Apa sih yang Bikin Mual saat Awal-Awal Kehamilan?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 19 Mei 2020 16:17
Apa sih yang Bikin Mual saat Awal-Awal Kehamilan?
Ini penyebab suka mual saat hamil muda.

Masa awal-awal kehamilan biasanya ibu akan mengalami beberapa hal yang mungkin tak terlalu nyaman dan perlu menyesuaikan dengan perubahan saat hamil tersebut. Mual adalah salah satu gejala yang sering muncul di awal kehamilan.

Tentu hal ini ada penyebabnya, dr. Grace Valentine menyampaikan melalui KlikDokter.com, bahwa mual ini diakibatkan karena peningkatan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) di awal kehamilan.

1 dari 2 halaman

Biasanya terjadi pada kehamilan di minggu ke 6-8 dan puncaknya pada minggu ke 12-14. Selain menyebabkan mual, hormon ini pun akan menyebabkan bumil jadi pusing. Meski demikian, hormon hCG ini berguna untuk memperkuat janin terutama pada usia kehamilan muda.

Namun, bumil tak akan merasa mual dan pusing terlalu lama. Biasanya pada minggu ke-22, kondisi tubuh akan membaik karena sudah bisa beradaptasi dengan peningkatan hormon hCG tersebut.

2 dari 2 halaman

Selain itu, selama masih belum bisa menyesuaikan dengan peningkatan hormon ini, biasanya bumil mudah mual karena bau-bau tertentu. Ada yang mual saat mencium bau nasi, nau parfum, bau suami bahkan bau-bau yang lainnya.

Tak terlalu khawatir karena itu adalah kondisi yang normal di awal-awal kehamilan. Namun, jika sampai mengalami mual dan muntah hebat segera konsultasikan pada dokter kandungan ya. Kalau Moms sendiri pernah ngalami mual gini nggak saat hamil dan biasanya apa yang bikin mual?

Beri Komentar