Walaupun Seksi, Pakai Baju Ketat saat Hamil Ternyata Bahaya Buat Janin Lho Moms!

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 20 Mei 2020 15:04
Walaupun Seksi, Pakai Baju Ketat saat Hamil Ternyata Bahaya Buat Janin Lho Moms!
Duh, kenapa ya moms kira-kira?

Saat hamil, ibu pasti sangat kesusahan memakai baju lamanya atau merasa agak malas membeli baju baru yang berukuran besar. Alhasil, banyak dari ibu hamil tetap menggunakan baju lamanya yang sudah kekecilan dan ketat ketika di pakai atau malah banyak dari mereka yang sengaja menggunakan baju ketat untuk mempercantik tubuh.

Nah, ternyata kebiasaan ini tidak baik lho moms, karena hal tersebut bisa merusak janin. Berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait baju ketat dan kesehatan janin dalam kandungan,

1 dari 3 halaman

SIrkulasi Udara yang Terhambat

Pada awal kehamilan, pembuluh darah mama juga turut berkembang. Hal ini terjadi sebagai persiapan peningkatan volume darah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan plasenta dan bayi. Sebelum volume darah bertambah untuk mengisi pembuluh darah, Mama dapat mengalami hipotensi, atau tekanan darah rendah, dengan mudah. Contohnya saat berdiri dengan cepat dari posisi berlutut, duduk atau berbaring. 

Pakaian ketat di anggota badan, seperti lengan dan paha, dapat menghambat sirkulasi darah dan membuat sensasi mati rasa atau kesemutan.

2 dari 3 halaman

Infeksi Jamur

The American Pregnancy Association menemukan efek lain dari mengenakan pakaian ketat adalah meningkatnya infeksi jamur pada vagina. Wanita hamil mengalami peningkatan sekresi vagina selama kehamilan. Kondisi ini, dikombinasikan dengan pakaian dalam yang ketat, bisa menciptakan habitat yang sempurna untuk jamur berkembangbiak secara alami pada vagina. Akibatnya, jumlah jamur yang meningkat dapat menyebabkan infeksi.

3 dari 3 halaman

Heartburn

The California Pacific Medical Center's Women & Infants Center menemukan bahwa mengenakan pakaian ketat, terutama di bagian pinggang, dapat menyebabkan heartburnHeartburn atau refluks asam adalah ketidaknyaman yang umum terjadi selama kehamilan. 

Heartburn muncul karena keterlambatan pencernaan akibat peningkatan progesteron dalam tubuh selama kehamilan. Tekanan dari pakaian yang ketat juga mendorong perut dan memaksa isinya naik ke dada, sementara secara alami rahim mama dan bayi sedang bertumbuh pula. Inilah penyebab ibu mengalami heartburn.

Nah, di atas adalah beberapa efek dari penggunaan pakaian ketat moms, usahakan gunakan pakaian yang longgar dan nyaman, untuk pertanyaan lebih lanjut baiknya konsultasikan pada dokter kandungan ya!

Beri Komentar