6 Makanan yang Menghilangkan Rasa Mual saat Hamil, Wajib Coba Moms!

Reporter : Mila
Kamis, 17 Februari 2022 11:57
6 Makanan yang Menghilangkan Rasa Mual saat Hamil, Wajib Coba Moms!
Ini nih rekomendasi makanan biar gak mual.

Seperti yang diketahui, rasa mual dan ingin muntah saat hamil umumnya dialami pada trimester pertama. Hal ini tentu membuat Moms jadi sulit untuk menerima makanan yang masuk. Padahal asupan gizi untuk diri Moms sendiri dan sang janin tetap harus dipenuhi secara tepat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang bisa menghilangkan rasa mual saat masa kehamilan agar kebutuhan gizi harian tetap tercukupi.

Langsung simak aja yuk, Moms!

1 dari 6 halaman

Makanan Tinggi Protein

Ilustrasi Makanan Protein © Diadona

Melansir healthline, sumber protein dipercaya bisa jadi makanan penghilang rasa mual yang aman dikonsumsi selama masa kehamilan.

Ada berbagai jenis makanan tinggi protein yang bisa dikonsumsi, mulai dari susu, telur, ikan, daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam, dan daging unggas lainnya.

2 dari 6 halaman

Jahe

Moms pasti sudah paham tentang khasiat rempah yang satu ini, kan? Jahe memang sering digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi gangguan perut, terutama mual dan muntah.

Hal ini karena jahe mengandung senyawa bioaktif yang berinteraksi dengan perut dan sistem saraf pusat untuk membantu meredakan mual. Kalau dirasa membantu, Moms bisa mengolah jahe sebagai makanan penghilang rasa mual menjadi teh, biskuit, permen, dan lain sebagainya. 

3 dari 6 halaman

Olahan Sup

Ilustrasi Sup © Diadona

Sup cenderung lebih mudah ditoleransi oleh ibu hamil yang merasa mual karena makanan. Semangkuk sup ayam mengandung garam dan kalium, sehingga baik untuk mengganti elektrolit yang hilang setelah muntah. 

Perlu diingat bahwa hindari memasak atau memanaskan sup lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga lebih mudah dicerna oleh ibu hamil. 

4 dari 6 halaman

Makanan yang Punya Rasa Segar

Rekomendasi makanan penghilang rasa mual saat hamil selanjutnya adalah makanan yang memiliki rasa segar, seperti lemon, jeruk nipis, dan sejenisnya.

Meski baik untuk menghilangkan mual, tapi sebaiknya Moms tidak mengonsumsi lemon atau jeruk nipis terlalu sering dan berlebihan. Pastikan untuk mencukupi makanan bergizi lain secara seimbang.

5 dari 6 halaman

Makanan Dingin

Ilustrasi Yoghurt © Diadona

Terakhir, ada juga beberapa jenis makanan penghilang rasa mual yang dingin, di antaranya yoghurt, es krim, buah potong yang dingin, dan sejenisnya. Pastinya enak banget ya!

6 dari 6 halaman

Untuk memilih makanan penghilang rasa mual, penting mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, pilih makanan yang kaya nutrisi sehingga janin dalam kandungan tidak kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan untuk berkembang. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar