Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran? Ikuti Tips Ini Biar Siap Mental!

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 19 Mei 2020 09:37
Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran? Ikuti Tips Ini Biar Siap Mental!
Hamil lagi setelah keguguran memang menyisakan sedikit trauma dalam diri para wanita.

Buah hati memang menjadi anugerah terindah dalam setiap kehidupan keluarga. Nggak jarang banyak pasangan yang harus berusaha keras untuk bisa mendapatkan keturunan. Namun setelah dinyatakan hamil bukan berarti perjuangan itu sudah selesai.

Nyatanya banyak wanita yang mengalami keguguran di trimester pertama kehamilan mereka. Kejadian ini tentunya membuat kita merasa sedih dan terpuruk. Bahkan banyak juga yang mengalami depresi lho!

Tapi untungnya kebanyakan wanita yang mengalami keguguran biasanya akan mengalami kehamilan yang sukses setelahnya. Namun keraguan dan rasa takut tentunya sulit untuk kita hindari setelah melalui kegagalan sebelumnya. Makanya sangat penting untuk menyiapkan mental sebelum hamil lagi setelah keguguran.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Dilansir dari Parentscanada.com, menurut Dr. Beverly Young, seorang staf psikiater Rumah Sakit Mount Sinai di Toronto, sangat normal bagi ibu yang pernah mengalami keguguran untuk merasa sedikit stres pada kehamilan selanjutnya. Mereka mungkin merasa takut hal itu akan terjadi lagi dan ingin cepat-cepat melewati tanggal atau waktu di mana mereka mengalami keguguran. Sangat wajar bagi ibu untuk merasakan kecemasan tersebut.

Orang lain mungkin bisa dengan mudah melupakan kejadian itu. Tapi ibu yang pernah mengalami keguguran pasti mengingat hal itu dengan jelas dan bisa menderita dalam diam. Untuk itu, Dr. Beverly menyarankan agar pasangan berkonsultasi dengan dokter di trimester pertama kehamilan.

2 dari 5 halaman

Kita bisa mendiskusikan kekhawatiran kita bersama dengan dokter. Terkadang kita hanya butuh untuk sedikit mendapat keyakinan dari orang lain dan berkonsultasi dengan dokter setidaknya bisa membuat kita mendapat sedikit jaminan dan rasa aman. Biasanya setelah melewati trimester pertama, para wanita akan merasa lebih lega dan santai.

Untuk menghadapi kecemasan di trimester pertama, Dr. Beverly memberikan beberapa tips berikut ini.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil Lari © Diadona

1. Mengalihkan perhatian

Agar kita nggak selalu merasa parno dan khawatir, kita bisa mencoba untuk mengalihkan pikiran kita. Usahakan untuk membuat pikiran kita sibuk dengan hal lain agar kita nggak stres dengan kehamilan yang sedang kita jalani.

2. Jangan mencari informasi di internet

Tanpa kita sadari, kita bisa membuat diri sendiri menjadi stres karena terlalu sering mencari informasi di internet. Untuk itu sebaiknya kita menghentikan kebiasaan ini karena hal itu hanya akan membuat kita semakin tertekan.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

3. Lakukan hal menyenangkan

Orang hamil bukan orang sakit. Kamu nggak harus selalu terbaring di atas kasur untuk menjaga kehamilanmu. Justru kamu harus banyak melakukan hal yang menyenangkan untuk menghindari stres dan menjaga suasana hati tetap baik.

4. Makan dengan baik

Jangan lupa untuk menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan kuat selama kehamilan. Jangan sampai kita nggak makan dengan baik karena teralu khawatir dengan kehamilan. Tetap aktif dan menjaga pola makan justru akan membuat kehamilan terasa lebih mudah.

5 dari 5 halaman

5. Lakukan rutinitas seperti biasanya

Banyaknya mitos tentang kehamilan mungkin membuat kita takut untuk beraktivitas seperti biasa. Padahal kita bisa terus melakukan rutinitas seperti biasa meskipun sedang hamil. Hanya pastikan kegiatan kita nggak terlalu menguras tenaga dan tetap aman untuk dilakukan.

Semoga tips ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar