Anemia Bisa Menyerang Janin Dalam Kandungan, Apa sih Penyebabnya?

Reporter : Mila
Kamis, 8 Juli 2021 07:58
Anemia Bisa Menyerang Janin Dalam Kandungan, Apa sih Penyebabnya?
Waspada ya, Moms!

Anemia terjadi saat jumlah sel darah merah dan hemoglobin lebih rendah dari batas normal. Hemoglobin berfungsi membawa oksigen, sedangkan sel darah merah berperan penting untuk menjaga fungsi darah.

Oleh karena itu, anemia bisa meningkatkan risiko terserang penyakit jantung atau komplikasi jantung. Anemia ternyata tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga bisa menyerang janin dalam kandungan.

Apa penyebab anemia pada janin dalam kandungan? Simak penjelasan lengkap di bawah ya!

1 dari 5 halaman

Ketidakcocokan Jenis Darah Ibu dan Janin

Melansir jurnal kesehatan yang diterbitkan oleh Johns Hopkins Medicine, anemia pada janin bisa disebabkan karena ketidakcocokan jenis darah Moms dan janin. Kondisi itu biasa disebut isoimunisasi.

Pada kondisi isoimunisasi, antibodi Moms menghancurkan sel darah merah pada janin. Akibatnya, virus bisa mengganggu sistem kerja sumsum tulang janin yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah. Itulah sebabnya, produksi sel darah merah untuk janin menurun hingga menyebabkan anemia.

2 dari 5 halaman

Kehilangan Darah

Anemia pada janin juga bisa disebabkan oleh janin yang kehilangan darah dari sistem sirkulasi. Kondisi ini bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya kondisi kesehatan Moms yang mulai menurun.

Kerusakan pada struktur jantung atau pembuluh darah janin juga bisa menyebabkan anemia. Itulah sebabnya, Moms dianjurkan untuk rutin memantau perkembangan janin dalam kandungan ke dokter.

3 dari 5 halaman

Alloimunisasi

Anemia pada janin ternyata juga bisa disebabkan oleh sang ayah. Artinya, janin yang mewarisi antigen darah atau protein tertentu dari ayah memiliki kemungkinan untuk terserang anemia selama dalam kandungan. 

Kondisi ini biasa disebut alloimunisasi. Kondisi tersebut menyebabkan sistem kekebalan tubuh Moms membentuk antibodi yang menyerang dan menghancurkan sel darah merah janin dalam kandungan. 

4 dari 5 halaman

Mendeteksi Anemia pada Janin

Anemia pada janin bisa dideteksi ketika Moms rutin memeriksakan kandungan ke dokter. Untuk mengetes kemungkinan anemia pada janin, Moms harus menjalani tes seperti ultrasonografi prenatal.

Tes itu bisa mendeteksi tanda-tanda gagal jantung pada janin atau ada tidaknya aliran darah yang tidak biasa dalam pembuluh darah.

5 dari 5 halaman

Penanganan Anemia pada Janin

Penanganan ibu hamil yang memiliki janin dengan kondisi anemia bisa berbeda antara satu dan lainnya. Beberapa ibu hamil mungkin hanya perlu ditangani menggunakan amniosentesis atau dalam beberapa kasus memeriksa darah mama menggunakan teknologi DNA bebas sel. Jika kondisi anemia pada janin dinilai cukup parah, maka janin mama mungkin memerlukan transfusi darah.

Itu tadi informasi tentang anemia pada janin dalam kandungan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar