Fakta Menakjubkan Arti dari Tendangan Si Kecil di Dalam Perut

Reporter : Riza Umami
Rabu, 20 Mei 2020 11:17
Fakta Menakjubkan Arti dari Tendangan Si Kecil di Dalam Perut
Tendangan si kecil juga memiliki arti lho, Moms.

Jika kehamilan sudah cukup besar, biasanya ibu akan merasakan tendangan dari bayi di dalam kandungan. Tentu akan sangat menyenangkan saat melihat si kecil aktif di dalam perut Moms seperti ini.

Bahkan ayah pun senang mendengar saat si kecil menendang dalam kandungan begini. Namun, adakah arti dari tendangan-tendangan tersebut. Dilansir dari healthsite.com.au (04/02), ada beberapa fakta menakjubkan dari tendangan bayi tersebut.

1 dari 2 halaman

Tendangan itu adalah gerakan janin di dalam rahim. Meski disebut tendangan, gerakan itu mungkin termasuk gerakan diafragma, cegukan, gerakan tangannya, pindah dari satu sisi ke sisi lain, jungkir balik dan lain sebagainya.

" Meski tidak semua gerakan ini dirasakan oleh ibu," kata Spesialis Kandungan di Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani Dr Shantala Vadeyar. Di minggu-minggu awal biasanya ibu akan merasakan getaran atau seperti ada yang mendesis di dalam kandungan.

2 dari 2 halaman

Tendangan dan gerakan si kecil di dalam kandungan itu adalah tanda perkembangannya. Tentu itu adalah hal yang normal dan merupakan tanggapan rangsangan dari luar yang ia terima seperti suara, cahaya atau makanan yang ibu makan.

Biasanya ibu akan merasakan tendangan si kecil ini pada kehamilan di minggu setelah 18 atau 19 minggu, bahkan ada yang sudah merasakannya di minggu ke 13. Setelah minggu ke-24 pun tendangannya pun akan terasa makin sering.

Meski tendangan bayi nantinya akan berkurang, itu bukanlah masalah yang besar. Si kecil memang akan beristirahat di dalam rahim selama 40-5- menit. Setelah minggu ke-36 pun gerakan si kecil akan berkurang karena ruang yang tersedia pun makin berkurang. Nah itulah fakta tentang tendangan si kecil. Semoga sehat-sehat terus ya, Moms.

Beri Komentar