Penting Diperhatikan, Ini 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Ingin Liburan ke Pantai

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 26 Desember 2020 14:30
Penting Diperhatikan, Ini 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Ingin Liburan ke Pantai
Simak sederet tips berikut ini ya, Moms.

Liburan jadi salah satu aktivitas favorit banyak orang setelah melalui hari yang panjang dan melelahkan. Berbicara soal liburan, tentunya nggak bisa dipisahkan dengan pantai. Pasalnya, nggak sedikit orang yang menjadikan pantai sebagai destinasi wisata saat liburan.

Tapi, bagi Moms yang sedang hamil, perlu diperhatikan juga beberapa hal saat memutuskan menghabiskan liburan di pantai. Saat hamil, tentunya Moms nggak ingin kan melakukan aktivitas yang bisa membahayakan bayi?

Lalu, apa sih yang perlu bumil perhatikan saat liburan di pantai? Dilansir dari Alodokter, berikut sederet tipsnya.

1 dari 5 halaman

Batasi Paparan Sinar Matahari

Ilustrasi Berjemur © Diadona

Meski berjemur jadi salah satu aktivitas menarik saat liburan ke pantai, tapi sebaiknya Moms membatasi paparan sinar matahari ya. Pasalnya, paparan sinar UV yang tinggi diketahui bisa mengganggu perkembangan sistem saraf janin terutama pada trimester pertama dan kedua kehamilan.

Selain itu, suhu tubuh ibu hamil yang cenderung lebih mudah naik membuat Moms rentan mengalami dehidrasi yang juga bisa berbahaya bagi si kecil. Karena itu, sebaiknya Moms hindari paparan sinar matahari yang terik dan terlalu lama.

2 dari 5 halaman

Gunakan Tabir Surya

Ilustrasi memakai sunscreen © Diadona

Sunscreen atau tabir surya jadi hal yang nggak boleh ketinggalan saat Moms berlibur ke pantai. Saat hamil, kulit jadi lebih sensitif Moms dan lebih berisiko mengalami gatal-gatal, ruam, kulit yang menghitam atau chloasma dan becak-bercak hitam.

Karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menggunakan tabir surya minimal SPF 30. Usahakan Moms mengaplikasikannya secara ulang setiap 2 jam sekali ya atau setelah kulit terkena air.

3 dari 5 halaman

Pilih Waktu yang Tepat untuk Berenang

Ilustrasi ibu hamil liburan ke pantai © Diadona

Berenang punya banyak manfaat bagi ibu hamil sepeti bisa meringankan nyeri pinggul bagian bawah dan menguatkan otot maupun sendi. Saat di pantai, usahakan Moms berennag di pagi atau sore hari saat suhu sedang nggak terlalu panas. Selain itu, pastikan ombak juga nggak sedang tinggi ya Moms untuk mencegah risiko tenggelam.

4 dari 5 halaman

Cukupi Asupan Cairan

30 Manfaat Minum Banyak Air Putih Hangat © Diadona

Pastikan Moms minum air yang cukup ya untuk mencegah dehidrasi. Sebaiknya, Moms membawa sendiri botol air minum kemanapun Moms pergi. Hindari minum minuman yang malah meningkatkan risiko dehidrasi ya Moms seperti minuman berkafein.

5 dari 5 halaman

Siapkan Kompres Dingin

Untuk menjaga suhu tubuh Moms tetap normal saat berada di bawah terik matahari, Moms bisa menempatkan kompres dingin maupun waslap basah pada dahi, tengkuk atau kepala.

Memang, suhu tubuh ibu hamil akan cenderung semakin meningkat saat memasuki trimester kedua kehamilan Moms. Karena itu, penting untuk menjaga suhu tubuh tetap normal apalagi saat Moms berlibur ke pantai.

Nah, itu dia 5 tips yang perlu ibu hamil perhatikan saat liburan ke pantai. Meski begitu, tetap patuhi protokol kesehatan ya Moms jika ingin berlibur di kala pandemi seperti sekarang. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar