Konsumsi Suplemen Omega-3 Bisa Tingkatkan Peluang Hamil, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila
Selasa, 1 November 2022 09:57
Konsumsi Suplemen Omega-3 Bisa Tingkatkan Peluang Hamil, Mitos atau Fakta?
Cek faktanya dulu, Moms!

Saat Moms mencoba untuk hamil, mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara agar program hamil berjalan dengan lancar. Selain makanan, suplemen juga dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan. Misalnya suplemen omega-3.

Asam lemak omega-3 sejak lama dikenal membantu meningkatkan kesuburan. Bagi perempuan, omega-3 bisa meningkatkan ovulasi. Sementara, bagi laki-laki, omega-3 bisa meningkatkan morfologi dan motilitas (gerak) sperma pria.

Tapi, benarkah konsumsi omega-3 bisa tingkatkan peluang hamil?

1 dari 5 halaman

Tentang Suplemen Omega-3

Suplemen omega-3 adalah suplemen yang mengandung asam lemak omega-3, yang merupakan jenis lemak esensial yang dibutuhkan tubuh tapi tidak bisa diproduksi sendiri.

Ini berarti bahwa omega-3 harus berasal dari makanan atau suplemen yang tersedia dalam bentuk cair atau dalam bentuk kunyah lunak.

2 dari 5 halaman

Benarkah Suplemen Omega-3 Membantu Meningkatkan Kesuburan?

Mengonsumsi omega-3 tidak hanya membantu kesuburan, tetapi sangat disarankan untuk setiap orang yang mencoba untuk hamil atau sudah hamil.

Omega-3 bisa membantu meningkatkan ovulasi perempuan. Konsumsi DHA dari asam lemak omega-3 juga telah terbukti meningkatkan kadar progesteron. Progesteron adalah hormon yang mengatur kondisi lapisan rahim untuk persiapan kehamilan. 

Menurut penelitian dari US National Institute of Health, mengonsumsi makanan yang kaya omega 3 bisa meningkatkan kualitas sel telur dan kondisi ovarium calon Moms.

3 dari 5 halaman

Kalau Moms mencoba untuk hamil, ingatlah bahwa tubuh akan menyimpan omega-3 selama beberapa minggu. Jadi pastikan mendapatkan asupan omega-3 saat program hamil.

Secara umum, lebih baik mendapatkan omega-3 dari makanan laut. Tapi kalau Moms khawatir tentang merkuri yang terkandung pada makanan laut, ketahuilah ada banyak suplemen omega-3 yang sehat dan bebas merkuri.

4 dari 5 halaman

Manfaat Omega-3 untuk Peluang Hamil

Berikut beberapa manfaat omega-3 untuk kesuburan dan peluang hamil:

  • Mengatur hormon reproduksi.
  • Meningkatkan aliran darah ke rahim.
  • Mengurangi peradangan di dalam tubuh. 
  • Mengurangi sensitivitas terhadap hormon prolaktin yang dapat menekan ovulasi.
  • Meningkatkan lendir di sel telur.
  • Melancarkan siklus menstruasi.

Beri Komentar