggunakan Cloud Storage, kamu mungkin perlu tahu hal-hal di bawah ini.

Cloud Storage adalah media penyimpanan berbasis online yang bisa kamu gunakan untuk mencadangkan semua file dan data kamu ke server yang akan dikelola oleh pihak pelayanan. Kamu memerlukan akses internet untuk mengakses data yang tersimpan di Cloud Storage. Cloud Storage menawarkan banyak sekali benefit sehingga orang-orang cenderung mulai berpindah dan menyimpan datanya di sana.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan cloud Storage? Apa saja sih kelebihan dan kekurangannya? Berikut adalah penjelasan terlengkap tentang Cloud Storage.

1 dari 8 halaman

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Cloud Storage

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Cloud Storage © Diadona

Cloud Storage menyimpan semua data dan file kamu seperti file, data bisnis, gambar, dan video secara online dengan menggunakan server jarak jauh. Untuk bisa menyimpannya di Cloud Storage, pengguna harus mengunggah datanya ke server menggunakan internet. Pengguna bisa mengakses Cloud Storage melalui website, browser, dan juga aplikasi seluler.

Terdapat banyak Cloud Storage gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan data jika penyimpanan lokal kamu sudah penuh. Namun biasanya Cloud Storage gratis memiliki batasan penyimpanan. Kamu tidak perlu risau, kamu tetap bisa mendapatkan lebih banyak penyimpanan Cloud Storage dengan melakukan upgrade ke premium.

2 dari 8 halaman

Jika kamu tidak memiliki begitu banyak file dan data yang ingin kamu simpan di Cloud Storage, menggunakan Cloud Storage gratis sudah lebih dari cukup. Kamu juga bisa membuat beberapa akun sehingga kamu bisa memiliki lebih banyak ruang penyimpanan tanpa harus upgrade ke premium.

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Cloud Storage secara efektif. Pada dasarnya penyimpanan Cloud Storage bisa digunakan untuk menyimpan semua jenis data selama diperlukan. Berikut adalah cara menggunakan penyimpanan Cloud Storage:

Cadangan

Cloud Storage bisa kamu manfaatkan sebagai media mencadangkan data. Pencadangan data merupakan manfaat yang paling menonjol dari Cloud Storage itu sendiri, kamu bisa melakukan pencadangan data dengan menyimpan data di file atau folder pada Cloud Storage.

Pengarsipan

Cloud Storage bisa kamu gunakan sebagai media pengarsipan data-data lama yang bisa kamu kelola kembali di kemudian hari. Kamu bisa mengakses pengarsipan data kapanpun kamu membutuhkannya,

3 dari 8 halaman

Pengolahan data

Cloud Storage bisa kamu gunakan untuk pengolahan data secara digital. Kamu bisa melakukan analisis data dan mengolah kumpulan data besar dengan menggunakan Cloud Storage. 

Memulihkan data

Bencana kehilangan data tentu merupakan kejadian yang mungkin saja terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan back up data pada Cloud Storage agar jika data tiba-tiba hilang kamu bisa memulihkannya kembali.

Mengirimkan data

Kamu juga mengirimkan data dengan menggunakan Cloud Storage. Setelah kamu mengunggah file dan data pada Cloud Storage, siapa saja bisa mengunduh file dan data tersebut kapanpun asalkan memiliki akses.

4 dari 8 halaman

Perbedaan Cloud Storage dengan Local storage

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Cloud Storage © Diadona

Pada dasarnya perbedaan Cloud storage dan local storage terletak dari bedanya media penyimpanan. Cloud Storage disimpan secara online pada server sedangkan local storage disimpan di ruang penyimpanan yang terdapat di perangkat komputer kamu dan juga dikenal sebagai penyimpanan offline.

Untuk lebih memahaminya lagi, berikut adalah perbedaan Cloud Storage dengan local storage:

Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan Cloud Storage cenderung cukup banyak dan besar, sedangkan kapasitas penyimpanan local storage terbatas pada besarnya penyimpanan yang tersedia di perangkat komputer kamu.

Biaya

Jika kamu menginginkan untuk menambah kapasitas Cloud Storage, maka kamu bisa berlangganan premium dan mendapatkan banyak keuntungan lain. Namun jika kamu ingin menambah kapasitas local storage maka akan diperlukan biaya yang cukup besar untuk menambah ruang penyimpanan di perangkat komputer.

5 dari 8 halaman

Tingkat keamanan

Cloud Storage hanya bisa diakses jika kamu mengetahui username dan kata sandi akun, sedangkan local storage bisa diakses oleh siapapun yang membuka perangkat komputer.

Fleksibilitas

File dan data yang kamu simpan di Cloud Storage bisa kamu buka kapanpun dan dimanapun, sedangkan jika kamu ingin mengakses file dan data yang kamu simpan di local storage maka kamu harus membawa perangkat komputer kamu kemanapun.

Fitur-fitur yang tersedia

Cloud storage dilengkapi dengan banyak fitur pendukung seperti kamu bisa mengolah data serta berbagi file dan data dengan mudah, mengedit dan berbagi data pada local storage cenderung lebih merepotkan.

Resiko

Menyimpan data pada local storage memiliki resiko yang cukup besar karena file dan data kamu bisa tiba-tiba hilang, namun jika kamu menyimpan data pada Cloud Storage kamu bisa melakukan back up data dan kemudian memulihkan data yang tiba-tiba hilang tersebut.

6 dari 8 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Storage

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Cloud Storage © Diadona

Kelebihan dan kekurangan Cloud Storage perlu kamu pertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk menyimpan dan mencadangkan data kamu di sana. Meskipun Cloud Storage memiliki banyak kelebihan yang bisa membantumu dalam mengelola file dan data, namun tetap harus mengantisipasi kekurangan dari Cloud Storage.

Berikut adalah kelebihan dari Cloud Storage:

Menghemat biaya

Dengan menggunakan Cloud Storage kamu tidak perlu melakukan menambah kapasitas penyimpanan local storage di perangkat komputer. Kamu bisa berlangganan dan membayar biaya bulanan untuk menikmati layanan

Pencadangan data untuk pemulihan data

Pada saat mencadangkan data ke Cloud Storage kamu mengurangi resiko kehilangan data yang kamu simpan di perangkat eksternal. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu dan tetap tenang karena file dan data kamu tersimpan secara aman.

Mengelola data dengan mudah

Fleksibilitas pada Cloud storage termasuk keunggulan utama yang patut kamu pertimbangkan. Dengan menggunakan Cloud Storage maka kamu bisa mengelola data kamu kapanpun dan dimanapun.

Keamanan data terjamin

Perusahaan Cloud Storage besar biasanya akan menawarkan keamanan yang berstandar tinggi. Data kamu akan disimpan menggunakan kata sandi dan kemudian dikirim ke internet menggunakan teknologi enkripsi.

7 dari 8 halaman

Berikut adalah kekurangan dari Cloud Storage:

Membutuhkan internet

Kamu perlu tersambung ke internet untuk mengakses semua data yang kamu simpan di Cloud Storage. Kamu juga harus memastikan bahwa jaringan internet yang kamu gunakan cepat dan stabil untuk memudahkan kamu dalam mengakses data.

Kontrol yang terbatas

Karena tersimpan di server internet, kamu tidak memiliki kontrol penuh atas data yang kamu cadangkan pada Cloud Storage. Kamu akan bergantung pada perusahaan Cloud storage untuk menjaga layanan mereka dengan cara yang aman, stabil, aktif dan berfungsi maksimal.

Sulit untuk berpindah

Jika kamu sudah memindahkan data ke Cloud Storage tertentu, kamu akan kesulitan untuk berpindah ke Cloud Storage lain di kemudian hari.

Permasalahan privasi dan keamanan

Walaupun keamanan sudah dijaga secara enkripsi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi permasalahan privasi dan keamanan di kemudian hari. Hal ini karena kamu sama saja sudah menyerahkan kendali informasi kepada pihak ketiga. Sudah ada beberapa kasus kebocoran data yang disimpan di Cloud Storage.

Nah, itu tadi penjelasan tentang Cloud Storage. Jadi apakah kamu tertarik untuk menyimpan data disana? Semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar