Mengenal Tentang PCOS, Penyakit yang Membuat Sulit Hamil

Reporter : Mila
Jumat, 25 Februari 2022 11:57
Mengenal Tentang PCOS, Penyakit yang Membuat Sulit Hamil
Harus diwaspadai ya Moms.

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai wanita adalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik. PCOS adalah gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan kista kecil di tepi luar.

Gangguan hormon ini umumnya menyerang wanita di usia subur. Penderita PCOS mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebihan.

Hormon androgen berlebih pada penderita bisa dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Akibatnya, sel telur tidak berkembang dengan sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.

1 dari 4 halaman

Risiko Sulit Hamil

Ilustrasi PCOS © Diadona

Menstruasi tidak teratur yang berlanjut berlanjut hingga menikah, akan memberi risiko lain, yaitu sulit untuk hamil. Hal tersebut disebabkan tidak adanya pematangan sel telur.

Melansir Hello Sehat, Sekitar 5-10 persen wanita berusia 15-44 terdiagnosis dengan penyakit ini. Umumnya, usia 20-30 tahun adalah saat di mana para penderita PCOS baru mengetahui mereka memiliki sindrom ini. Biasanya, hal ini terjadi ketika mereka memiliki masalah kehamilan dan memeriksakan diri ke dokter.

2 dari 4 halaman

Gejala PCOS

Melansir CNN Indonesia, ini adalah sejumlah gejala yang umum dialami wanita dengan PCOS:

1. Menstruasi tidak teratur

Wanita yang menderita PCOS sering mengalami menstruasi yang jarang, tidak teratur, atau berkepanjangan.

2. Pendarahan hebat

Saat menstruasi, umumnya wanita dengan PCOS mengalami pendarahan hebat. Ini terjadi karena lapisan rahim menumpuk untuk periode waktu yang lama sehingga saat menstruasi akan menjadi lebih berat.

3. Pertumbuhan rambut

Lebih dari 70 persen wanita dengan gangguan PCOS memiliki kondisi rambut yang tumbuh di wajah termasuk di bagian punggung, perut, dan dada.

4. Mengalami obesitas

Melansir WebMD, sekitar setengah dari wanita yang menderita PCOS mengalami obesitas berupa masalah kenaikan berat badan dan sulit untuk menurunkan berat badan mereka.

5. Muncul banyak jerawat

Perubahan hormon pada PCOS membuat wanita lebih mungkin memiliki kulit berminyak, sehingga memicu pertumbuhan jerawat yang berlebih.

6. Sulit tidur

Wanita dengan PCOS juga kerap mengalami sulit tidur, selalu merasa lelah, dan kurang beristirahat. Perubahan hormon juga dapat menimbulkan sakit kepala.

3 dari 4 halaman

Mencegah dan Mengatasi PCOS

Untuk mencegah terjadinya PCOS, seseorang harus mengubah pola hidup, rajin berolahraga, dan menjaga berat badan dengan cara mengonsumsi makanan sehat. 

Penyakit ini sendiri tidak bisa disembuhkan, sehingga akan diberikan pengobatan, terutama bagi wanita yang ingin hamil. Obat ini untuk merangsang agar sel telur bisa berkembang.

Selain terapi hormon dengan obat, penanganannya juga bisa dengan melakukan laparoskopi. Tindakan medis ini dimaksudkan untuk memecahkan sel-sel telur untuk mengurangi kelebihan hormon, atau disebut dengan ovarian grilling.

Beri Komentar