Perut Ibu Hamil Terlihat Mengecil di Pagi Hari, Apakah Normal?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 18 Februari 2022 11:57
Perut Ibu Hamil Terlihat Mengecil di Pagi Hari, Apakah Normal?
Simak dulu penjelasannya ya Moms.

Kalau Moms merasa ukuran perut mengecil di pagi hari saat hamil, jangan panik dulu. Moms tidak sendirian, kok. Ternyata, banyak ibu hamil di luar sana yang merasa perut mereka juga tampak lebih kecil saat bangun tidur. Padahal, di malam sebelumnya terlihat besar dan terasa lebih kencang.

Lantas, apa ya penyebabnya?

1 dari 4 halaman

Otot Perut Mengencang

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Selama kehamilan, rahim akan terus mendorong otot-otot perut untuk membuat ruang untuk tumbuh kembang janin. Ditambah dengan beraktivitas seharian, otot-otot ini akan semakin mengendur sehingga perut akan tampak lebih besar dari biasanya ketika sore menjelang malam.

Nah, selama tidur di malam hari otot-otot ini akan 'beristirahat' dan menyusut kembali sehingga pada pagi hari perut jadi terlihat lebih kempes dan kecil. 

Hal ini juga dipengaruhi oleh kulit di sekitar perut yang meregang. Saat kulit perut mengembang atau berkontraksi, reaksi ini justru 'menekan' perut sehingga memberikan ilusi bahwa perut tampak mengecil di pagi hari.

2 dari 4 halaman

Perut Belum Diisi

Perut Moms terasa kecil adalah karena belum diisi apa pun. Setelah terakhir kali makan di hari sebelumnya, sistem pencernaan membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam untuk mengosongkan isi perut.

Kemudian saat tidur, perut juga tidak kembali diisi selama berjam-jam. Beberapa perempuan, terutama yang hamil muda, juga mungkin mengalami muntah-muntah di pagi hari (morning sickness) sehingga isi perut makin terkuras.

3 dari 4 halaman

Posisi Bayi Berubah

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Moms sudah bisa merasakan bayinya bergerak dalam kandungan pada minggu ke 13-16 kehamilan. Gerakan bayi ini disebut dengan quickening yang sering digambarkan seperti ada debaran dari dalam perut.

Seiring pertumbuhan, gerakan bayi akan semakin kuat dan semakin sering. Bayi juga sudah bisa berpindah posisi. Nah, bayi biasanya paling aktif bergerak di antara pukul 9 malam dan 1 pagi, sewaktu Moms sedang tidur.

Gerakan bayi ini bisa membuat perut tampak lebih besar atau lebih kecil dari biasanya. Kalau kepala bayi sudah turun ke pinggul dan punggungnya menghadap punggung ibu, pergerakan ini bisa membuat Moms merasa perut mengecil di pagi hari saat hamil. Posisi seperti ini disebut dengan posisi posterior.

4 dari 4 halaman

Umumnya, perut mengecil di pagi hari saat hamil bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Oleh karena itu, jangan terlalu khawatir kalau saat bangun tidur perut terasa kecil. Terlebih, kalau nilai tinggi fundus rahim Moms masih normal dan sesuai dengan usia kehamilan saat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar