Tips Aman dan Nyaman Pakai Gendongan Bayi Pasca Operasi Caesar

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 12 Januari 2021 06:30
Tips Aman dan Nyaman Pakai Gendongan Bayi Pasca Operasi Caesar
Simak sederet tipsnya yuk, Moms.

Operasi caesar jadi salah satu metode persalinan yang banyak dipilih oleh ibu hamil. Meski prosesnya terbilang lebih cepat dibanding persalinan normal, umumnya ibu yang melahirkan secara caesar perlu waktu yang lebih lama lho Moms untuk pulih.

Pasca melahirkan, nggak sedikit ibu yang ingin segera menggendong si kecil. Umumnya, ibu menggunakan gendongan bayi. Tapi, bekas luka pasca operasi caesar tentunya membuat Moms merasa khawatir dan nggak nyaman saat menggendong si kecil dengan gendongan bayi.

Karena itu, berikut Diadona sajikan tips aman menggunakan gendongan bayi yang dilansir dari laman Infantino. Apa saja tipsnya? Yuk, langsung simak di bawah ya.

1 dari 5 halaman

Konsultasi Lebih Dulu pada Dokter

Ilustrasi pasangan konsultasi ke dokter © Diadona

Bagi Moms yang ingin menggendong si kecil dengan gendongan bayi, sangat disarankan untuk mengonsultasikan pada dokter lebih dulu kapan sekiranya Moms bisa menggunakan gendongan bayi. Seperti yang kita tahu, kecepatan seseorang untuk pulih pasca operasi caesar berbeda satu sama lain.

Tentunya, bisa atau tidaknya Moms segera menggunakan gendongan bayi tergantung dengan seberapa cepat Moms pulih baik di area perut tempat bekas luka maupun mendapatkan lagi kekuatan otot dan stamina setelah operasi caesar. Karena itu, sebaiknya Moms meminta pendapat dokter lebih dulu sebelum memutuskan menggunakan gendongan bayi.

2 dari 5 halaman

Berlatih Menggunakan Gendongan Tanpa Bayi

Moms bisa mencoba menggunakan gendongan tanpa bayi lebih dulu. Bila Moms merasa sakit saat gendongan dikaitkan ke tubuh, hal ini menandakan tubuh Moms masih belum siap untuk menggendong si kecil dengan gendongan bayi. Saat dalam kondisi ini, jangan memaksakan diri ya Moms dan tunggu agar tubuh pulih lebih dulu.

3 dari 5 halaman

Pilih Gendongan Bayi yang Tepat

Ilustrasi gendong bayi © Diadona

Saat ini, sudah banyak pilihan model gendongan bayi yang bisa Moms pilih. Moms bisa memilih gendongan yang menurut Moms cocok dan nyaman dipakai. Selain itu, selalu baca instruksi yang disertakan lebih dulu ya untuk memastikan Moms menggunakan gendongan dengan benar.

4 dari 5 halaman

Hindari Mengangkat Barang Berat saat Menggendong Bayi

Dalam masa pemulihan pasca operasi caesar, Moms sebaiknya menghindari mengangkat apapun yang lebih berat dari si kecil. Karena itu, hindari mengangkat barang apapun saat menggendong bayi ya Moms.

Saat pertama kali mulai menggunakan gendongan bayi, tubuh Moms cukup terbiasa menopang berat badan si kecil. Menambah beban dengan mengangkat tas popok yang berat di bahu, membuang sampah, atau sekadar mengambil kereta dorong bukan pilihan yang bijak. Sebaiknya, tunggu sampai Moms pulih sepenuhnya ya sebelum mengangkat barang lainnya.

5 dari 5 halaman

Mulai dari Berjalan-jalan pada Jarak Dekat

Ilustrasi gendong bayi © Diadona

Saat tubuh dalam masa pemulihan, hindari terlalu memaksakan diri ya Moms. Ibu bisa mulai dengan menggendong bayi dan berjalan-jalan di sekitar rumah.

Seiring berjalannya waktu, Moms bisa menambah frekuensi waktu menggunakan gendongan bayi. Tapi kembali lagi ya Moms, hindari memaksakan diri dan istirahat saat tubuh merasa lelah.

Nah, itum dia tips aman menggunakan gendongan bayi pasca operasi caesar. Semoga membantu ya, Moms.

Beri Komentar