Ciri-ciri Orang Hamil Bisa Dilihat dari Wajah, Apa Saja?

Reporter : Mila
Sabtu, 10 Juli 2021 08:57
Ciri-ciri Orang Hamil Bisa Dilihat dari Wajah, Apa Saja?
Mungkin Moms juga punya ciri-ciri berikut.

Memasuki masa awal kehamilan memang akan ada banyak sekali perubahan yang terjadi. Umumnya, hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon saat hamil. Salah satunya, perubahan yang bisa terlihat langsung melalui penampilan wajah.

Apa saja ya tanda hamil yang bisa dilihat dari wajah?

1 dari 8 halaman

Wajah Cerah dan Berkilau

Melansir American Pregnancy, sebagian ibu hamil merasakan efek positif dari kehamilannya yaitu berupa kulit wajah yang tampak lebih cerah dan berkilau. Kulit wajah tampak cerah dan berkilau ini biasanya disebabkan oleh adanya peningkatan produksi darah pada tubuh sebesar 50% dibandingkan saat sebelum hamil.

Selain itu, peningkatan hormon membuat kelenjar minyak bekerja lebih. Alhasil, wajah Moms jadi tampak berkilau alias berminyak.

2 dari 8 halaman

Wajah Bengkak

Bukan hanya bengkak pada tangan dan kaki, wajah bengkak saat hamil juga merupakan hal yang wajar. Perubahan wajah ini terjadi seiring dengan semakin bertambahnya berat badan perempuan yang sedang hamil.

Tenang Moms, karena ini hanya bersifat sementara dan akan menghilang setelah melahirkan.

3 dari 8 halaman

Kulit Wajah Kering

Kulit wajah yang kering waktu hamil disebabkan oleh perubahan hormon. Perubahan hormon saat hamil tersebut bisa menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kelembapan saat meregang, hingga tampak kering.

4 dari 8 halaman

Buu Mata dan Alis Rontok

Kehilangan bulu mata dan penipisan alis bisa saja terjadi saat asupan makanan Moms tidak mengandung protein dan vitamin yang cukup, serta saat tiroid tidak berfungsi dengan baik.

5 dari 8 halaman

Kulit Lebih Sensitif

Peningkatan kadar hormon saat hamil serta kondisi kulit yang tertarik dan terasa lebih tipis bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dan hindari berada di bawah paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

6 dari 8 halaman

Pembuluh Darah di Pipi Terlihat Jelas

Banyaknya darah yang mengalir pada tubuh bisa memberikan tekanan pada pembuluh kapiler yang disertai peningkatan hormon estrogen menjadi alasan pembuluh darah di pipi terlihat jelas saat hamil. Selain di wajah, pembuluh darah juga akan terlihat jelas pada tenggorokan, leher, dan lengan.

Kondisi ini wajar dan cenderung tidak membahayakan. Jadi Moms jangan khawatir ya!

7 dari 8 halaman

Wajah Berjerawat

Umumnya, jerawat akan muncul pada usia kehamilan trimester pertama dan kedua. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon androgen yang membuat produksi kelenjar minyak atau sebum meningkat.

8 dari 8 halaman

Wajah Kusam dan Ada Flek Hitam

Saat hamil biasanya munculnya flek hitam atau disebut juga dengan ‘topeng kehamilan’. Secara medis, flek atau noda hitam di wajah pada ibu hamil dinamakan melasma dan chloasma.

Meski menyebalkan dan mengganggu penampilan, flek hitam di wajah tergolong normal terjadi. Bahkan, sebanyak 50 persen ibu hamil mengalami kondisi ini.

Kalau Moms mengalami ciri yang mana nih?

 

Beri Komentar