Moms Wajib Simak, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata selama Masa Kehamilan

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 27 Oktober 2022 09:57
Moms Wajib Simak, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata selama Masa Kehamilan
Mata juga harus dijaga saat hamil, Moms!

Menjalani kehamilan adalah hal yang membahagiakan bagi seorang wanita. Tapi, di tengah kebahagiaan yang dirasakan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar proses ini bisa dijalani dengan sehat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan mata selama masa kehamilan.

Banyak calon Moms yang mengeluhkan beberapa gangguan mata, seperti penglihatan berbayang akibat berbagai pemicu selama masa kehamilan. Untuk itu, pastikan Moms mengetahui berbagai cara tepat menjaga kesehatan mata agar penglihatan berfungsi secara optimal.

1 dari 8 halaman

Gangguan Mata yang Rentan Dialami Ibu Hamil

Saat Moms menjalani kehamilan, tentunya ada berbagai perubahan yang akan dialami. Seperti beberapa keluhan, seperti mual, muntah, hingga nyeri punggung.Tidak jarang calon Moms juga mengeluhkan beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan penglihatan.

Pada dasarnya, kehamilan menyebabkan gangguan mata untuk sementara waktu. Tapi, ini bisa menjadi komplikasi persalinan ketika Moms sudah punya gangguan mata sebelum masa kehamilan.

2 dari 8 halaman

Ada beberapa gangguan mata yang rentan dialami oleh ibu hamil, seperti:

  • Mata kering.
  • Pandangan berbayang.
  • Penglihatan ganda.
  • Kehilangan penglihatan sementara.
  • Sensitif terhadap cahaya.

Untuk menurunkan risiko gangguan mata, berikut berbagai cara yang bisa Moms lakukan.

3 dari 8 halaman

Hindari Penggunaan Lensa Kontak

Sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak yang terlalu lama. Kondisi ini bisa menyebabkan mata menjadi kering dan memicu gangguan mata yang lebih buruk.

Pilihlah untuk menggunakan kacamata sementara waktu agar kesehatan mata tetap terjaga.

4 dari 8 halaman

Kompres Mata

Kalau Moms merasakan tidak nyaman pada bagian mata dan menyebabkan pembengkakan, Moms bisa mengompres bagian mata dengan kompres dingin atau air suhu ruang. Pastikan kamu mengompres mata dengan kain lembut agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara optimal.

5 dari 8 halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan janin, Moms juga perlu mengonsumsi berbagai makanan yang bisa meningkatkan kesehatan Moms secara menyeluruh, termasuk mata.

Cobalah untuk mengonsumsi ikan, sayuran hijau, wortel, kacang-kacangan, daging sapi, dan telur yang memiliki berbagai kandungan sehat untuk menjaga kesehatan mata.

6 dari 8 halaman

Periksakan Kadar Gula Darah

Ibu hamil rentan mengalami hiperglikemia yang berisiko memicu gangguan mata. Untuk itu, lakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin untuk mencegah gangguan kehamilan dan mata.

7 dari 8 halaman

Periksakan Mata Secara Rutin

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan pada dokter mata. Moms perlu menginformasikan pada dokter mata mengenai kehamilan yang sedang dijalankan.

Dengan begitu, dokter bisa memberikan obat-obatan atau vitamin yang sesuai dengan kebutuhan.

Beri Komentar