Makan Es Krim saat Hamil Bisa Menambah Berat Badan Janin, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 26 Oktober 2022 09:57
Makan Es Krim saat Hamil Bisa Menambah Berat Badan Janin, Mitos atau Fakta?
Benarkah begitu?

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, janin pun makin tumbuh dan berkembang. Termasuk penambahan berat badannya.

Berat badan janin sangat penting karena menjadi acuan kesehatan saat si Kecil lahir nanti. Bayi yang lahir dengan kondisi berat badan lahir rendah punya risiko kesulitan mengatasi infeksi. Selain itu, ia juga mungkin kesulitan untuk mengontrol suhu tubuhnya.

Lantas, benarkah mengonsumsi es krim bisa membantu meningkatkan berat badan si Kecil?

1 dari 4 halaman

Es Krim untuk Menambah Berat Badan Janin

Menurut dr. Keven Tali, seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan, mengonsumsi es krim memang bisa meningkatkan berat badan janin. Tapi, es krim saja tidak bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan janin untuk bertumbuh. Jadi harus diimbangi dengan makanan bergizi lainnya.

2 dari 4 halaman

Konsultasikan ke Dokter Kandungan

Lalu, kalau berat badan janin kurang, diskusikan dengan dokter mengenai cara yang paling tepat untuk meningkatkan berat badan itu. Meningkatkan berat badan janin jangan dilakukan dengan sembarang. Alih-alih sehat, ini malah bisa membahayakan janin dan Moms.

Dokter biasanya akan menyarankan Moms untuk menambah jumlah makanan bernutrisi yang dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Risiko Makan Es Krim Berlebihan

Menikmati es krim di tengah udara panas memang enak. Apalagi ketika saat hamil, Moms mudah sekali merasa gerah. Tapi, es krim juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya es krim mengandung gula yang bisa memicu diabetes gestasional kalau dikonsumsi terlalu banyak. Kalau itu terjadi, justru bisa membahayakan janin dan kesehatan ibu hamil.

Beri Komentar