Penyebab Pusar Bodong Pada Bayi, Apakah Itu Berbahaya?

Reporter : Prisma Difta
Sabtu, 2 Januari 2021 08:21
Penyebab Pusar Bodong Pada Bayi, Apakah Itu Berbahaya?
simak moms

Seperti yang kita tahu bahwa Janin dalam kandungan mendapatkan makanan melalui tali pusar yang berasal dari makanan yang ibu konsumsi, setelah ia lahir bayi akan berhenti mendaoatkan makanan dari tali pusarnya, sehingga otot perut yang menjadi tempat menempelnya tali pusar akan segera menutup.

Penutupan pusar yang tak sempurna menyebabkan bayi bisa terkena hernia umbilikalis atau sering kita kenal dengan istilah pusar bodong. Apakah pusar bodong berbahaya? Simak ya moms

 

1 dari 2 halaman

Pusar Bodong terjadi karena..

Pusar bodong biasanya terjadi ketika usus dalam tubuh mendorong keluar melalui lubang di otot perut bayi karena belum menutup dengan sempurna. Hal itu sebenarnya tidak berbahaya, dan biasanya akan membaik dengan sendirinya. Nah, Beberapa alasan dibawah ini yang membuat pusar seorang bayi menjadi bodong: 

1. Kesalahan saat memotong tali pusar

2. Menunda pemotongan tali pusa4

3. Perawatan tali pusar yang tidak tepat

 

2 dari 2 halaman

Cara mengatasi

 

Sebenarnya, tidak ada yang harus dipermasalahkan dengan pusar bodong pada bayi, ibu tak harus menghilangkannya. Namun, jika ibu melihat pusar bodong berwarna kemerahan atau keluar cairan tertentu pada pusar, baiknya perlu dibawa ke dokter spesialis ya.

Namun  jika semuanya normal, anggap pusar bodong sebagai salah satu keunikan dari dari buah hati.  Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan tidak ada yang perlu Mama lakukan untuk mengubahnya!

Semoga membantu moms

Beri Komentar