Bukan karena Rusak, Ini Penyebab Testpack Gagal Mendeteksi Kehamilan

Reporter : Mila
Rabu, 31 Agustus 2022 10:57
Bukan karena Rusak, Ini Penyebab Testpack Gagal Mendeteksi Kehamilan
Kok bisa sih?

Sebagian besar orang tahu, salah satu penyebab testpack gagal mendeteksi kehamilan adalah karena alatnya yang rusak. Padahal, ada banyak penyebab testpack gagal mendeteksi kehamilan.

Biasanya Moms akan melakukan dua kali percobaan ketika menggunakan testpack. Hal ini penting untuk dilakukan untuk memastikan keakuratan dari hasil testpack tersebut. Kalau sudah dua kali percobaan dan hasilnya positif, maka Moms segera periksakan ke dokter.

Meski banyak digunakan orang, tetap saja testpack kerap kali gagal mendeteksi kehamilan. Ini penyebabnya melansir Mom Junction:

1 dari 3 halaman

Melakukan Test Terlalu Dini

Jumlah hCG meningkat seiring dengan perkembangan kehamilan dan mungkin memerlukan beberapa waktu untuk mencapai tingkat yang dapat dideteksi oleh tes. hCG adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan Moms.

Jadi, testpack mungkin gagal mendeteksi kadar hormon yang rendah kalau diuji terlalu dini dan menunjukkan hasil negatif. Moms bisa melakukan tes kembali setelah seminggu.

2 dari 3 halaman

Sampel Encer

Penyebab testpack gagal mendeteksi kehamilan lainnya adalah karena sampelnya (urine) encer. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan urine di pagi hari, Moms.

Karena, urine pertama di pagi hari biasanya memiliki konsentrasi hCG yang tinggi. Usahakan untuk minum banyak air sebelum tes. 

Beri Komentar